Cara Mudah Melacak HP yang Hilang

1311
melacak HP hilang

Melacat HP Hilang – Toppers kehilangan hp? Lupa menaruhnya dimana, ketinggalan di suatu tempat, atau bahkan dicuri seseorang. Semua itu bisa terjadi karena kecerobohanmu meletakkan hp di sembarang tempat, membuatmu lupa meletakkanya dimana bahkan bisa menjadi kesempatan si pencuri untuk mengambilnya. Namun, jangan panik dulu masih ada cara untuk melacak hp androidmu yang hilang. Cara melacak hp yang hilang bisa dengan mudah dilakukan dengan menggunakan gmail atau nomor imei. Untuk lebih jelasnya, yuk simak artikelnya berikut ini:

Cara Melacak Lokasi Hp Android Menggunakan Gmail

Melacak hp hilang dengan menggunakan email Google sebenarnya cukup mudah, karena tidak membutuhkan aplikasi tambahan, cukup mengunjungi situs Google dan masukkan alamat email-mu yang dipasang pada hp hilang. Yuk simak langkahnya berikut ini.

  1. Pertama, pastikan kamu mengingat akun Google mail dan password-nya, jika  tidak memiliki akses ke email sudah dipastikan cara ini tidak dapat berjalan lancar.
  2. Selanjutnya, kunjungi link berikut ini: https://www.google.com/android/find
  3. Jika sudah berhasil membuka link, selanjutnya masukkan alamat email beserta password
  4. Selanjutnya, kamu akan menemukan banyak fitur pada halaman website, seperti “play sound” untuk menderingkan hp, “lock” untuk mengunci agar hp tersebut tidak bisa digunakan atau dibuka dan, “erase” untuk menghapus semua konten pada hp.
  5. Kamu juga bisa mengetahui keberadaan hp dengan melihat tampilan pada peta yang ditunjukkan, sehingga kita dapat mudah melacaknya.

tas charger hp

Cara Melacak Lokasi Hp Android dengan Nomor IMEI

Pada dasarnya setiap hp android sudah memiliki sebuah kode unik terdaftar pada masing-masing sistem perangkatnya. Setiap hp akan memiliki kode yang berbeda-beda, tidak akan ada yang sama antara hp satu dengan lainnya, juga antara merek satu dengan merek lainnya. Oleh karena itu nomor IMEI pada hp tidak akan tertukar saat kamu ingin melacak hp yang hilang. Yuk simak langkahnya berikut ini.

  1. Pertama, cek kode IMEI pada hp dengan cara melakukan panggilan dial *#06#
  2. Atau bisa cek informasi perangkat secara lengkap dengan masuk ke menu settings. Caranya: pilih Settings – About Phone – Status, lalu geser halaman ke bawah maka kamu akan menemukan data MEID.
  3. Jangan lupa untuk catat semua nomor penting tersebut dan simpan. Berikut inforrmasi yang kamu dapatkan: No IMEI, Model Name (Type Perangkat), Manufacturer (Vendor), Carrier (Provider yang digunakan), Last Activity Seen on (Terakhir digunakan), Registered Date (Kapan didaftarkan)
  4. Selanjutnya kunjungi link berikut ini: https://www.google.com/android/find.
  5. Setelah itu masukkan nomor IMEI yang terdaftar pada handphone.
  6. Untuk mulai mengidentifikasi lokasi hp, kamu bisa langsung memilih fitur “play sound” dan hp akan berdering. Saat hp sudah mulai aktif proses melacak, google location akan membantu melacak lokasi handphone-mu.
  7. Setelah berhasil menemukan titik lokasi, sudah waktunya kamu langsung mencari menuju titik lokasi. Tips: jangan terlalu sering melakukan fitur “play sound” agar menghindari kecurigaan si pembawa hp.
  8. Jika kamu sudah sampai pada titik pelacakan, saatnya deringkan hp berulang-ulang sesering mungkin sampai sumber bunyi hp terdengar.

Baca juga: Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer, HP, atau Flashdisk

Nah, itulah dua cara melacak lokasi ponselmu yang hilang tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Mudah kan? Jadi jangan keburu panik saat ponselmu hilang, coba cara diatas terlebih dahulu, melacak ponsel jadi lebih cepat dan mudah. Semoga ponselmu bisa segera ditemukan ya, Toppers!

flip cover smartphone