9 Cara Investasi Emas yang Bikin Pemula Bisa Cuan

0
64272
cara investasi emas

Sebelum mulai berinvestasi emas untuk pertama kalinya, ketahui dulu 9 cara investasi emas untuk pemula yang bisa bikin cuan berikut ini.


Dari berbagai instrumen investasi yang ada, salah satu sarana investasi yang paling populer dan mampu bertahan hingga saat ini adalah investasi emas.

Minat yang tinggi pada emas disebabkan oleh beberapa hal mulai dari sisi prestise, fungsinya sebagai pelindung nilai, dan tentunya kemampuan emas sebagai instrumen investasi yang mampu memberikan imbal hasil memuaskan.

Lihat saja grafik harga emas dalam tiga bulan terakhir (9 Februari 2020-11 Mei 2020), nilainya sudah melonjak 22,53% menjadi Rp 892.000/gram.

Namun, sebagai instrumen investasi, tentu saja emas memiliki kekurangan dan kelebihan. Tapi, jika kita bijak dalam berinvestasi dan mengetahui sifat dari emas sebagai instrumen investasi, bukan tidak mungkin seorang investor pemula bisa meraih untung lumayan.

Nah, bagi kamu yang masih pemula dan tertarik untuk investasi emas, yuk lihat cara investasi emas untuk pemula berikut ini.

promo nabung emas dan cicilan
Mau nabung emas dapat cashback? Cicilan kartu kredit dapat diskon? Cek di sini!

Cara Investasi Emas Kecil-kecilan

1. Tinggalkan Cara Konvensional, Saatnya Beralih ke Digital

cara investasi emas era digital
Sumber gambar: pexels

Seiring perubahan zaman dan teknologi, investasi emas tidak lagi hanya bisa dilakukan dengan gaya lama yakni membeli emas batangan dan menyimpannya untuk dijual ketika harga jual sudah cukup memberi untung.

Di era digital seperti sekarang, kamu bisa berinvestasi emas hanya dari genggaman saja. Cukup buka aplikasi Nabung Emas Tokopedia, kamu sudah bisa membeli atau menjual emas di mana saja dan kapan saja.

Keuntungan investasi emas secara digital tidak hanya mudah melainkan murah. Bahkan, kamu bisa berinvestasi hanya dengan uang Rp 5.000 saja. Tidak percaya? Baca dulu poin penjelasan di bawah ini.

2. Mulai dari Kecil Dulu

cara investasi emas mulai dari yang kecil
Sumber gambar: pexels

Jangan langsung terburu nafsu untuk berinvestasi besar-besaran. Sebagai pemula, cukup mulai dari nominal yang kecil dulu.

Dengan begitu kamu bisa mempelajari seluk beluk investasi emas tanpa harus cemas dengan fluktuasi harganya.

Setelah cukup paham, barulah sedikit demi sedikit kamu meningkatkan volume investasi. Nah, salah satu platform yang bisa mengakomodir investasi emas kecil-kecilan adalah dengan nabung emas di Tokopedia. Sebab, cukup dengan Rp 5.000 saja kamu sudah bisa memiliki akun dan membeli emas.

investasi emas
Investasi emas masa kini dengan cara yang lebih praktis dan aman di sini!

3. Jangan Sembarang Pilih Platform

cara investasi emas
Sumber gambar: pexels

Kedua, jangan sembarang memilih platform ketika kamu ingin berinvestasi. Pastikan tempat kamu membeli dan menginvestasikan uang merupakan lembaga yang resmi diakui pemerintah.

Jauhi tawaran-tawaran yang mengiming-imingi keuntungan besar dalam waktu singkat. Sebab, bisa bisa kamu menjadi korban investasi bodong yang semakin marak belakangan ini.

BACA JUGA: INVESTASI BODONG: SEJARAH, CIRI-CIRI DAN CARA MENCEGAHNYA

4. Masuk Ketika Pasar Melemah

cara investasi emas
Sumber gambar: pexels

Jangan asal memulai investasi sembarangan. Kamu perlu memilih waktu yang tepat, Toppers.

Mulailah dengan riset mengenai harga emas sebelum kamu membeli. Jika kamu ingin membeli dalam jumlah besar, sebaiknya beli ketika harga emas sedang melemah.

Kamu juga dapat membaca-baca mengenai prediksi harga ketika kamu membelinya dan setelah membelinya, akankah melonjak atau merosot. Jangan asal memulai investasi tanpa kamu ketahui mengenai keadaan pasar.

5. Persiapkan Kemungkinan Terburuk

cara investasi emas
Sumber gambar: pexels

Jangan lupa bahwa setiap investasi pasti memiliki dua sisi, yaitu keuntungan dan kerugian. Tidak ada investasi nyata yang menjanjikan keuntungan terus-menerus karena harga dan kondisi pasar pasti akan selalu berubah-ubah.

Maka dari itu, kamu perlu memikirkan secara matang apakah kondisi kamu akan tetap baik jikalau ada kemungkinan terburuk seperti saat harga emas turun drastis dan kamu mengalami kerugian yang besar.

6. Tahu Tujuan Investasi Dulu, Baru Beli Emas

cara investasi emas
Sumber gambar: pexels

Investasi emas juga harus disesuaikan dengan tujuan investasi kita. Tujuan investasi sangat penting karena akan membantu kamu menentukan target keuntungan dan cara untuk mencapai target tersebut.

3 Tempat Investasi Emas Terbaik

7. Investasi Emas di Pegadaian

Sumber gambar: tirto.id

Seperti dikutip dari website resimya, Tabungan Emas Pegadaian adalah layanan penitipan saldo emas yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas.

Produk Tabungan Emas Pegadaian memungkinkan nasabah melakukan investasi emas secara mudah, murah, aman dan terpercaya.

Selain dapat diakses di seluruh outlet Pegadaian, investasi emas di pegadaian juga bisa dilakukan melalui Tokopedia.

BACA JUGA: 5 FAKTOR YANG MENYEBABKAN HARGA EMAS NAIK TINGGI

8. Investasi Emas di Bank

Sumber gambar: pexels

Investasi emas juga bisa dilakukan di bank syariah. Melalui bank kamu bisa membeli emas dengan cara dicicil/mengangsur. Namun, pembelian emas di bank memiliki minimal pebelian yakni 10 gram per pembelian.

9. Investasi Emas Melalui Outlet Antam

Sumber gambar: okezone

Pembelian emas juga bisa dilakukan melalui butik emas Antam. Emas fisik yang dibeli di sini bisa dititip langsung.

Sehingga investor bisa lebih nyaman berinvestasi tanpa harus memikirkan keamanan penyimpanannya.


Nah itu tadi merupakan cara investasi emas untuk pemula. Tidak hanya berlaku untuk emas, semua instrumen investasi tentunya tidak menjamin keuntungan besar secara instan.

Kamu harus belajar secara perlahan untuk dapat menjadi lebih baik dalam berinvestasi. Semakin yakin kan untuk investasi emas? Selamat mencoba, Toppers!