Mengenal Apa itu Ngabuburit, Asal-usul dan Sejarahnya

0
2600
ngabuburit

Sebenarnya apa itu ngabuburit? Seperti apa definisi, asal-usul dan mengapa tradisi ini ada hingga kini. Penasaran? Simak jawabannya yuk!


Di setiap negara, bulan Ramadan disambut dengan berbagai aktivitas berdasarkan kebudayaan dan tradisi masing-masing tempat. Di banyak lokasi, tentu ada kebiasaan unik, salah satunya yang menarik pastinya di Indonesia.

Salah satu tradisi dan budaya Ramadan yang ada di Tanah Air adalah ngabuburit. Istilah ini begitu familiar pastinya di telinga kita, dan semua yang menjalankan ibadah puasa pasti tahu aktivitas ini.

Namun, apa sebenarnya ngabuburit itu? Dari mana asal-usul dan sejarah ngabubuirt? Kenapa tradisi ini ada di Indonesia hingga kini?

Yuk, cari tahu lebih dalam mengenai sejarah tradisi ngabuburit!

Baca juga: Film Religi Indonesia Tersukses untuk Ngabuburit Seru

Pengertian Ngabuburit

Permainan Ngabuburit Seru
Sumber Gambar: Pexels

Ngabuburit merupakan kegiatan menunggu waktu berbuka puasa. Istilah ngabuburit lebih familiar untuk anak-anak dan remaja yang memiliki banyak waktu kosong saat menjalankan ibadah Puasa. Waktu kosong inilah yang disebut dengan ngabuburit.

Ngabuburit sendiri kerap diisi dengan berbagai aktivitas. Beberapa daerah bahkan memiliki tradisi ngabuburitnya masing-masing.

Asal-usul Kata Ngabuburit

Kata ngabuburit sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Sunda “burit” yang memiliki arti waktu menjelang sore. Secara keseluruhan ngabuburit merupakan singkatan dari “ngalantung ngadagoan burit” yang berarti bersantai-santai menunggu waktu sore.

Kata ini kemudian menjadi identik dengan Ramadan karena Ibadah Puasa identik dengan menunggu waktu berbuka yaitu pada waktu sore hari.

Ngabuburit dan Ramadan

Meskipun indentik dengan bulan Ramadan, di daerah asal dari kata ngabuburit sendiri kegiatan ngabuburit tak hanya dilakukan di Bulan Ramadan, melainkan sehari-hari kala menungu adzan Maghrib.

Perkembangan Ngabuburit

Pada awalnya, kegiatan ngabuburit selama Bulan Ramadan diisi dengan berbagai kegiatan religius seperti pesantren kilat. Namun, seiring perkembangan zaman, ngabuburit di Indonesia mulai berkembang menjadi berbagai aktivitas yang lebih bervariasi.

Seperti wisata kuliner di pasar kaget alias pasar Ramadan, berbagai aktivitas sosial, hingga sekedar acara kumpul-kumpul sahabat.

Baca juga: Mengintip Tradisi Ngabuburit Unik di Nusantara

Itulah pengertian dari Ngabuburit yang kerap dilupakan. Meskipun berasal dari Sunda, Ngabuburit sangat akrab di kebudayaan Ramadan di Nusantara. Sudah siap menjalankan tradisi ngabuburit di bulan Ramadan kali ini?

Yuk, isi kegiatan ngabuburit bulan Ramadan tahun ini dengan berbagai kegiatan bermanfaat!

tokopedia salam
Temukan semua kebutuhan bagi umat muslim dengan lebih praktis di Tokopedia Salam!