Tips Atasi Anak Tak Doyan Sayur dan Buah

0
118
Anak Susah Makan Sayur dan Buah
Sumber gambar: Pixabay

Mengkonsumsi buah dan sayuran memang sangat bermanfaat bagi tubuh anak-anak dan orang dewasa. Untuk atasi anak yang tak doyan sayur dan buah, Bunda bisa lakukan beberapa cara mudah.


Tips Atasi Anak Tak Doyan Sayur dan Buah – Bagi anak yang sudah memasuki usia balita, pastinya sedang aktif-aktifnya dan sangat tertarik dengan mainan. Ketertarikannya dengan hal baru atau mainan yang disukainya kadang membuatnya sulit makan dan tidak tertarik untuk makan-makanan sehat, seperti buah dan sayuran.

Untuk mengatasi hal tersebut, Bunda harus mensiasati dengan cara-cara yang unik dan menarik perhatiannya lebih. Mengingat sayur dan buah sangat memberikan manfaat bagi si kecil demi kelancaran pertumbuhannya, Bunda harus memberikannya dan mengajarkannya seberapa penting untuk mengkonsumsi sayur dan buah.

Agar mempermudah Bunda dalam memberikan buah dan sayuran bagi anak yang tak menyukainya, berikut ada beberapa tips untuk Bunda demi mengatasi anak yang tak doyan sayur dan buah!

BACA JUGA: 8 Cara Tepat Membersihkan Botol Pompa ASIP

Tips Atasi Anak Tak Doyan Sayur dan Buah

1. Berikan Contoh

Pola makan pada anak cenderung mengikuti pola makan dari orang tua. Jika menu sayuran dan buah bukan lah menu sehari-hari di rumah, maka anak pun tak terbiasa mengkonsumsinya.

Umumnya, anak akan makan makanan yang memang sudah biasa mereka lihat dan ketahui. Anak tidak akan meminta suatu makanan khusus jika anak tidak pernah melihat atau mengenalnya. Untuk itu, sebaiknya buatlah menu makanan sehari-hari di rumah yang mengandung sayuran dan buah-buahan.

2. Jadikan Aktivitas Makan Sayur dan Buah Jadi Menyenangkan

Anak-anak pada umumnya menyukai mainan dan juga suka berkhayal menjadi sesuatu. Bunda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk memberikannya sayur dan buah-buahan. Seperti Bunda bisa memberikan gambaran bahwa brokoli adalah makaroni yang biasa ia makan.

Atau Bunda juga bisa lakukan proses makan sayur dan buah sambil bermain. Seperti pura-pura menjadi dinosaurus yang harus memakan banyak rumput-rumputan. Dengan cara tersebut, membuat anak mau makan sayur dan buah-buahan dan bahkan justru bisa memintanya.

3. Ajak Anak Ikut Menyiapkan Makanan

Ajak lah si kecil ikut serta dalam menyiapkan makanannya. Beberapa anak cendrung lebih tertarik mengkonsumsi makanan yang mereka siapkan sendiri. Cara lain, Bunda bisa ajak si kecil ke pasar tradisional dan biarkannya memasak sayur yang sudah dibeli.

Bunda juga bisa sekaligus mengajarkannya dalam mencuci wortel, kacang, kentang, dan lain sebagainya agar proses memakan sayur dan buah jadi lebih menyenangkan.

buah-buahan
Beli buah-buahan segar kini lebih praktis, yuk temukan dengan harga termurah di sini!

4. Hindari Pemaksaan

Untuk atasi masalah anak yang tak suka makan sayur dan buah, sangat tidak disarankan bagi Bunda untuk memaksanya menghabiskan seluruh makanannya. Hal ini bisa membuatnya semakin tidak menyukai sayur dan buah, serta memberikan gambaran negatif pada makanan tersebut.

Bisa juga paksaan tersebut buatnya trauma sehingga tidak mau lagi untuk makan sayur dan buah-buahan. Hal ini bisa terbawa hingga ia beranjak dewasa.

5. Berikan Penghargaan atau Hadiah

Dengan memberikan pengalaman dan kesan menyenangkan pada makanan, buat si kecil tidak memilih-milih makanan. Pastinya, ia akan senang juka diberi penghargaan atau hadiah saat mencoba gigitan sayur dan buah-buahan.

Tidak perlu berikan hadiah yang berlebihan. Cukup berikan penghargaan seperti ucapan dan kasih sayang lebih membuatnya merasa benar melakukan hal tersebut.

6. Berikan Makanan dengan Warna yang Beragam

Bunda bisa memilih makanan dengan warna-warna yang menarik. Seperti wortel, tomat, dan sayur mayur yang membuat piring terisi dengan beragam warna. Hal ini memberikan daya tarik tersendiri bagi si kecil.

7. Sajikan Makanan dengan Bentuk yang Menarik

Untuk menarik perhatiannya, Bunda bisa bentuk makanan dengan bentuk-bentuk yang unik dan menarik. Biasanya, si kecil menyukai makanan yang tidak tercampur-campur, sehingga Bunda bisa membuat bentuk makanan yang lebih unik. Seperti bentuk bintang, hati, atau wajah yang tersenyum.

BACA JUGA: Si Kecil Lebih Fashionable dengan 10 Merk Sepatu Bayi Branded Terbaik

Kini Bunda sudah tahu kan apa saja tips atasi anak tak doyan sayur dan buah? Dengan melakukan hal-hal di atas, buat si kecil tidak anti dengan sayur dan buah-buahan. Justru bisa saja memintanya karena saat makan sayur prosesnya sangat menyenangkan dan buat ia belajar hal yang baru.

Hindarilah pemaksaan pada si kecil karena dapat berdampak tidak baik baginya. Jika sulit, cobalah bujuk dengan cara halus dan memberikannya pujian agar ia senang dan mau untuk mencoba makanan.

jual kebutuhan ibu dan anak
Temukan semua kebutuhan ibu dan anak terlengkap dengan harga termurah di sini!

Bagikan Artikel