Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Cara Mengatasi Rambut Kering & Rusak: Lebih Sehat dan Berkilau!

29 June 2021
Share icon
Share
10 Cara Mengatasi Rambut Kering & Rusak: Lebih Sehat dan Berkilau!

Segera atasi masalah pada rambut kering dan rusak dengan cara mudah berikut ini! Rambut jadi lebih sehat dan berkilau setiap saat.


Cara Merawat Rambut Kering dan Rusak  – Rambut kering dan rusak bisa disebabkan oleh rambut yang sering diwarnai atau karena sering menggunakan alat dan produk untuk rambut yang panas seperti hair dryer dan catokan, yang dapat menghilangkan kelembaban rambut. Rambut juga cenderung menjadi lebih kasar dan rapuh seiring bertambahnya usia, jadi tak heran rambut kita terasa kering, rapuh dan juga rusak.

Ikuti langkah-langkah ini untuk melindungi dan mengembalikan kelembaban alami rambut tanpa harus repot ke salon dengan biaya yang mahal.

baca juga: Ketahui Penyebab dan 10 Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Cara Merawat Rambut Kering dan Rusak

Rambut akan menjadi kering jika tidak mendapatkan kelembaban yang cukup sehingga akan kehilangan kilauan alaminya dan tampak kusam. Agar kondisi tidak kian memburuk, ada beberapa cara mengatasi rambut kering dan kasar, diantaranya:

1. Jangan Terlalu Sering Keramas 

Jangan Terlalu Sering Keramas
Sumber Gambar: Freepik

Cobalah untuk tidak mencuci rambut setiap hari. Lakukan setiap dua hari sekali untuk mempertahankan minyak alami di rambutmu. Jika kamu memiliki minyak di kulit kepala yang tidak dapat kamu tahan, coba gunakan dry shampoo untuk menangani masalah ini. Karena biasanya yang berminyak hanyalah kulit kepalanya saja. Semprot dry shampoo 10-20 cm dari kepala untuk mencegah penumpukan produk.

2. Gunakan Shampo dan Conditioner yang Tepat

Gunakan Shampo dan Conditioner yang Tepat
Sumber Gambar: Freepik

Saat kamu sedang menggunakan shampo, bersihkan di bagian akar rambut saja, karena semua minyak terkonsentrasi di sana. Jadi kamu cukup menggunakan conditioner di ujung rambut dan menghindari akar rambut, karena akar rambut dapat menjadi berminyak. Pastikan kamu juga menggunakan jenis shampo dan conditioner yang sesuai dengan kebutuhan rambut kamu.

3. Gunakan Masker Rambut 

Gunakan Masker Rambut
Sumber Gambar: Garnier USA

Untuk melembutkan rambut kasar dan menambahkan kelembaban, gunakan masker rambut setidaknya seminggu sekali. Oleskan masker ke rambut kamu, ratakan masker ke seluruh rambut dan biarkan selama 20 sampai 30 menit sebelum dibilas. Kamu juga bisa buat masker rambut sendiri dengan bahan-bahan alami, lho!

4. Rajin Menggunting Rambut 

Rajin Menggunting Rambut
Sumber Gambar: Pixabay

Jika kamu memiliki rambut yang rusak dengan tekstur seperti jerami, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memotong ujung rambut yang rusak atau bercabang agar terlihat lebih baik dan sehat. Rajin menggunting rambut juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi rambut rontok dan kering.

5. Pastikan Rambut Tetap Ternutrisi 

Pastikan Rambut Tetap Ternutrisi
Sumber Gambar: Freepik

Rambut kering dan rapuh memerlukan perhatian terhadap kandungan yang ada di dalam produk rambut yang digunakan, dan hidrasi adalah kuncinya. Kamu bisa menggunakan produk yang mengandung bahan seperti shea butter, minyak zaitun, minyak argan, atau minyak kelapa yang terbukti dapat meningkatkan kelembaban rambut.

baca juga: Tips & Cara Meluruskan Rambut Secara Alami, Sehatkan Rambut

6. Kurangi Penggunaan Catokan dan Hair Dryer 

Kurangi Penggunaan Catokan dan Hair Dryer
Sumber Gambar: Freepik

Alat styling rambut yang panas dan sinar matahari bisa menjadi penyebab paling utama dalam kerusakan rambut. Lindungi rambut kamu dengan mengenakan topi saat berada di luar. Selain itu, sebelum menggunakan alat styling rambut, jangan lupa untuk selalu menggunakan heat protector untuk rambut untuk mencegah kerusakan. Kamu juga harus pastikan rambutnya 100% kering sebelum menggunakan alat styling rambut. Hindari juga penggunaan catokan maupun hair dryer terlalu sering.

7. Hindari Pewarnaan Rambut 

Hindari Pewarnaan Rambut
Sumber Gambar: John Frieda

Memiliki gaya rambut yang itu-itu saja memang terasa membosankan. Tidak heran jika kamu memiliki keinginan untuk mewarnai rambut untuk mengubah penampilan. Namun, apabila kamu memiliki tipe rambut yang kering harus lebih berhati-hati. Sebab, zat kimia dalam pewarnaan dapat membuat rambut kamu semakin kering dan mudah rontok.

8. Konsumsi Banyak Air Putih

Konsumsi Banyak Air Putih
Sumber Gambar: Pexels

Menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dapat menjadi salah satu cara untuk membuat rambut rusak menjadi kembali sehat. Sama halnya seperti tubuh, rambut juga dipengaruhi oleh apa yang kamu konsumsi setiap harinya. Maka, pastikan konsumsi banyak air putih agar akan rambut tetap kuat, tidak kering dan bercabang.

9. Ketahui Waktu Keramas yang Tepat

Ketahui Waktu Keramas yang Tepat
Sumber Gambar: Freepik

Mungkin banyak dari kamu yang mengira bahwa dengan keramas setiap hari dapat membuat rambut kamu lebih bersih dan sehat. Padahal, cara ini tidak tepat, lho. Melakukan keramas setiap hari justru akan membuat rambut kehilangan minyak alaminya sehingga menyebabkan rambut kering dan mudah rontok. Cukup lakukan keramas 2 hari sekali saja juga bisa jadi salah satu cara negatasi rambut rontok dan kering, Toppers!

10. Perawatan Keratin

Perawatan Keratin
Sumber Gambar: StyleU Salon

Perawatan keratin bisa menjadi salah satu cara mengatasi rambut kering dan mengembang. Kamu bisa mendapatkan perawatan rambut satu ini di salon kecantikan. Keratin berfungsi untuk melindungi batang rambut dan menyehatkannya agar mudah rontok.

Selain itu, dengan melakukan perawatan keratin rambut akan terasa lebih lembab dan mudah diatur. Jika budget-mu terbatas, cobalah menggunakan produk perawatan rambut keratin yang bisa kamu beli di supermarket untuk melakukannya di rumah.

baca juga: 16 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat, Tanpa Obat!


Nah, itu dia beberapa cara mengatasi rambut kering dan rusak. Caranya cukup mudah dan bisa tidak membutuhkan waktu cukup lama bukan?

Tak perlu khawatir lagi, karena sekarang kamu bisa mendapatkan rambut sehat, indah, dan berkilau dengan membeli serangkaian perawatan rambut dengan mudah di Tokopedia!

jual produk perawatan tubuh
Manjakan diri dengan berbagai produk perawatan tubuh terbaik di sini!
TAGS
Share icon
Share

RELATED ARTICLES

Editor Picks
Apakah Vertigo Bisa Sembuh? Ketahui Fakta Pemulihannya
Popular Category
    © 2009-2022, PT Tokopedia