• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

11 Buah yang Mengandung Vitamin E: Sehat Luar-Dalam

Share

11 Buah yang Mengandung Vitamin E: Sehat Luar-Dalam

Daftar buah yang mengandung vitamin E tinggi. Penuhi kebutuhan harianmu, tingkatkan daya tahan hingga jaga kesehatan kulit.


Vitamin E terbukti mampu menjaga daya tahan tubuh, meningkatkan kesehatan kulit hingga mendukung kesuburan organ reproduksi.

Untuk mendapatkan khasiat dari vitamin yang kaya akan antioksidan tersebut, kamu bisa mengonsumsi suplemen atau beberapa jenis buah-buahan yang mengandung vitamin E.

Selain itu, kebutuhan vitamin E setiap orang berbeda-beda, tergantung usianya. Seseorang dapat dikategorikan tercukupi kebutuhannya apabila telah mencapai angka berikut:

  • 4-8 tahun: 7 miligram (mg)
  • 9-13 tahun: 11 mg
  • Dewasa: 15 mg
  • Ibu menyusui: 19 mg

Baca Juga: Manfaat Vitamin E untuk Kulit dan Rambut yang Tak Terduga

Buah yang Banyak Mengandung Vitamin E

Setelah mengetahui seberapa besar kebutuhan vitamin E yang dibutuhkan oleh tubuh kamu, berikut ini berbagai buah yang dapat membantu andalkan:

1. Blackberry dan Raspberry

buah yang mengandung vitamin e
Sumber Gambar: Pexels

Buah blackberry mengandung 1,7 miligram vitamin E atau setara dengan 11% angka kecukupan gizi (AKG) harian dan raspberry memenuhi 5% dosis harian tubuh akan vitamin E.

Fungsi vitamin E dalam buah ini mampu menurunkan berat badan secara efektif serta menurunkan kadar kolesterol secara optimal.

2. Aprikot

buah yang mengandung vitamin e
Sumber Gambar: Pexels

Aprikot mungkin masih terasa asing ditelinga masyarakat Indonesia. Rasa manisnya begitu khas dan segar ditenggorokan, walaupun bentuknya cukup kecil namun manfaat buah asal Tiongkok ini sangat besar bagi tubuh.

Aprikot memiliki kandungan vitamin E sebesar 1,4 miligram atau setara dengan 9% dosis harian vitamin E yang dibutuhkan tubuh.

Tidak hanya itu, kandungan antioksidannya pun cukup tinggi dan dapat membantu menangkal radikal bebas ditubuh.

3. Jambu Biji

buah yang mengandung vitamin e
Sumber Gambar: Pexels

Buah yang sedikit kecut dan manis ini ternyata mengandung antioksidan yang tinggi, lho. Kandungan tersebut mendukung peran vitamin E yang terkandung dalam jambu.

Satu buah jambu saja sudah mengandung 1,2 miligram vitamin E atau setara dengan 8% dosis harian vitamin E yang dibutuhkan tubuh.

Kandungan vitamin E dalam jambu juga memiliki fungsi untuk meningkatkan sel pertahanan tubuh untuk melawan infeksi, serta menjaga keremajaan kulit.

4. Kiwi

buah yang mengandung vitamin e
Sumber Gambar: Pexels

Perpaduan rasa asam dan manis dari kiwi sangat menyegarkan tenggorokan, selain bisa dikonsumsi langsung, kiwi juga bisa dijadikan olahan salad buah atau jus.

Selain rasanya yang begitu segar, tahukah kamu bahwa kiwi juga mengandung vitamin E yang cukup besar? Untuk satu buah kiwi saja mengandung 2,6 miligram vitamin E atau setara dengan 18% dosis harian vitamin E untuk tubuh.

Kiwi juga merupakan buah yang kaya akan antioksidan dan sumber serat. Jadi, tidak hanya menjaga kesehatan kulit, kiwi juga dapat membantu proses pencernaan.

5. Delima

buah yang mengandung vitamin e
Sumber Gambar: Pexels

Buah dengan ukuran 5-12 cm ini cukup mudah ditemukan pada berbagai pasar tradisional. Rasanya yang manis ternyata menyimpan berbagai manfaat untuk tubuh.

Diantaranya meningkatkan kadar testosteron pada pria dan wanita yang berfungsi untuk meningkatkan kesuburan, manfaat tersebut juga didapatkan dari vitamin E sebesar 1 miligram dalam buah delima.

Baca Juga: Merk Vitamin E Terbaik: Lawan Radikal Bebas, Imun Kuat

buah-buahan
Beli buah-buahan segar kini lebih praktis, yuk temukan dengan harga termurah di sini!

6. Tomat

buah yang mengandung vitamin e
Sumber Gambar: Pexels

Tomat umumnya digunakan sebagai pelengkap masakan, dari makanan berat sampai pencuci mulut, tomat bisa diandalkan. Siapa sangka, ternyata tomat memiliki berbagai manfaat untuk tubuh.

Kandungan vitamin E dalam tomat sebesar 1 miligram. Tomat mampu menjaga kesehatan kulit dan melancarkan pencernaan bila dikonsumsi secara rutin.

7. Alpukat

buah yang mengandung vitamin e
Sumber Gambar: Pexels

Alpukat seringkali diolah dalam bentuk jus, rasanya yang segar sangat nikmat dikonsumsi pada siang hari. Bila dikonsumsi secara teratur, alpukat dapat menjaga kesehatan mata dan jantung.

Manfaat tersebut juga didapatkan oleh kandungan vitamin E didalamnya. Satu buah alpukat mengandung 0,4 miligram vitamin E atau setara dengan 3% dosis harian vitamin E yang dibutuhkan tubuh.

8. Pepaya

buah yang mengandung vitamin e
Sumber Gambar: Pexels

Pepaya tentunya sangat mudah ditemukan di pasar tradisional atau modern. Buah satu ini kaya akan serat dan vitamin E. Buah ini terbukti ampuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dalam satu buah pepaya sudah mengandung 0,4 miligram vitamin E yang setara dengan 3% dosis harian vitamin E yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan kulit serta terhindari dari penyakit infeksi.

9. Strawberry

buah yang banyak mengandung vitamin e
Sumber Gambar: Pexels

Strawberry dimakan langsung atau sebagai kue rasanya tetap saja nikmat. Kamu tidak akan bisa menilai manfaat strawberry hanya dari bentuknya yang kecil, karena dalam satu gelas strawberry mengandung 0,5 miligram vitamin E atau setara dengan 3% dosis harian vitamin E.

Selain mampu mencegah penuaan dini pada kulit, strawberry juga dapat mengurangi peradangan serta meningkatkan daya tahan tubuh melawan infeksi.

10. Mangga

buah yang banyak mengandung vitamin e
Sumber Gambar: Freepik

Mengonsumsi mangga dalam bentuk salad atau dimakan langsung dua2nya tetap memberikan manfaat yang besar bagi tubuh.

Kandungan vitamin E sebesar 1,5 miligram dalam mangga sudah terbukti mampu menangkal radikal bebas dan mencegah masalah pencernaan.

11. Peach

buah yang banyak mengandung vitamin e
Sumber Gambar: Freepik

Buah peach yang terkenal dengan rasanya yang manis dan segar dapat memenuhi 7% dosis harian atas vitamin E yang dibutuhkan tubuh. Melalui kandungan vitamin E tersebut mengonsumsi peach secara teratur dapat mencegah obesitas.

Serta menurunkan berat badan dan berfungsi sebagai anti radang yang bisa melindungi tubuh dari infeksi tertentu.

Baca juga: Buah yang Mengandung Vitamin C: Kandungan Tinggi Alami

Bagaimana, Toppers sudah menentukan ingin mengonsumsi buah apa hari ini? Pastinya kamu bisa mendapatkan berbagai khasiat vitamin E, bila mengonsumsi buah-buahan tersebut secara rutin.

Jangan lupa untuk selalu berolahraga dan jaga pola hidup sehat, agar kamu bisa mendapatkan manfaat yang maksimal. Selain itu, kamu juga bisa menemukan berbagai buah-buahan segar lainnya hanya di Tokopedia!

alat pemotong buah
Mau memotong buah ataupun sayur lebih cepat dan efisien? Ini solusinya!

Penulis: Claudia Angelista Jeheskiel

© 2009-2024, PT Tokopedia