Ubah Gaya Hidup Menjadi Morning Person: Ini Dia Cara & Manfaatnya!

0
369
Manfaat Jadi Morning Person

Keuntungan menjadi morning person bisa berdampak bagi kesehatan tubuh, mental, dan juga pola hidup. Simak cara mudah menjadi morning person dan manfaatnya.


Cara & Manfaat Menjadi Morning Person – Manfaat menjadi morning person bisa berdampak pada perubahan pola hidup yang lebih baik, kesehatan tubuh dan mental yang lebih baik, dan juga manfaat lainnya.

Morning person adalah sebutan bagi orang yang memiliki kebiasaan bangun di pagi hari dan langsung beraktivitas. Tipe orang yang morning person cenderung memiliki jam tidur yang lebih awal di malam hari.

Melihat banyak manfaat yang diberikan, yuk simak bagaimana cara mudah untuk menjadi morning person dan apa saja manfaatnya!

BACA JUGA: 11 Manfaat Bersepeda: Imun Kuat, Langsing hingga Bikin Happy

Cara Menjadi Morning Person

Bangun pagi, memang terkadang sangat sulit bagi sebagian besar orang. Mulai dari susahnya waktu tidur di malam hari, aktivitas yang sangat padat, dan juga kamar tidur yang tidak mendukung kenyamanan tidur. Banyak sekali yang bertanya-tanya, how to become a morning person? Ada juga yang beranggapan “aduh, aku itu not a morning person, lho!” Semua bisa teratasi!

Untuk itu, simak cara menjadi morning person berikut ini!

1. Ubah Waktu Tidur

Ubah Waktu Tidur
Sumber: Freepik

Cara pertama menjadi morning person adalah dengan mengubah jam tidur. Jika kamu sudah terbiasa tidur larut malam, mulai lah mencoba untuk tidur lebih awal. Waktu normal seseorang untuk tidur adalah 7 hingga 9 jam, nah untuk itu kamu harus memulai waktu tidur di jam 10 malam.

Untuk awal pastinya akan terasa sulit, namun jika kamu memiliki niat yang tinggi pasti akan terbiasa dengan sendirinya. Cara mudah membiasakan diri, yaitu dengan cara kamu memulai waktu tidur 15 hingga 20 menit lebih awal dari biasanya, sehingga kamu bisa terbiasa untuk tidur lebih awal.

2. Jauhkan Alarm dari Jangkauan Saat Tidur

Jauhkan Alarm
Sumber: Freepik

Sebelum tidur, jangan lupa untuk set alarm. Kamu bisa menggunakan alarm di smartphone atau weker. Namun, jangan lupa untuk menjauhkan alarm dari jangkauan tangan. Hal tersebut dilakukan supaya kamu tidak langsung mematikan atau snooze alarm saat berbunyi.

Jauhkan alarm dari jangkauan mengharuskan kamu untuk bangun atau beranjak dari tempat tidur untuk mematikan alarm, sehingga memaksa kamu untuk bangun dari tidur.

3. Biarkan Cahaya Matahari Masuk ke Kamar

Cahaya Matahari Masuk ke Kamar
Sumber: Freepik

Membiarkan sinar matahari masuk ke kamar membuat kamu lebih mudah terbangun. Sinar matahari di pagi hari bisa mengubah jam internal yang terdapat pada tubuh.

Sebaiknya sebelum tidur kamu memastikan agar cahaya matahari bisa masuk ke dalam kamar, seperti tirai tidak perlu menutup jendela sepenuhnya.

4. Lakukan Small Exercise saat Bangun Tidur

Olahraga
Sumber: Freepik

Hal mudah lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan olahraga ringan saat bangun tidur. Seperti sit up, lari di tempat, atau sekedar meregangkan otot.

Hal ini dilakukan agar memberikan energi tambahan saat bangun tidur untuk melakukan berbagai aktivitas.

jual perabotan rumah tangga
Ingin mengisi perabatan rumah tapi budget terbatas? Lengkapi segera dengan barang termurah dan berkualitas terbaik di sini!

5. Sesuaikan Jam Makan dengan Jam Tidur

Sesuaikan jam Makan & Jam Tidur
Sumber: Freepik

Jika kamu tidur dan juga bangun lebih awal, kamu perlu menyesuaikan jam makan agar tak terlalu malam. Jangan mengkonsumsi kafein, alkohol dan juga makanan yang berlebihan sebelum tidur. Hal tersebut dapat membuat kamu kesulitan untuk tidur di malam hari.

6. Konsisten

Hal utama untuk mengetahui how to become a morning person adalah dengan adanya konsistensi. Nah, ini dia Toppers hal terpenting yang harus kamu lakukan untuk menjadi morning person! Kamu harus memiliki rasa konsisten terhadap pola hidup kamu yang baru. Dengan melakukan hal-hal di atas secara konsisten, pastinya kamu akan terbiasa untuk tidur dan bangun lebih awal.

BACA JUGA: 13 Ciri Kepribadian Introvert, Apa Kamu Salah Satunya?


Manfaat Menjadi Morning Person

Menjadi morning person memberikan banyak manfaat bagi berbagai aspek kehidupan. Seperti untuk kesehatan fisik, mental, terhindar dari depresi, hingga produktivitas kerja yang lebih baik.

Yuk, simak manfaat menjadi morning person selengkapnya!

1. Risiko Depresi yang Lebih Rendah

Risiko Depresi Lebih Rendah
Sumber: Freepik

Banyak studi yang telah menunjukkan bahwa seseorang yang sering begadang atau memiliki masalah insomnia, cenderung memiliki gangguan pada suasana hati / mood. Hal ini dikarenakan kemungkinan orang morning person lebih banyak meluangkan waktu di siang hari untuk bersosialisasi.

Sedangkan orang dengan tipe night owl baru mulai beraktivitas saat orang-orang atau dunia sedang beristirahat, sehingga tingkat sosialisasinya pun cenderung kurang.

2. Kesehatan Mental

Kesehatan Mental
Sumber: Freepik

Dengan mengubah pola hidup menjadi morning person, bisa menyelamatkan kesehatan mental seseorang. Beberapa penelitian pun menunjukkan bahwa seseorang dengan rentang usia 18 sampai 45 tahun dengan tipe night owl, memiliki tingkat depresi yang lebih tinggi sehingga tidak baik untuk kesehatan mental.

Meskipun tingkat depresi seseorang bisa timbul akibat masalah yang dihadapi. Namun, mengubah pola hidup menjadi morning person bisa membantu untuk meminimalisir dan juga mengurangi risiko.

3. Lebih Produktif di Pagi Hari

Produktif di Pagi Hari
Sumber: Picjumbo

Tipe orang morning person memiliki kebiasaan bangun pagi dan langsung beraktivitas. Contohnya, mandi, membuat kopi dan menu sarapan, menyiapkan pakaian untuk kerja, membaca berita, dan lain sebagainya.

Banyak sekali energi yang dihasilkan saat bangun di pagi hari, sehingga merasa lebih fun dan baik untuk mengatur jadwal kegiatan setiap harinya.

4. Tidur Lebih Berkualitas

Tidur Berkualitas
Sumber: Freepik

Dengan waktu tidur dan bangun yang lebih awal juga bisa memberikan kualitas lebih pada waktu tidur. Kualitas beristirahat akan lebih tinggi karena waktu beristirahat cukup.

Berbeda dengan tipikal orang night owl, sering menggunakan waktu tidur tidak dengan waktu yang dianjurkan. Hanya 5 – 6 jam saja. Sehingga kualitas beristirahat tidak baik dan maksimal.

5. Mengurangi Risiko Diabetes

Mengurangi Risiko Diabetes
Sumber: Freepik

Manfaat menjadi morning person selanjutanya adalah bisa terhindar dari risiko diabetes. Ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa orang-orang yang bangun siang cenderung rentan akan gejala diabetes dibandingkan dengan tipe morning person. Ditambah juga, risiko morning person dalam menderita sindrom metabolik pun juga lebih minim dibandingkan orang yang bangun siang.

6. Lebih Bahagia

Bahagia
Sumber: Freepik

Bahagia itu penting, lho! Umumnya dengan bangun pagi, kita akan merasa lebih bahagia karena beraktivitas sesuai dengan jadwal rutinitas. Sementara night owl lebih sering kerepotan dengan rutinitas yang cenderung diburu-buru. Contohnya, saat waktu tidur belum cukup, night owl harus menyesuaikan waktu kerja yang normalnya dimulai di jam 9 pagi hingga 6 sore.

Ditambah lagi, orang yang suka bangun pagi pastinya lebih sering terpapar sinar matahari pagi. Nah, paparan sinar matahari di pagi hari pastinya sangat baik untuk kesehatan tubuh dan juga secara alami dapat membuat hormon bahagia seseorang terpancar dan dapat meningkatkan mood seseorang.

BACA JUGA: 20 Cara Kreatif Menghilangkan & Mengatasi Kebosanan di Rumah


Gimana Toppers, kamu adalah tipe morning person atau night owl? Yuk, biasakan diri untuk bangun dan beraktivitas di pagi hari. Banyak sekali manfaat yang diberikan, lho!

Jangan lupa juga untuk didampingi dengan mengkonsumsi makanan tinggi nutrisi, mengkonsumsi vitamin dan suplemen secara rutin, dan juga olahraga.

bantal pijat
Tidur lebih nyaman dan rileks dengan bantal pijat berkualitas di sini!