Buat Pengendara Motor: Yuk Kenali Jenis Helm dan Tingkat Keamanannya

1922
Blog_Buat Pengendara Motor Yuk Kenali Jenis Helm dan Tingkat Keamanannya_825x355px

Buat Toppers yang suka berkendara dengan menggunakan sepeda motor, memang wajib banget menggunakan helm. Helm berfungsi untuk melindungi kepala kamu dari benturan. Jadi, kalau tiba-tiba saat di jalan, kamu mengalami kecelakaan bagian kepala kamu akan terlindungi nih jika kamu selalu menggunakan helm. Ya namanya juga kan musibah, setiap orang gak ada yang tahu kapan dan dimana akan bisa menimpa diri kita. Makanya nih Toppers, selalu dan wajib ya pakai helm kalau sedang mengendarai sepeda motor seperti yang sudah dibahas dalam artikel sebelumnya mengenai perlengkapan wajib untuk pengendara motor.

Wah ternyata jenis helm juga mempengaruhi tingkat keamanan saat kamu berkendara loh. Memang sih helm itu intinya adalah untuk melindungi kepala kamu, tapi ternyata gak semua helm bisa melindungi kepala kamu secara keseluruhan. Kenali yuk jenis-jenis helm dan tingkat keamanan nya serta kelebihan dan kekurangan dari masing-masing helm.

Shorty Helmet

jenis helm dan tingkat keamanan - Shorty Helmet

Helm yang satu ini adalah bentuk helm yang menyerupai seperti sebuah topi. Helm ini terbuka di bagian muka nya, tapi di bagian belakang nya pun ikut naik dan tidak menutupi kepala bagian belakang. Bahkan helm ini pun tidak menutupi bagian telinga mu karena bentuknya mirip dengan topi. Biasanya nih banyak yang memberikan alasan menggunakan helm ini agar tetap bisa mendengar lebih jelas, tidak menghalangi penglihatan dan juga harga yang memang terbilang murah. Namun sayangnya, tingkat keamanan untuk helm ini bisa dibilang minim ya, Toppers, karena hanya melindungi kepala bagian atas saja.

Half Face / Open Face Helmet

jenis helm dan tingkat keamanan - Half Face or Open Face Helmet

Kalau yang satu ini memberikan kita untuk bisa bernafas dengan mudah dan membiarkan bagian wajah terbuka. Sebagian orang juga tidak menginginkan wajahnya tertutupi secara keseluruhan karena alasan panas pengap, tapi sejujurnya helm jenis ini masih tergolong kurang aman. Helm open face tidak bisa melindungi bagian kepala kamu secara keseluruhan, karena tidak ada penutup kaca pada helm ini, jadi tidak terlindung dari debu, angin, hujan dan kerikil yang bertebangan di jalan.

3/4 Modular Helmet

jenis helm dan tingkat keamanan - 3per4 Modular Helmet

Nah Toppers, helm ini adalah helm yang paling sering dan banyak digunakan oleh para pengendara motor di Indonesia. Helm ini sudah dilengkapi kaca di bagian wajah, sehingga debu-debu yang berterbangan saat kamu berkendara motor tidak masuk ke dalam mata kamu. Helm ini memang memberikan perlindungan untuk kepala bagian atas, mata, telinga, namun tetap saja jika misalnya kamu terjatuh dari motor, bagian dagu dan gigi kamu tetap bisa terbentur.

Full Face Helmet

jenis helm dan tingkat keamanan - Full Face Helmet

Ini dia helm yang tingkat keamanan nya oke banget. Dengan helm jenis full face ini, bagian kepala, mata, dagu, telinga dan hidung bisa terlindungi dengan baik. Bahkan kamu gak perlu takut ada debu yang masuk ke mata kamu saat berkendara motor di jalanan. Cuma nih sayang banget kekurangan nya adalah karena helm ini benar-benar menutup seluruh bagian di kepala kamu, kamu jadi sulit untuk mendengar dengan jelas dan harganya memang lebih mahal dibanding helm jenis lain yang sudah dibahas di atas.

Flip-Up Helmet

jenis helm dan tingkat keamanan - Flip-Up Helmet

Hampir mirip dengan helm full face, helm yang satu ini punya keunggulan karena bisa melindungi keseluruhan kepala kamu mulai dari mata, hidung, dagu dan juga bagian kepala itu sendiri. Apa sih bedanya? Bedanya adalah terdapat di bagian depan helm yang dimana flip-up helmet bisa dinaikkan ke atas atau di flip-up seperti nama helm ini. Namun karena helm ini bisa di flip-up jadi kemungkinan pada saat kecelakaan terjadi, helm bisa terlepas dan membuat cidera bagian dagu, hidung dan mata kamu.

Toppers sekarang jadi tahu dong tentang jenis-jenis helm yang ternyata bukan hanya satu jenis. Bahkan dari jenis helm satu ke helm lain punya kekurangan dan kelebihan masing-masing dan mempengaruhi tingkat keamanan kamu saat berkendara. Yang terpenting dan harus dilakukan adalah kamu wajib dan harus memakai helm ya saat kamu berkendara motor.

jual helm murah

sumber foto: https://writenride.files.wordpress.com, http://ecx.images-amazon.com, http://upload.ecvv.com, http://image.dhgate.com

Bagikan Artikel