• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Apa Itu Kerja Part Time? Ini Penjelasan dan Contoh Pekerjaannya!

03 May 2024

Share

Apa Itu Kerja Part Time? Ini Penjelasan dan Contoh Pekerjaannya!

Jenis pekerjaan memang banyak ditemukan, salah satunya adalah part time. Lalu, apa itu part time? Simak penjelasan dan tipe pekerjaannya!


Dalam dunia kerja, ada banyak tipe pekerja yang sering ditemui di perusahaan atau di jenis tempat kerja lainnya. Tipe pekerja yang sering kita ketahui adalah pegawai tetap dan pegawai kontrak.

Tetapi selain itu, juga ada yang namanya pekerja paruh waktu atau biasa dikenal dengan part time. Biasanya tipe pekerja ini dilakoni untuk mendapatkan uang tambahan dan sebagian tidak diharuskan pergi ke kantor setiap hari dari pagi sampai sore seperti pegawai tetap pada umumnya.

Lalu, apa tepatnya yang dimaksud dengan kerja part time dan tipe pekerjaannya? Untuk lebih lengkapnya, yuk cari tahu apa itu part time berikut ini!

Baca Juga: Contoh Surat Perjanjian Kerjasama dalam Berbagai Bidang

Apa Itu Kerja Part Time?

Apa Itu Kerja Part Time

Sumber: Pixabay

Kerja part time adalah salah satu jenis pekerjaan yang memiliki waktu kerja fleksibel atau setengah dari jam kerja normal.

Misal, apabila pekerja full time akan menghabiskan waktu sekitar 40 jam per minggu atau 8 jam per hari di kantor. Maka, pekerja part time biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 3-5 jam.

Pekerja part time umumnya bersifat sementara dan tidak memiliki kontrak kerja seperti karyawan tetap maupun karyawan kontrak di kantor.

Kamu juga bisa membuat kesepakatan secara langsung dengan orang yang memberikan pekerjaan tersebut, seperti terkait upah yang akan dibayarkan dan fasilitas-fasilitas yang mungkin akan didapat.

Terkait perhitungan gaji, biasanya gaji pekerja part time dihitung harian atau gaji per hari dan diakumulasi berdasarkan jumlah hari pegawai tersebut bekerja.

Baca Juga: Contoh Surat Keterangan Kerja dari Perusahaan

Tipe-Tipe Pekerjaan Part Time 

Tipe-Tipe Pekerjaan Part Time

Sumber: Pexels

Setelah mengetahui apa itu kerja part time, selanjutnya kamu bisa mengetahui tipe atau jenis pekerjaan part time yang tersedia. Umumnya, hampir semua jenis pekerjaan memiliki jalur part time yang bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan. Berikut beberapa tipe pekerjaan part time yang bisa kamu dapatkan, diantaranya:

1. Content Writer 

Masih ada sebagian orang yang memandang remeh jenis pekerjaan satu ini. Padahal melalui pekerjaan ini kamu bisa mendapatkan penghasilan yang cukup.

Content writer bisa menjadi salah satu tipe pekerjaan yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan uang tambahan. Apalagi, saat ini sudah banyak situs atau website yang mau membayar hasil tulisanmu seperti UC News, Babe, dan lain-lainnya.

Fee yang didapatkan juga sangat lumayan, lho. Terlebih jika namamu sudah cukup terkenal, per artikelnya bisa dihargai hingga jutaan. Menarik bukan?

2. Graphic Designer

Graphic Designer merupakan tipe kerja part time di rumah yang lumayan banyak menjadi incaran para pengusaha dan perusahaan besar. Cocok sekali bagi kamu yang memiliki minat berkecimpung di industri kreatif.

Kamu bisa memulainya dengan memajang karya-karya terbaik kamu di akun sosial media seperti Instagram. Jika karyamu bagus dan menarik, dijamin pasti banyak yang akan menggunakan jasa desain kamu.

Baca Juga: Apa Itu KIP Kuliah? Ini Syarat dan Cara Pendaftarannya!

3. Barista

Sejak beberapa tahun belakangan ini bisnis kopi-kopian sedang banyak diminati oleh banyak orang, terutama para kalangan anak muda.

Nah, nggak cuma bisnis kopinya aja yang lagi ramai, tapi pekerjaan sebagai barista di kedai kopi juga sering menjadi pilihan kaum anak muda untuk mencari uang tambahan.

Terutama para mahasiswa yang sedang merantau dan berniat mencari tambahan uang jajan. Jika kamu tertarik, cobalah melamar di sebuah kafe atau kedai kopi sebagai karyawan part time.

4. Tutor atau Guru Les

Nah, tipe pekerjaan part time satu ini biasanya banyak diambil oleh mahasiswa. Di beberapa kampus juga ada yang menyediakan layanan tutor bagi junior yang masih di semester awal.

Jika kamu tertarik dan cukup menguasai materi-materi perkuliahan atau sekolah, bisa mencoba pekerjaan satu ini. Pilih jadwal kerja part time sabtu minggu atau di sela-sela waktu kosong dari jadwal rutin harian kamu.

5. Penerjemah 

Menguasai banyak bahasa asing terbilang cukup menguntungkan saat ini. Tidak hanya akan memudahkan kamu untuk berinteraksi dengan turis, ternyata juga bisa membawamu untuk meraih pendapatan lebih.

Kamu bisa memanfaatkan kemampuan berbahasa kamu dengan menjadi penerjemah. Misal, ada materi kuliah bahasa inggris yang sulit dimengerti, kamu bisa memanfaatkan ini dan menawarkan jasa kamu kepada teman-teman.

Baca Juga: Apa Itu Freelance? Beda dengan Part Time, Ini Contoh Pekerjaannya!

Keuntungan Kerja Part Time

Keuntungan Kerja Part Time

Sumber: Pixabay

Selanjutnya, kamu juga perlu tahu apa saja sih keuntungan yang didapat dari kerja part time? Ini dia beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan, yaitu:

1. Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Keuntungan pertama yang akan kamu dapatkan dari kerja part time adalah tentu saja penghasilan tambahan.

Bayaran atau upah yang kamu terima diberikan setelah pekerjaan selesai atau dibayarkan bulanan dengan nominal yang sesuai dengan pekerjaan yang telah kamu kerjakan selama ini.

2. Belajar Hal Baru

Kerja part time juga akan memberi kamu kesempatan untuk mempelajari hal baru dalam beberapa hal. Misal, kamu bekerja di bidang yang kamu ketahui, namun setelah beberapa kali mencoba akhirnya kamu bisa mengerjakannya dengan baik.

Dengan mengambil tipe pekerjaan yang beraneka ragam dan mau terus belajar, maka kamu akan menjadi orang yang serba bisa dalam berbagai bidang.

3. Melatih Skill Sebelum Terjun Kerja Full Time

Menjadi pekerja part time sering dijadikan sebagai wadah untuk melatih keahlian yang dimiliki sebelum terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya atau kerja full time.

Sebab, untuk saat ini memiliki IPK tinggi tanpa pengalaman dan keahlian, tidak akan menjamin kamu untuk bisa mendapatkan pekerjaan dengan cepat. Maka, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk melatih kemampuan yang dimiliki.

4. Belajar Mengatur Waktu

Tidak semua orang memiliki time management yang baik. Namun, dengan kerja part time tanpa sadar akan membuat kamu lebih bisa menghargai waktu.

Kamu akan semakin mudah mengatur waktu dan membuang kemalasan, hingga hari-hari kamu menjadi lebih produktif. Karena rasa malas hanya akan membuat kamu lupa waktu tanpa menghasilkan apapun.

5. Relasi Semakin Luas 

Meski hanya kerja part time, kamu juga bisa memperluas jaringan atau kenal secara profesional dengan orang-orang hebat di bidangnya.

Semakin baik hasil pekerjaanmu, maka akan semakin banyak pula klien yang akan percaya kepada kamu. Dari sinilah relasi kamu akan semakin bertambah dan luas.

Baca Juga: Apa Itu Tenaga Kerja Outsourcing? Simak Penjelasannya!

Dengan penjelasan mengenai apa itu part time dan apa saja tipe pekerjaannya hingga keuntungannya, diharapkan kamu sudah bisa memahami dengan betul arti dari kerja part time.

Terlepas dari keuntungannya yang menggiurkan, jenis pekerjaan ini juga tentu memiliki beberapa kekurangan. Namun, kekurangan ini tetap tidak dapat menutupi keuntungan yang diberikan.

Yuk, mulai hilangkan rasa malas dan bangun produktivitas dengan memulai kerja part time di rumah!

Penulis: Cindy Krisania J.H

Share

Qonita ChairunnisaQonita Chairunnisa

Related Articles

Apa Itu Kerja Part Time? Ini Penjelasan dan Contoh Pekerjaannya!
Kerja
Apa Itu Kerja Part Time? Ini Penjelasan dan Contoh Pekerjaannya!
© 2009-2024, PT Tokopedia