• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Cara Memasang Gas yang Mudah, Benar, dan Aman

22 August 2023

Share

Cara Memasang Gas yang Mudah, Benar, dan Aman

Cara memasang tabung gas LPG yang benar wajib kamu ketahui demi keamanan bersama. Yuk, simak mulai dari cara memasang regulator gas dan lainnya!


Tahukah kamu bahwa rata-rata kecelakaan tabung gas diakibatkan oleh pemasangan gas yang salah. Seringkali pemasangan gas dilakukan dengan terburu-buru dan tidak memperhatikan hal-hal kecil yang sebenarnya berpengaruh saat gas tersebut akan digunakan.

Beberapa hal yang sering terlewat seperti, regulator yang longgar dan tabung yang bocor umumnya menjadi pemicu ledakan serta kebakaran akibat tabung tersebut. Oleh sebab itu cara memasang gas serta regulatornya harus sesuai dengan standar  yang berlaku.

Selain dari sisi pemasangan, perhatikan juga tempat penyimpanan dan komponen gas yang sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Agar kamu terhindar dari kecelakaan tabung gas, kamu bisa memahami beberapa cara pemasangan tabung gas yang tepat berikut ini!

Baca Juga: Cara Memasang Wallpaper Dinding, Rapi & Anti Gagal!

Cara Memasang Gas Pada Kompor

Saat akan memasang tabung gas, langkah pertama yang harus dilakukan tentunya memastikan tabung gas bisa terhubung dengan kompor.

Agar tidak terjadi kesalahan saat menghubungkan gas dan kompor. Kamu bisa mengikuti beberapa langkah-langkahnya berikut ini: 

1. Membuka Segel Plastik

Buka Segel Plastik

Sumber Gambar: Youtube.com

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka segel plastik yang berada pada tabung gas.

Saat ingin membuka segelnya, tentunya kamu harus memperhatikan serta mengecek juga apakah tabung gas yang kamu beli memiliki segel atau tidak. Jika ada, maka tabung tersebut layak untuk di beli. Tujuan dilakukannya pengecekan tersebut untuk memastikan kualitas dari gas yang dibeli.

2. Pasangkan Rubber Seal

Pasang Rubber Seal

Sumber Gambar: garutrubberseal.blogspot.com

Langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan cara memasang rubber seal atau yang biasa disebut dengan karet pelindung pada bagian dalam tabung gas.

Pada umumnya rubber seal berwarna merah serta berbentuk seperti cincin yang berguna untuk menahan bocornya suatu cairan yang terdapat pada gas.

3. Pasang Regulator dengan Benar

Posisikan Regulator dengan Benar- kompasiana.com

Sumber Gambar: Kompasiana.com

Setelah rubber seal terpasang, tentunya kamu harus memposisikan regulator tersebut dengan benar dan memastikan bahwa posisinya tidak miring agar tidak terjadi kebocoran pada gas.

4. Kunci Regulator 180 Derajat. 

Kunci Regulator

Sumber Gambar: ceklist.id

Ketika Regulator sudah diposisikan dengan benar dan sempurna, Regulator dapat kamu kunci dengan cara memutar ke kanan tuas kunci yang terdapat pada regulator hingga 180 derajat. 

Baca Juga: 8 Tips Renovasi Rumah yang Tepat dan Hemat Demi Hunian Impian!

5. Pastikan Gas Terpasang dengan Sesuai

Pastikan Semua Cara Memasang Gas Sesuai

Sumber Gambar: blog.hock.id

Kamu dapat memastikan bahwa regulator sudah benar-benar terpasang dan terkunci dengan sempurna sampai tidak terdengar suara mendesis ataupun aroma gas yang cukup menyengat.

6. Cek Apa Ada Bunyi Mendesis

Pastikan Tak Ada Bunyi Mendesis

Sumber Gambar: okezone.com

Setelah regulator telah terpasang dengan benar, langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah dengan cara mengecek kembali apakah masih terdapat suara mendesis. Jika sudah tidak ada suara mendesis, maka kamu sudah bisa untuk menyalakan kompor.

Cara Memasang Regulator Gas

Setelah paham cara memasang tabung gas, kamu juga harus memahami cara memasang regulator. Langkah ini seringkali tidak begitu diperhatikan, padahal kamu bisa menghindari kecelakaan dengan memastikan regulator yang dipasang tidak longgar dan bocor.

Untuk memahami cara memasang regulator gas yang benar, kamu bisa menyimak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Menyambungkan Ujung Selang dengan Pipa Gas

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan dalam memasang regulator gas adalah dengan cara menyambungkan selang dengan pipa gas yang berada pada bagian belakang kompor.

2. Memasang Cincin Penjepit

Setelah selang telah terpasang pada pipa gas, kamu dapat memasang cincin penjepit yang berguna agar selang dan pipa gas dapat terkunci dengan baik.

Cincin penjepit ini merupakan komponen yang sangat wajib kamu miliki dalam proses pemasangan regulator gas, karena cincin penjepit ini memiliki fungsi agar selang tidak mudah terlepas dari pipa gas. 

3. Memastikan Selang Gas Dipasang dengan Benar

Kamu harus memastikan bahwa selang dan pipa gas sudah terpasang dengan baik serta memastikan bahwa selang dan pipa gas sudah terkunci dengan sempurna oleh cincin penjepit.

4. Pasang Ujung Selang Lainnya ke Regulator

Pada langkah selanjutnya kamu dapat menyambungkan selang dengan pipa yang terdapat pada regulator. Setelah selang dan pipa regulator telah terpasang dengan benar, kamu dapat menggunakan cincin penjepit agar selang dan pipa regulator tidak mudah terlepas. Lengkapi juga koleksi botol minum atau tumbler lainnya seperti Tumbler Starbucks, Tumbler Starbucks x Blackpink, Tumbler Corkcicle, Botol Minum 2 Liter, dan banyak lagi. 

5. Periksa Kembali Seluruhnya

Sebelum memasangkan regulator dengan tabung gas, maka kamu perlu memeriksa apakah selang telah terpasang secara sempurna dengan pipa gas kompor dan pipa gas regulator. Selain itu, kamu juga harus memastikan apakah selang dan pipa telah terkunci dengan sempurna oleh cincin penjepit.

Baca Juga: 11 Daftar Perkakas/Alat Pertukangan Rumah Tangga, Wajib Ada!

Itu dia, Toppers beberapa langkah dan cara memasang tabung gas yang benar. Selalu perhatikan gas yang kamu beli serta pasanglah regulator dengan tepat. Agar kamu bisa terhindar dari kecelakaan dan kebakaran akibat tabung gas.

jual perabotan rumah tangga

Ingin mengisi perabatan rumah tapi budget terbatas? Lengkapi segera dengan barang termurah dan berkualitas terbaik di sini!

Share

Qonita ChairunnisaQonita Chairunnisa

Related Articles

9 Cat Eksterior Terbaik 2024 Paling Awet dan Tahan Cuaca!
Home and Living
9 Cat Eksterior Terbaik 2024 Paling Awet dan Tahan Cuaca!
© 2009-2024, PT Tokopedia