• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Teknik Lash Lift untuk Bulu Mata: Pengertian, Prosedur & Efek Samping

Share

Teknik Lash Lift untuk Bulu Mata: Pengertian, Prosedur & Efek Samping

Punya masalah bulu mata yang tak lentik? Atasi dengan Lash Lift! Sebelumnya, yuk simak pengertian, prosedur, dan penjelasan tentang Lash Lift berikut!


Lash Lift – Tren untuk memaksimalkan penampilan memang kini banyak bentuknya. Mulai dari eyelash extensions, threading alis, hingga lash lift. Seperti halnya eyelash extensions, teknik lash lift pada bulu mata juga merupakan proses atau cara melentikkan bulu mata alami yang kini jadi pilihan para wanita.

Perbedaannya, untuk eyelash extensions melentikkan bulu mata dengan bulu mata palsu. Sedangkan untuk lash lift, teknik melentikkan bulu mata dengan bulu mata asli. Namun, pada metode lash lift bagi kamu yang sensitif bisa menimbulkan beberapa efek, seperti mata kering, kemerahan, dan juga ruam.

Untuk itu, ada baiknya kamu konsultasikan dahulu kepada ahlinya apakah teknik lash lift tepat untukmu. Kenali dahulu jenis kulitmu terutama di area mata, apakah cocok dengan berbagai prosedurnya atau tidak. Hal ini dilakukan agar menghindarkanmu dari efek yang berlebihan.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut dan sebagai bahan pertimbanganmu, simak terlebih dahulu bagaimana prosedur proses pengerjaan lash lift ini!

BACA JUGA: Apa Itu Eyelash Extensions? Simak Pengertian, Tipe & Fakta Menarik!

Prosedur Metode Lash Lift Pada Bulu Mata

Mengetahui prosedur sebelum memutuskan untuk memilih teknik lash lift pada bulu mata memang penting untuk disimak. Hal ini dilakukan agar menyesuaikan kenyamanan dan juga bisa jadi bahan pertimbanganmu. Apakah prosedurnya bisa memberikan efek samping berlebihan pada kulit area mata atau tidak. Yuk, simak penjelasannya berikut!

1. Area Bulu Mata dan Mata Dibersihkan

Bersihkan Area Mata
Sumber: Freepik

Sebelum melakukan proses lebih lanjut, area bulu mata biasanya dibersihkan terlebih dahulu. Dibersihkan dari makeup dan debu agar tidak mengganggu proses lash lift. Biasanya, untuk membersihkan mata bisa menggunakan cleanser wajah atau micellar water. Untuk lebih aman, kamu boleh membawa produk cleanser sendiri dari rumah jika dibutuhkan.

2. Pengaplikasian Keratin Pada Bulu Mata

teknik Lash Lift
Sumber: Freepik

Umumnya, teknik lash lift pada bulu mata ini memang cara melentikkan bulu mata dengan bulu mata yang asli, berbeda dengan eyelash extensions. Untuk itu, sebelum memulai proses yang lebih lanjut, bulu mata diberikan keratin terlebih dahulu agar bulu mata lebih bervolume.

3. Teknik Pemisahan Bulu Mata

teknik Lash Lift
Sumber: Freepik

Setelah bulu mata bersih dan bervolume, lanjut ke teknik pemisahan bulu mata. Di proses ini, dilakukan pemisahan antara bulu mata bagian bawah dan bagian atas. Ini dilakukan agar pada saat proses pelentikan, helaian bulu mata tidak menyatu atau menempel.

4. Penempelan Lapisan Silikon

teknik Lash Lift
Sumber: Freepik

Setelah itu, bulu mata ditempelkan lapisan silikon agar bentuknya tetap lentik dan tidak berubah. Tingkat kelentikan bulu mata juga bisa diatur sesuai keinginan dan kenyamanan. Lapisan silikon ini juga ditempelkan agar bulu mata bisa membentuk dengan sempurna.

5. Dioleskan Eye-safe Perming Solution

teknik Lash Lift
Sumber: Freepik

Pada lotion yang digunakan ini terdiri dari beberapa bahan, seperti thioglycolic acid dan emacol. Kedua kandungan pada lotion tersebut dapat membuat bulu mata lebih mudah beradaptasi dengan bentuk yang baru dan sesuai dengan ekspektasi. Proses ini berlangsung selama 6 sampai 12 menit, tergantung pada tipe bulu matamu.

Terakhir, bulu mata akan dioleskan dengan minyak dan setting solution. Kedua bahan tersebut terdiri dari lidah buaya, glycerin dan minyak grapeseed yang dapat melembabkan bulu mata. Proses ini sebenarnya sama dengan pengaplikasian conditioner pada rambut saat sedang keramas.

BACA JUGA: 5 Brand Beauty Blender Terpopuler dan Cara Mencucinya!


Setelah mengetahui prosese pengaplikasian metode lash lift, kamu pasti juga ingin ketahui hal-hal penting apa saja yang perlu diperhatikan. Mulai bagaimana cara perawatannya, berapa lama lash lift ini bertahan, dan informasi lainnya.

Untuk itu, yuk simak penjelasan lengkapnya berikut!

Hal-hal yang Perlu Diketahui Tentang Lash Lift

1. Berapa Lama Lash Lift Bertahan?

Lash Lift
Sumber: Freepik

Pertanyaan ini sering kali bermunculan bagi para wanita yang baru pertama kali ingin mencoba lash lift. Sebenarnya, waktu bertahan lash lift ini bergantung kepada bagaimana kamu melakukan perawatan. Bulu mata perlu dirawat dengan cara memberikan serum bulu mata dan juga melakukan teknik lash lift secara berkala agar lebih tahan lama dan memberikan hasil lebih maksimal.

Dibandingkan dengan eyelash extension, banyak yang beranggapan bahwa perawatan lash lift cenderung lebih mudah dan simple. Cocok untuk kamu yang memiliki aktivitas tinggi dan suka mengucek mata. Jika melakukan perawatan secara rutin dan tepat, teknik lash lift ini bisa bertahan hingga 2 sampai 3 bulan!

2. Apakah Masih Bisa Menggunakan Maskara?

Maskara
Sumber: Unsplash

Untuk hasil yang maksimal, disarankan saat kamu selesai treatment lash lift diusahakan agar bulu mata tidak terkena air dan makeup selama 24 jam. Setelah 24 jam, kamu baru diperbolehkan untuk membasahi bulu mata dan juga menggunakan maskara.

3. Apakah Lash Lift Aman?

Mata merah
Sumber: Freepik

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, lash lift bisa saja memberikan efek samping. Semua bergantung pada jenis kulit dan bulu matamu. Beberapa efek yang bisa ditimbulkan antara lain:

  • Mata Berair
  • Mata Kering
  • Ruam
  • Kulit Kemerahan
  • Peradangan
  • Abrasi Kornea

Masalah atau efek yang terjadi pada mata biasanya terjadi karena ada cairan yang masuk ke mata. Untuk itu, sebelum memutuskan untuk treatment pastikan dahulu tempat kecantikan atau salon yang kamu pilih sudah tersertifikasi. Untuk itu, kamu bisa mencegah berbagai efek samping dengan cara berikut ini:

Terapis lash lift
Sumber: Freepik
  • Pastikan untuk melakukan treatment lash lift dengan terapis yang sudah berpengalaman dan tersertifikasi.
  • Ketahui terlebih dahulu reputasi dari salon kecantikan atau jasa lash lift yang ingin kamu pilih.
  • Pastikan mata bebas dari makeup atau maskara dan juga minyak pembersih.
  • Jika kamu menggunakan lensa kontak, lepaskan terlebih dahulu sebelum melakukan treatment.
  • Infokan kepada terapis jika kamu pernah mengalami gejala atau masalah pada mata, seperti infeksi atau alergi.

Jika semua poin di atas sudah kamu lakukan, kemungkinan besar efek yang diberikan lash lift tidak menimbulkan efek samping berlebihan. Tidak ada salahnya juga kamu menanyakan sebelum melakukan treatment, apakah kamu bisa melakukan skin test atau cek kondisi bulu mata terlebih dahulu.

BACA JUGA: Lebih Atraktif dengan 15 Maskara Terbaik dan Terjangkau


Memiliki penampilan yang menarik dan selalu “on” memang jadi impian para wanita. Namun tetap perlu perhatikan kenyamanan dan keamanan sebelum melakukan treatment ya Toppers!

Sekarang kamu sudah ketahui bagaimana prosedur proses lash lift, apa itu lash lift, berapa lama lash lift bertahan, dan informasi lengkap lainnya. Jadi, apakah kamu siap mencobanya?

serum bulu mata
Tampil lebih ‘badai’ dan memikat dengan serum bulu mata terbaik di sini!
© 2009-2024, PT Tokopedia