• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Buah Terbaik yang Ampuh Meredakan Asam Lambung

Share

10 Buah Terbaik yang Ampuh Meredakan Asam Lambung

Rekomendasi buah terbaik yang ampuh untuk meredakan asam lambung. Aman dikonsumsi dan menyehatkan. Simak selengkapnya.


Buah dikenal sebagai makanan menyehatkan yang kaya akan nutrisi. Kandungan serat, vitamin, dan mineral, tentunya baik untuk tubuh. Buah-buahan bahkan dapat meredakan penyakit tertentu, seperti asam lambung, Toppers.

Penyakit asam lambung terjadi ketika asam lambung atau empedu mengalir ke saluran makanan dan mengiritasi dinding dalamnya. Penyakit ini menuntut penderitanya untuk teliti dalam memilih makanan dan buah-buahan, Toppers.

Para penderita asam lambung harus menghindari buah-buahan yang bersifat asam karena dapat membuat asam lambung menjadi naik. Berikut ini rekomendasi buah terbaik yang ampuh meredakan asam lambung.

Baca Juga: 10 Sabun Antiseptik Terbaik, Ampuh Bunuh Kuman di Tubuh

Buah Terbaik untuk Meredakan Asam Lambung

Tak semua buah-buahan dapat dikonsumsi untuk para penderita asam lambung. Berikut ini jenis buah-buahan terbaik yang dapat meredakan asam lambung.

1. Pepaya

Buah untuk Asam Lambung

Sumber Gambar: Pexels

Asam lambung dapat membuat lapisan usus, lambung, dan kerongkongan menjadi rusak, Toppers. Kondisi ini tentunya tidak bisa dibiarkan. Untuk kamu yang memiliki asam lambung cukup tinggi, kamu bisa mengonsumsi buah pepaya.

Buah ini memiliki kandungan enzim papain yang berfungsi untuk melancarkan proses pencernaan dan mempermudah penguraian protein. Enzim ini dapat membuat protein akan jauh lebih mudah dipecah menjadi asam amino.

2. Pisang

Buah untuk Asam Lambung

Sumber Gambar: Pexels

Buah pisang baik untuk meredakan asam lambung, Toppers. Buah ini memiliki keasaman atau pH yang cukup rendah, sekitar 4.5 - 5.2. Buah pisang dapat meredakan gejala maag sekaligus menetralisir asam lambung, Toppers.

Buah pisang kaya akan kandungan kalium, serat, vitamin C, antioksidan, dan fitonutrien yang dapat melawan asam di dalam tubuh. Buah berwarna kuning ini memiliki serat yang cukup tinggi, sehingga dapat mencegah terjadinya asam lambung.

3. Apel

Buah untuk Asam Lambung

Sumber Gambar: Pexels

Buah apel juga baik dikonsumsi saat asam lambung sedang tinggi, Toppers. Buah ini kaya akan kandungan serat, kalsium, magnesium, dan kalium yang baik untuk tubuh.

Tak semua apel dapat dikonsumsi untuk penderita asam lambung. Kamu bisa memilih apel berwarna merah dengan kondisi matang agar aman untuk kesehatan lambung. Hindari untuk membeli apel berwarna hijau karena rasanya cukup asam.

4. Pir

Buah untuk Asam Lambung

Sumber Gambar: Pexels

Selain apel, pir juga dapat meredakan asam lambung, Toppers. Buah ini memiliki rasa yang manis dan lezat. Pir sangat baik dikonsumsi untuk penderita asam lambung karena mengandung pektin dan serat yang bisa mencegah naiknya asam lambung.

5. Melon

Buah untuk Asam Lambung

Sumber Gambar: Pexels

Buah melon merupakan buah yang memiliki sifat basa cukup tinggi berkat mineral magnesium yang terkandung di dalam buah ini. Kandungan magnesium dipercaya mampu untuk meredakan gejala maag, Toppers.

Sebagai buah yang menyehatkan, melon juga dapat memenuhi gizi di dalam tubuh karena kaya akan nutrisi, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh.

6. Kelapa

Buah untuk Asam Lambung

Sumber Gambar: Pexels

Meminum air kelapa secara rutin ternyata baik untuk kesehatan, Toppers. Air kelapa memiliki kandungan mineral kalium dan berbagai senyawa yang baik untuk pencernaan. Berbagai kandungan ini tentunya sangat baik untuk meredakan asam lambung, Toppers.

Air kelapa dapat membantu suhu tubuh tetap normal dan mengatasi peradangan pada lambung. Konsumsi air kelapa secara rutin selama dua minggu untuk meredakan asam lambung secara efektif.

7. Semangka

Buah untuk Asam Lambung

Sumber Gambar: Pexels

Siapa yang tak mengenal semangka. Buah berwarna merah yang mengandung banyak air ini seringkali menjadi favorit. Buah semangka aman dikonsumsi untuk penderita asam lambung, lho.

Buah ini memiliki kandungan antioksidan, vitamin C, vitamin A, dan asam amino yang dapat membantu tubuh tetap terhidrasi sekaligus membantu menetralkan asam lambung sehingga mengurangi refluks.

8. Persik

Buah untuk Asam Lambung

Sumber Gambar: Pexels

Apakah kamu menyukai buah persik, Toppers? Buah berwarna oranye ini ternyata memiliki kandungan asam yang rendah, sehingga aman dikonsumsi untuk meredakan asam lambung, Toppers.

Buah ini memiliki kandungan kalsium, zat besi, magnesium, vitamin A, B6, B12, dan C yang baik untuk tubuh.

9. Buah Naga

Buah untuk Asam Lambung

Sumber Gambar: Pexels

Buah naga juga aman dikonsumsi untuk kamu yang menderita asam lambung, Toppers. Kamu bisa mengonsumsi buah naga maksimal satu butir dalam sehari. Konsumsi buah ini ketika perut sudah terisi makanan ya, Toppers. Hindari untuk mengombinasikan buah naga dengan buah-buahan lainnya yang memiliki rasa asam.

10. Alpukat

Buah untuk Asam Lambung

Sumber Gambar: Pexels

Buah alpukat ternyata dapat menenangkan usus dan mencegah peradangan karena gejala asam lambung, Toppers. Kandungan yang ada di buah ini dapat membantu sistem pencernaan dengan membuang cairan empedu lambung.

Dengan terjaganya keasaman lambung, makanan dapat dicerna lebih efektif dan kamu terhidar dari asam lambung.

Baca Juga: 10 Buah untuk Tipes, Baik Dikonsumsi untuk Penyembuhan

Itu dia Toppers, beberapa rekomendasi buah terbaik yang ampuh meredakan asam lambung dan aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung. Sebelum mengonsumsi, pastikan cuci bersih dan kupas kulit buah ya, Toppers.

Kamu bisa temukan berbagai buah segar tersebut dengan mudah dan penawaran harga terbaik hanya di Tokopedia!

Penulis: Zihan Berliana

© 2009-2024, PT Tokopedia