• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Cara Baru Menikmati Masakan Padang Vegan ala Loka Padang

12 June 2023

Share

Cara Baru Menikmati Masakan Padang Vegan ala Loka Padang

Kelezatan berbagai hidangan ala Minangkabau telah banyak dikenal tidak hanya di dalam negeri saja, namun juga di kancah internasional. Bahkan, salah satu jenis makanannya ini pun pernah menjadi juara makanan terenak di dunia. Ya, apa lagi kalau bukan rendang!

Makanan yang umumnya berbahan dasar santan dan akrab kita sebut sebagai masakan Padang ini begitu menggugah selera. Selain rasanya yang nikmat, berbagai jenis olahannya pun sangat beragam, hingga rasanya sulit untuk tidak menambah porsi ketika hidangannya tersedia di depan mata.

Namun, bagaimana jadinya jika masakan padang dapat dinikmati dengan menggunakan bahan dasar nabati? Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Menjadi vegetarian tetap bisa makan enak

Ide membuat makanan padang vegan tersebut muncul dari Irene Umar di tahun 2020, tepat dua tahun setelah Ia memutuskan untuk menjadi seorang vegetarian. Merasa kesulitan untuk mendapatkan makanan yang sehat namun tetap kaya akan cita rasa, terbesit keinginan Irene untuk memulai bisnis makanan yang ia namakan Loka Padang.

article

Irene Umar, pemilik Loka Padang

Sebagai makanan yang digemari masyarakat Indonesia, sayangnya makanan Padang tidak ramah terhadap vegetarian layaknya Irene. Di sisi lain, beberapa menu sehat pada umumnya tidak menawarkan cita rasa yang lezat. Hal ini lah yang mendorong Irene untuk menghadirkan santapan masakan Padang yang inklusif dan dapat dinikmati semua orang, termasuk bagi mereka yang vegetarian.

Dengan citra rasa yang lezat dan bumbu yang melimpah membuat kita seakan lupa bahwa sajian tersebut berasal dari bahan-bahan nabati, seperti rendang kentang untuk menggantikan daging serta dendeng balado dan sate padang yang menggunakan potongan tahu serta jamur.

Irene juga melakukan sebuah riset tentang bagaimana makanan vegan tidak hanya baik bagi kesehatan, namun juga dapat memberikan dampak yang positif terhadap lingkungan. Berangkat dari hal tersebut, Irene memutuskan untuk bekerja sama dengan petani lokal demi mengurangi penggunaan karbon.

Irene lantas berkesempatan bertemu dengan Pemprov DKI Jakarta untuk memperkenalkan bisnisnya. Siapa sangka jika pertemuan ini membuka jalan Irene menemukan petani lokal dan karang taruna yang dapat membantu memproduksi bahan-bahan nabati untuk produknya. Pasalnya, Pemprov DKI Jakarta memiliki program ‘Food Secruity’ yang mengajak warga untuk bercocok tanam di halaman masing-masing dan membutuhkan pelanggan tetap yang dapat mengolah hasil panen tersebut.

Perjalanan memperkenalkan keunikan santapan vegan yang kaya rasa

Membangun bisnis tentu saja tidak luput dari tantangan. Apalagi, produk yang dijual Irene tergolong unik dan belum menjamur di pasaran. Pada mulanya, Irene menemukan berbagai kesulitan. Selain dirinya yang tidak bisa memasak, mencari seorang koki juga bukan perkara gampang. Selain itu, produk yang dijualnya pun tidak bisa bertahan lama alias cepat basi.

Kendati dihadapkan berbagai situasi, Irene akhirnya dapat menemukan peluangnya sendiri hingga ia dapat mendirikan tiga restoran di Jakarta Selatan. Dua tahun setelahnya, bisnis tersebut dihantam badai pandemi. Sebagai langkah strategis, Loka Padang beralih ke online.

Meski sempat ragu untuk merambah ke kanal digital lantaran tidak paham dengan bidang tersebut, namun dirinya merasa beruntung karena bergabung bersama Tokopedia dimana ia bisa mendapatkan pembelajaran khusus mengenai Digital Marketing, seperti belajar cara mendatangkan traffic pembeli hingga promosi.

article

Dua menu andalan Loka Padang: sate padang dan dendeng balado

Hingga hari ini, Irene aktif mengikuti kampanye Tokopedia, salah satunya Tokopedia NYAM!. Menurut Irene, kampanye dapat membuka lebih besar peluang baginya untuk bertemu pelanggan baru yang akhirnya menjadi pelanggan tetap. Selain kampanye, Irene juga memaksimalkan fitur Chat untuk mengajak pembeli mencoba produk lain.

Loka Padang kini semakin digemari masyarakat. Jika awalnya hanya dapat dinikmati di restoran yang berada di Jakarta, kini produknya sudah sampai ke Kalimantan dan Sulawesi lewat Tokopedia. Inovasi seperti menyediakan paket katering dan makanan kemasan terus digencarkan oleh Irene dan tim demi memperkenalkan lebih jauh lagi masakan asli nusantara yang sehat dan enak.

Tertarik untuk mencoba? Sate Padang dan Dendeng Balado adalah beberapa menu favorit yang sering sold out, lho! Yuk, kunjungi tokonya di Tokopedia sekarang!

Share

Amalia RizqytaAmalia Rizqyta

Related Articles

Mengenal Sosok Kartini Masa Kini: NakaBunda Tim Tokopedia Care
Behind The Scene
Mengenal Sosok Kartini Masa Kini: NakaBunda Tim Tokopedia Care
© 2009-2024, PT Tokopedia