• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Mengenal Reksa Dana Syariah Beserta Tipsnya

Share

Mengenal Reksa Dana Syariah Beserta Tipsnya

Apa Itu Reksa Dana Syariah – Reksa dana adalah salah satu wadah dan pola pengelolaan dana atau modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di Pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksa dana. Pada umumnya, dana yang dihimpun dari reksa dana akan diinvestasikan lagi oleh Manajer Investasi ke dalam portfolio investasi yang bermacam-macam. Karena hal tersebut, banyak orang khususnya umat Muslim yang merasa ragu ingin ber investasi reksa dana karena mereka takut dengan keuntungan yang didapatkannya halal atau tidak. Untuk mengatasi masalah tersebut, muncul lah reksa dana syariah yaitu produk reksa dana yang kebijakan investasinya ditempatkan pada instrumen pasar uang syariah atau efek syariah berpendapatan tetap yang jatuh temponya tidak lebih dari 1 tahun. Lantas, apa saja keuntungannya dibanding dengan reksa dana saham dan bagaimana untuk memulainya? Yuk, mengenal reksa dana syariah beserta tipsnya!

Mengenal Reksa Dana Syariah Beserta Tipsnya

Apa yang menjadikan reksa dana syariah halal?

Pada investasi reksa dana syariah pasar uang, biasanya sebagian besar uangnya akan ditempatkan di produk perbankan seperti deposito syariah atau sertifikat BI. Sedangkan, sisanya ditempatkan pada sukuk di bawah satu tahun. Jadi returnnya akan lebih tinggi dari tabungan bank. Sedangkan, untuk reksa dana syariah pendapatan tetap, sebagian besar investasi (minimal 80 persen) ditempatkan pada efek syariah berpendapatan tetap terutama sukuk. Sedangkan sisanya diinvestasikan di instrumen pasar uang syariah seperti deposito. Reksa dana syariah juga dikelola seusai dengan prinsip syariah. Dalam reksa dana syariah juga terdapat mekanisme pembersihan harta non-halal seperti riba.

Baca juga: Yuk, Kenali Jenis-Jenis Zakat Bagi Umat Muslim!

Keuntungan reksa dana syariah

Keuntungan reksa dana syariah dibanding dengan reksa dana saham adalah pada reksa dana syariah, memberikan imbal hasil yang lebih stabil dibandingkan dengan reksa dana saham. Karena itu, risiko reksa dana syariah akan lebih kecil dibandingkan dengan reksa dana saham. Hal ini sangat cocok untuk pemula untuk latihan masuk ke dunia pasar modal supaya tidak kaget dengan fluktuasi nilai investasi.

Tips sebelum memulai investasi reksa dana syariah

Sebelum memulai investasi reksa dana syariah, kamu harus terlebih dahulu menetapkan alasan untuk berinvestasi karena alasan itulah yang akan menjadi motivasi kamu untuk konsisten dalam investasi. Lalu carilah manajer investasi yang terpercaya seperti Tokopedia. Sekarang Tokopedia sudah bisa menerima investasi reksa dana loh. Dengan bermodalkan 10 ribu rupiah, kamu sudah bisa investasi reksa dana.

Baca juga: Apa itu Sistem Keuangan Syariah dan Bagaimana Pengelolaannya?

Sekarang kamu tentunya sudah mengenal reksa dana syariah beserta tipsnya. Yuk, mulai investasi! #MulaiAjaDulu

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

8 Cara Menghasilkan Uang dari Telegram, Mudah dan Terbukti Cuan!
Keuangan
8 Cara Menghasilkan Uang dari Telegram, Mudah dan Terbukti Cuan!
© 2009-2024, PT Tokopedia