21 Daftar Lengkap Bola Resmi Piala Dunia dari 1930 hingga 2018

1470
Bola Resmi Piala Dunia

Bola Resmi Piala Dunia – Perkembangan Piala Dunia tentu merupakan satu hal menarik yang patut diikuti oleh para penggemar sepak bola. Dalam gelarannya yang setiap empat tahun sekali, Piala Dunia selalu membawa tema baru yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Salah satu perubahan yang dibawa adalah dari bola yang digunakan. Yuk, cari tahu daftar  lengkap bola resmi Piala Dunia sejak pertama kali diselenggarakan pada 1930 hingga kini, Toppers!

Baca Juga: 8 Penyanyi dan Lagu Resmi Piala Dunia Terpopuler Sepanjang Masa

Bola Resmi Piala Dunia dari Masa ke Masa


1. Bola Piala Dunia 1930 – Tiento & T-Model


Bola Resmi Piala Dunia - 1930 Tiento & T-Model
Sumber Gambar: Yahoo Sport UK

Piala Dunia 1930 yang diselenggarakan di Uruguay adalah yang pertama kali diselenggarakan. Ajang ini tidak memiliki bola resmi yang digunakan. Akan tetapi, tepat sebelum laga final antara Argentina dan Uruguay, kedua negara ini sempat berdebat untuk menentukan negara penyuplai bola.

Kesepakatan akhir yang dibuat adalah untuk mengganti bola pada istirahat tiap babak, di mana bola Argentina, Tiento, digunakan pada babak pertama sebelum selanjutnya menggunakan T-Model milik Uruguay.


2. Bola Piala Dunia 1934 – Federdale 102


Bola Resmi Piala Dunia - 1934 Federdale 102
Sumber Gambar: Goal

Piala Dunia 1934 membawa inovasi yang signifikan dalam penggunaan bahan yang lebih sederhana dari Piala Dunia sebelumnya. Federdale 102 menerapkan penggantian jahitan dari bahan kulit dengan kapas menghasilkan bola yang lebih ringan ketika digunakan oleh pemain.

Walaupun begitu, kualitas bola ini ternyata masih jauh dari yang diharapkan, karena bola lain yang diimpor dari Inggris masih digunakan karena lebih disukai oleh para pemain.


3. Bola Piala Dunia 1938 – Allen


Bola Resmi Piala Dunia - 1938 Allen
Sumber Gambar: John Woodbridge

Allen menjadi bola Piala Dunia pertama yang memiliki cap merek perusahaan yang memproduksinya. Tampilan dan cara pembuatan bola ini menyerupai Federali 102 dari Italia sebelumnya, dengan tambahan panel ke-13.

Perbedaan yang paling terlihat dari bola resmi Piala Dunia 1938 di Perancis ini adalah bentuknya yang lebih bulat daripada bola Federale. Akan tetapi, bola Allen ini juga masih belum digunakan sepenuhnya karena kurang dapat diandalkan.


4. Bola Piala Dunia 1950 – Duplo T


Bola Resmi Piala Dunia - 1950 Duplo T
Sumber Gambar: Kaufmann Mercantile

Piala Dunia 1950 Brazil menjadi permulaan kembali Piala Dunia setelah 12 tahun sempat dihentikan sementara, karena terjadinya Perang Dunia II. Namun, penghentian ini tampaknya memberikan pengaruh yang cukup besar di bagian produksi bola dengan inovasi pemilihan bahan yang lebih sederhana.

Bola Piala Dunia 1950 yang bernama Duplo T mengawali penggunaan model bola yang sama dalam seluruh pertandingan untuk satu periode turnamen Piala Dunia.


5. Bola Piala Dunia 1954 – Swiss World Champion


Bola Resmi Piala Dunia - 1954 Swiss World Champion
Sumber Gambar: Soccer Balls Collection

Untuk Piala Dunia yang diadakan di Swiss pada tahun 1954, sebuah perusahaan bernama Kost Sport melakukan inovasi. Mereka menggunakan struktur 18 panel yang saling terkait dalam bentuk zig-zag pada tubuh bola.

Pola tersebut merupakan pola dasar yang nantinya akan digunakan oleh bola-bola resmi Piala Dunia untuk gelaran pada tahun-tahun selanjutnya. Sekilas, bola ini terlihat seperti bola olahraga voli. Bahkan, warnanya pun kuning, hampir serupa.


6. Bola Piala Dunia 1958 – Top Star


Bola Resmi Piala Dunia - 1958 Top Star
Sumber Gambar: Soccer Balls Collection

Top Star merupakan langkah awal dari Federation Internationale de Football Association (FIFA) untuk menggunakan pemasok bola dalam pembukaan turnamen. Dari total 102 daftar bola tanpa merek yang dikirimkan sejumlah produsen, dipilih bola nomor 55 sebagai bola resmi Piala Dunia 1958.

Bola ini dibuat oleh perusahaan yang berasal dari Angelholm dan merupakan perusahaan yang memelopori penggunaan 24 panel. Dalam perkembangannya, Top Star menjadi bola pertama yang digunakan untuk lebih dari satu periode Piala Dunia.


7. Bola Piala Dunia 1962 – Crack


Bola Resmi Piala Dunia - 1962 Crack
Sumber Gambar: Soccer Balls Collection

Crack merupakan bola resmi yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Cile Custodio Zamora dengan 18 panel dan tampilan yang cenderung tidak teratur. Hal ini dikarenakan proses penjahitan bola yang dilakukan secara manual.

Kehadiran bola ini sempat mengundang kontroversi, karena banyak tim yang tidak menyukainya. Akhirnya diputuskan bahwa Top Star juga akan digunakan untuk Piala Dunia 1962, karena Crack tidak memenuhi syarat.

Baca Juga: Intip Megahnya 12 Stadion Piala Dunia 2018 di Rusia


8. Bola Piala Dunia 1966 – Challenge 4-Star


Sumber Gambar: World Cup Balls

FIFA melakukan pengujian tertutup untuk produksi bola yang digunakan pada Piala Dunia tahun 1966 di Inggris. Setelah melakukan pengujian ketat terhadap 111 bola dari pemasok dan menyeleksinya, diputuskan bahwa Challenge 4-Star dari perusahaan Slazenger layak dan memenuhi standar.

Jika dilihat secara tampilannya, Challenge 4-Star cukup mirip dengan Top Star, akan tetapi dengan satu panel tambahan.


9. Bola Piala Dunia 1970 – Telstar


Sumber Gambar: SoccerBible

Tahun 1970 merupakan perubahan yang cukup dramatis dalam perkembangan sejarah bola Piala Dunia. Tahun ini merupakan tahun pertama Adidas yang diberikan secara langsung oleh FIFA untuk mendesain dan memproduksi bola piala dunia, yang nantinya juga akan dilakukan pada tahun-tahun selanjutnya.

Adidas memperkenalkan Telstar, yang walaupun tidak memiliki desain original, tetap menjadi bola yang sangat ikonik dengan pola hitam-putihnya.


10. Bola Piala Dunia 1974 – Telstar Durlast


Sumber Gambar: Soccer Ball World

Untuk Piala Dunia 1974 di Jerman, Adidas mengembangkan Telstar Durlast, yang merupakan versi lebih baru dari Telstar dengan beberapa penambahan kecil pada bagian Durlast.

Bagian Durlast ini merujuk pada bagian pelapis bola yang dikembangkan untuk melindungi permukaan kulit dan memastikan ketahanannya dalam cuaca basah. Telstar Durlast sangat laris di pasaran dan cukup populer.


11. Bola Piala Dunia 1978 – Tango


Sumber Gambar: Soccer Ball World

Tango merupakan bola resmi Piala Dunia hasil produksi Adidas yang paling terkenal dalam sejarah sepak bola dunia. Bola resmi Piala Dunia 1978 ini sangat populer dan terjual dalam jumlah besar di seluruh dunia.

Tampilan baru Tango yang menghilangkan panel Telstar hitam dan menyesuaikannya dengan panel berwarna putih yang diatur secara melingkar, sehingga menghasilkan kemudahan saat bola digunakan di atas rumput. Tango mengakhiri popularitas bola kulit yang sempat populer pada tahun-tahun sebelumnya.


12. Bola Piala Dunia 1982 – Tango Espana


Sumber Gambar: Soccer Ball World

Setelah pada Piala Dunia sebelumnya Adidas memproduksi bola resmi yang cukup menuai sukses, Tango Espana diperkenalkan pada 1982 dengan beberapa peningkatan yang tidak terlalu berlebihan. Salah satu yang paling terlihat adalah durabilitas bola terhadap air, yang dihasilkan dari kombinasi cara pembuatan las dan jahit secara bersamaan.


13. Bola Piala Dunia 1986 – Azteca


Sumber Gambar: Soccer Ball World

Azteca merupakan bola yang cukup penting dalam sejarah perkembangan bola Piala Dunia. Adidas yang sekali lagi menjadi partner resmi Piala Dunia untuk memproduksi bola, menciptakan Azteca yang menandai awal digunakannya bola berbahan sintetis.

Secara garis besar, kelebihan bahan sintetis memang sudah cukup terbukti dibandingkan bola kulit karena selain ketahanannya yang lebih baik ketika ditendang, bola berbahan sintetis juga anti air.


14. Bola Piala Dunia 1990 – Etrusco Unico


Sumber Gambar: Soccer Ball World

Etrusco Unico mengambil tema pada Etruscans yang merupakan sebuah peradaban kuno Italia, yang mana menjadi negara tuan rumah pada Piala Dunia 1990. Pada gelaran pesta sepak bola paling bergengsi sedunia ini, lagi-lagi Adidas menjadi partner resmi yang memproduksi bola Piala Dunia.

Bola ini memiliki panel yang serupa pendahulunya, Azteca, namun diberi hiasan pola atau corak yang cukup berbeda.

Baca Juga: Jadwal Lengkap dan Update Terbaru Hasil Pertandingan Piala Dunia 2018


15. Bola Piala Dunia 1994 – Questra


Sumber Gambar: Soccer Ball World

Adidas memberikan inovasi untuk bola resmi Piala Dunia 1994. Pada tahun ini, adalah pertama kalinya Piala Dunia diselenggarakan di Amerika Serikat.

Dengan tambahan lapisan busa pada bagian luar bola, membuatnya lebih lembut dan lebih mudah dikendalikan di lapangan, sehingga kecepatan bola juga dapat ditingkatkan dengan lebih stabil.


16. Bola Piala Dunia 1998 – Tricolore


Sumber Gambar: Pinterest

Tricolore merupakan bola Piala Dunia pertama yang memiliki desain multiwarna. Masih tetap dengan gaya ala Tango, ditambah penggunaan lapisan busa yang telah diperkenalkan pada tahun 1994, Tricolore merupakan bola yang gesit dan lembut daripada bola pada tahun-tahun sebelumnya.

Pada perkembangannya, pengenalan warna ini yang lebih beragam ini telah membawa angin baru untuk produksi dan desain bola Piala Dunia pada masa ke depannya.


17. Bola Piala Dunia 2002 – Fevernova


Sumber Gambar: Playbuzz

Fevernova yang diciptakan untuk Piala Dunia tahun 2002 di Korea Selatan dan Jepang merupakan salah satu inovasi Adidas dalam produksi bola Piala Dunia. Selain desain yang lebih modern dari tampilan Tango pada tahun sebelumnya, Adidas juga melakukan perubahan pada beban bola dan menjadikannya jauh lebih berat.


18. Bola Piala Dunia 2006 – Teamgeist


Sumber Gambar: WorthPoint

Teamgeist diartikan sebagai spirit dalam tim, seolah ingin menampilkan tradisi permainan negara tuan rumah, Jerman yang cenderung kolektif. Salah satu kemajuan yang dibawa oleh Teamgeist adalah penggunaan desain 14 panel dengan jahitan yang disederhanakan, sehingga bola dapat menjadi lebih bulat dan konsisten.


19. Bola Piala Dunia 2010 – Jabulani


Sumber Gambar: Hypebeast

Bisa dibilang, Piala Dunia 2010 merupakan salah satu Piala Dunia yang paling megah. Adidas menciptakan Jabulani dan melakukan perubahan pada struktur bola yang lebih bulat dan permukaan yang lebih halus dari sebelumnya.

Hal ini dilakukan dengan perubahan jumlah panel, dari sebelumnya 14 menjadi hanya 8 saja. Namun, pengurangan ini nyatanya malah membuat bola jadi lebih mudah untuk bergerak dan lebih sulit untuk diprediksi.


20. Bola Piala Dunia 2014 – Brazuca


Sumber Gambar: GoalNation

Brazuca merupakan kata slang dari “Brazilian”, di mana bola ini diklaim FIFA telah menggunakan inovasi yang lebih baik daripada bola di tahun sebelumnya. Brazuca merupakan hasil kerja keras Adidas yang dalam penggunaannya menimbulkan lebih sedikit kontroversi daripada bola di tahun sebelumnya. Brazuca juga hanya memiliki enam panel, lebih sedikit daripada bola sebelumnya.


21. Bola Piala Dunia 2018 – Telstar 18


Sumber Gambar: Goal

Tahun ini, Adidas menjadi perusahaan yang memproduksi bola resmi untuk Piala Dunia 2018 di Rusia. Bola ini merupakan ‘penghormatan’ untuk bola pertama dari Adidas yang digunakan untuk Piala Dunia pada tahun 1970, Telstar 1970.

Dihadirkan dengan desain yang hampir sama seperti Brazuca, Telstar 18 memiliki enam panel yang disusun sedemikian rupa, hingga memberikan efek bola dengan 32 panel.

Baca Juga: Update Terbaru Top Skor dan Assist Piala Dunia 2018 di Rusia

Itulah daftar lengkap bola resmi Piala Dunia dari masa ke masa Toppers, menarik sekali bukan perkembangannya? Sebagai penggemar sepak bola, daftar tersebut mungkin akan membangkitkan semangat kamu untuk mengoleksi atribut sepak bola dari klub favorit kamu di Piala Dunia tahun ini.

Daripada bingung mencari atribut sepak bola ke berbagai tempat, kamu bisa langsung mengecek variasi pilihan atribut dan peralatan sepak bola dan futsal yang lengkap dan termurah tentunya hanya di Tokopedia!

Bagikan Artikel