Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Panduan dan Cara Mengisi Survei Prakerja yang Benar

04 January 2021
Share
Panduan dan Cara Mengisi Survei Prakerja yang Benar

Telah menyelesaikan seluruh program pelatihan mu? Jangan lupa untuk mengisi survei Prakerja. Ini dia panduan dan caranya!


Program Kartu Prakerja merupakan program dari pemerintah untuk para pencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan pekerja atau pelaku usaha mikro dan kecil yang membutuhkan peningkatan kompetensi untuk mengembangkan kompetensi kerja dan kewirausahaan mereka. 

Setiap pemohon atau pendaftar yang telah lulus seleksi dan mendapatkan atau memegang Kartu Prakerja secara langsung dapat mengikuti berbagai kursus secara online untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan kerja mereka. 

Terdapat berbagai kelas-kelas dan pelatihan online yang dapat kamu ikuti mulai dari kelas bahasa asing,  strategi bisnis dan marketing, kelas coding, hingga pelatihan dan tips dalam melakukan interview kerja.

Bagi kamu yang telah mendapatkan Kartu Prakerja dan telah menyelesaikan pelatihannya, manajemen pelaksana Kartu Prakerja ingin mengevaluasi program pelatihan dan peran pelatihan yang telah kamu ikuti melalui Survei Kebekerjaan tahap pertama.

Kamu juga akan mendapatkan insentif sebesar Rp 50.000 setelah menyelesaikan survei dengan  baik dan benar yang akan diberikan tiga kali sehingga total insentif survei menjadi Rp 150.000.

Insentif tersebut diberikan sebagai tambahan dari insentif sebesar Rp 1 juta yang dapat digunakan untuk pembelian kelas pelatihan dan insentif sebesar Rp 600.000 setiap bulan sebagai insentif pasca-pelatihan yang akan diberikan selama 4 bulan.

Untuk menyelesaikan survei ini, kamu perlu meluangkan waktu selama 20-30 menit. Disarankan kamu mengerjakan survei ini di tempat yang nyaman dan tenang agar survei dapat diselesaikan dengan baik.

Diharapkan kamu dapat mengisi survei ini dengan memberikan jawaban sejujur-jujurnya. Jawaban kamu dapat membantu manajemen pelaksanaan Kartu Prakerja mengevaluasi program ini untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kedepannya.

Nah, bagi kamu yang butuh cara dan panduan dalam mengisi survei Kartu Prakerja,  berikut ini langkah-langkahnya yang harus kamu perhatikan.

BACA JUGA: Cara Mendapatkan & Mencairkan Insentif Prakerja Gelombang Terbaru

kartu pra kerja tokopedia
Temukan berbagai macam pelatihan Kartu Prakerja yang bermanfaat di Tokopedia dan dapatkan sertifikatnya dengan mudah!

Cara Isi Survei Prakerja

  • Kunjungi website prakerja.go.id dan masuk ke dashboard dengan menggunakan e-mail dan kata sandi. 
  • Setelah masuk, kamu perlu mengklik tautan survei yang muncul di dashboard.
  • Lakukan pengisian survei hingga seluruh pertanyaan dijawab dengan tuntas. 
  • Peserta harus mengisi jawaban dengan jujur sebagai bahan evaluasi bagi manajemen pelaksana atau PMO. 
  • Jika sudah selesai, maka insentif Rp 50.000 Kartu Prakerja akan ditransfer ke rekening bank atau e-wallet paling lambat 14 hari setelah menyelesaikan survei Kartu Prakerja.

Perlu kamu ketahui bahwa batas pengisian survei adalah 30 hari setelah pemberitahuan atau notifikasi pengisian survei di akun dashboard.

Jika kamu memiliki pertanyaan atau dalam proses pengisian survei mendapati kendala, kamu dapat menghubungi PMO Kartu Prakerja pada alamat email di  survei@prakerja.go.id dengan subjek ” Survei Kebekerjaan”.

BACA JUGA: Cara Daftar Kartu Prakerja Batch 1 Tahun 2021

Nah, itu dia Toppers panduan lengkap cara mengisi survei Kartu Prakerja yang benar. Jangan sampai telat untuk mengisi surveinya ya!

Pastikan juga kamu mengisi survei dengan benar dan jujur agar kamu bisa mendapatkan insetifnya dan manajemen pelaksana Kartu Prakerja dapat meningkatkan mutu pelayanan program Prakerja kedepannya.

Yuk kunjungi Tokopedia sekarang untuk mendapatkan berbagai promo kelas dan pelatihan Kartu Prakerja yang dapat kembangkan keterampilan dan pengetahuan kamu!

kartu pra kerja tokopedia
Temukan berbagai macam pelatihan Kartu Prakerja yang bermanfaat di Tokopedia dan dapatkan sertifikatnya dengan mudah!

Penulis: Naura Az-Zahra

TAGS
Share
TokopediaTokopedia

Related Articles

Daftar Promo Imlek 2023 Tokopedia, dari Makanan sampai Gadget!
Topik Seru Lainnya
Daftar Promo Imlek 2023 Tokopedia, dari Makanan sampai Gadget!
© 2009-2023, PT Tokopedia