Cara Investasi Emas Mudah untuk Pemula

61687
cara investasi emas

Cara Investasi Emas Mudah untuk Pemula – Kini sudah berkembang berbagai macam moda dan bentuk investasi, mulai dari yang legal sampai ilegal. Namun, dari sejumlah perkembangan bentuk investasi, salah satu yang paling populer dan mampu bertahan hingga saat ini adalah investasi emas. Banyak yang memiliki pandangan bahwa emas merupakan cara berinvestasi paling aman, selain karena memiliki sisi prestise, juga dipercaya memiliki harga cenderung stabil, bahkan bisa meraup keuntungan cukup besar.

Tentunya semua investasi memiliki kekurangan dan kelebihan, disertai pula ketrampilan yang dapat terasah seiring dengan bertambahnya jam terbang kamu dalam bermain investasi, karena investasi bukan hanya jual dan beli, tapi juga kemampuan untuk memanfaatkan keuntungan dan memutar uang! Investasi emas juga tak hanya kamu diamkan dan perjual-belikan saja. Bagi kamu yang masih pemula dan tertarik untuk investasi emas, yuk lihat cara investasi emas untuk pemula berikut ini!

Cara Investasi Emas Mudah untuk Pemula

Sesuaikan Dengan Kondisi Keuangan

Cara Investasi Emas untuk Pemula
Sumber: Michael Steinberg

Wajib kamu pikirkan secara matang sebagai seorang pemula yang ingin investasi emas adalah menyesuaikan investasi dengan kondisi keuangan kamu. Jangan paksakan hingga uang kamu habis, karena seperti semua investasi, tak semuanya dapat berjalan mulus, meraup keuntungan begitu pula ketika investasi emas. Tidak ada yang menjamin keuntungannya, ataupun kerugiannya. Semuanya sangat kondisional, tergantung dengan keadaan saat kamu membeli dan menjual. Jika kamu baru pertama kali memulai investasi emas, ada baiknya dimulai dengan nominal kecil terlebih dahulu, kecuali memang kamu memiliki banyak uang sisa sehingga dapat melakukan investasi dengan nilai lebih tinggi.

Jangan Sembarang Memilih

Cara Investasi Emas untuk Pemula
Sumber: Rawpixel

Kedua, jangan sembarang memilih ketika kamu ingin melaksanakan investasi emas. Pastikan tempat kamu membeli dan menginvestasikan uang kamu dalam bentuk emas, merupakan naungan yang berkualitas dan terjamin keabsahannya. Akan menjadi nilai lebih jika telah diakui secara nasional melalui pemerintah. Ada banyak opsi investasi logam mulia terpercaya dengan berkembangnya teknologi, selain itu kini juga sedang populer investasi emas syariah. 

Baca juga: Keuntungan dan Cara Investasi Emas Syariah

Perhatikan Pasar Ketika Memulai Investasi

Ini merupakan salah satu momen penting. Jangan asal memulai investasi sembarangan. Kamu perlu memilih waktu yang tepat. Mulai dengan riset mengenai harga pasaran emas sebelum kamu membeli, seperti harga sebulan atau dua bulan sebelum. Kamu juga dapat membaca-baca mengenai prediksi harga ketika kamu membelinya dan setelah membelinya, akankah melonjak atau merosot. Jangan asal memulai investasi tanpa kamu ketahui mengenai keadaan pasar.

Tak Harus Cara Konvensional

Cara Investasi Emas untuk Pemula
Sumber: Pixabay

Dengan berbagai perkembangan investasi, ketika kamu berinvestasi emas, tidak lagi hanya bisa kamu lakukan dengan gaya lama (membeli logam mulia emas dan menyimpannya, ketika harga sudah cukup dirasa menguntungkan, maka dijual) tapi kamu bisa terapkan gaya modern seperti penggunaan emas sebagai modal untuk kamu memulai usaha, baik usaha secara fisik ataupun memulai trading. Namun, bagi kamu yang tidak suka investasi dengan resiko tinggi, ada baiknya untuk menghindari cara satu ini karena memerlukan strategi khusus pula.

Persiapkan Kemungkinan Terburuk

Jangan lupa bahwa setiap investasi pasti memiliki dua sisi, yaitu keuntungan dan kerugian. Tidak ada investasi nyata yang menjanjikan keuntungan terus-menerus karena harga dan kondisi pasar pasti akan selalu berubah-ubah. Maka dari itu, kamu perlu memikirkan secara matang apakah kondisi kamu akan tetap baik jikalau ada kemungkinan terburuk seperti saat harga emas turun drastis dan kamu mengalami kerugian yang besar.

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Investasi Emas yang Menguntungkan

Nah itu tadi merupakan cara investasi emas untuk pemula. Sesuaikan dengan kondisi dan jangan dipaksakan. Carilah naungan investasi emas yang terpercaya, memiliki reputasi bagus agar investasi emas dapat berjalan lancar. Semua investasi tentunya tidak menjamin keuntungan besar apalagi kesuksesan instan, kamu harus belajar secara perlahan untuk dapat menjadi lebih baik dalam dunia investasi. Semakin yakin kan untuk investasi emas? Selamat mencoba, Toppers!

Bagikan Artikel