Hutang Kartu Kredit Menumpuk, Bagaimana Cara Melunasinya?

1618
Cara Lunasi Hutang Kartu Kredit

Tips dan Cara Lunasi Hutang Kartu Kredit yang Telah Menumpuk – Bingung mencari cara lunasi hutang kartu kredit tak hanya jadi masalah besar bagi penduduk negara-negara maju, tapi juga penduduk negara berkembang seperti Indonesia. Semakin berkembangnya budaya konsumtif masyarakat yang tak diiringi naiknya penghasilan, semakin banyak orang mengandalkan kartu kredit sebagai cara membayar berbagai kebutuhan. Tanpa disadari, hutang kian menggunung tinggi! Kalau sudah begini, bagaimana cara bayar tagihan kartu kredit?

Cara Lunasi Hutang Kartu KreditSumber: Cloudfront

Baca juga: Perbandingan Kartu Kredit dan Kartu Debit, Keuntungan serta Kerugiannya

Stop Gunakan Kartu Kredit

Langkah pertama untuk mulai lunasi hutang kartu kredit adalah berhenti menggunakannya. Stop sekarang juga! Buang jauh-jauh kartu kreditmu. Bila perlu, gunting semua kartu kredit jadi dua bagian. Dengan berhenti memakai kartu kredit setiap melakukan pembayaran, kamu tak akan terus-menerus menambah besarnya hutang. Lunasi hutang sesuai jumlah saat ini.

Bayar Utang dengan Jumlah Terkecil

Punya hutang kartu kredit dari beberapa bank berbeda? Fokus untuk lunasi hutang kartu kredit dengan jumlah terkecil terlebih dahulu. Hal ini akan membuat pembayaran selanjutnya jadi lebih mudah. Atau, kamu juga bisa pilih bayar hutang dengan bunga terbesar. Dengan begitu, jumlahnya tak akan terus-terusan membengkak.

Pakai Tabungan dan Investasi

Apabila ada tabungan dan investasi yang bisa dicairkan, gunakan dua hal ini untuk membayar cicilan kartu kredit terlebih dahulu. Idealnya, tabungan dan investasi memang disiapkan untuk kebutuhan di masa depan. Namun bila keadaan sudah mendesak, lebih baik eliminasi dulu tagihan yang ada sekarang. Selanjutnya, kamu bisa mulai menabung untuk kebutuhan masa depan lagi.

Bayar Lebih dari Nilai Minimum

Usahakan untuk selalu bayar kartu kredit lebih dari nilai minimum agar tidak terkena bunga. Bila tidak membayar sesuai nilai minimum, kamu akan punya sisa tagihan. Nah, sisa tagihan yang berbunga justru bisa lebih memberatkan daripada nilai pokok hutang itu sendiri. Bila ada alokasi lebih yang bisa digunakan, pakailah untuk bayar hutang kartu kredit lebih dari nilai seharusnya.

Atur Budget

Ini adalah bagian terpenting dari cara melunasi hutang kartu kredit. Sambil berjuang membayar hutang, kamu harus belajar untuk mengatur budget dengan lebih baik. Ingat, beli barang sesuai kebutuhan. Prioritaskan kebutuhan sesuai kemampuan. Lupakan beli atau bayar sesuatu yang tak mendesak atau tak mengancam kelangsungan hidup, contohnya rekreasi tiap bulan, beli perhiasan, beli gadget terbaru, dan lain-lain. Jangan terus-terusan mengandalkan kartu kredit karena kebiasaan ini tak baik bagi kehidupan.

Tambah Penghasilan

Bila memang tak ada sumber dana seperti tabungan dan investasi yang bisa digunakan untuk bayar hutang, mau tak mau kamu harus tambah penghasilan. Hal ini wajib hukumnya karena sambil membayar hutang kartu kredit, masih ada sejumlah cicilan dan kebutuhan lain yang harus dipenuhi. Cara menambah penghasilan bisa bermacam-macam, mulai dari buat bisnis online sederhana di Tokopedia, tambah jam kerja di kantor, atau cari proyek freelance sampingan di berbagai website.

Baca juga: Kumpulan Aplikasi Keuangan untuk Bantu Mengatur Keuanganmu

Itu dia tips dan cara lunasi hutang kartu kredit dengan benar, Toppers. Hindari cara-cara yang hanya akan menyelesaikan permasalahan sementara namun malah menambah kewajiban di kemudian hari, seperti transfer balance (memindahkan hutang ke kartu kredit baru dengan bunga lebih kecil), menggadaikan barang berharga, atau meminjam dari keluarga dan kenalan. Pastikan kamu disiplin dan berkomitmen penuh untuk menyelesaikan hutang kartu kredit yang telah menumpuk. Bila tidak, hal ini akan menyulitkanmu ke depannya!

mischief saving box

Bagikan Artikel