• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

3 Cara Memasang Gorden: Yang Mana Favorit Kamu?

Share

3 Cara Memasang Gorden: Yang Mana Favorit Kamu?

Ingin pasang gorden sendiri di rumah? Yuk, simak cara mudah untuk memasang gorden. Mudah, praktis dan buat rumah lebih nyaman!


Cara Memasang Gorden – Gorden yang tepat dapat mengangkat mood suatu ruangan. Tidak hanya sebagai pelindung dari sinar matahari dan pemberi privasi, gorden juga memiliki peran dekoratif. Untuk mendapatkan gorden yang fungsional, cantik dan juga padu, terdapat beberapa langkah yang harus dilewati. Salah satunya adalah pemasangan gorden.

Pemasangan gorden yang benar itu amat penting lho, Toppers. Tak hanya tidak enak dilihat, pemasangan gorden yang salah juga bisa merusak gorden. Toppers tahu nggak cara memasang gorden yang benar?

Kerap kali, orang menggunakan jasa untuk pemasangan gorden, sehingga tidak tahu cara memasangnya sendiri. Nah, kalau kamu berpikiran untuk memasang gorden sendiri, berikut dijelaskan langkah-langkah memasang gorden. Semoga membantu!

baca juga: 14 Rekomendasi Merek Sprei Terbaik: Lembut, Berkualitas dan Nyaman!

Cara Memasang Gorden

Cara Memasang Gorden
Sumber Gambar: Pexels

Ketahui dulu jenis gorden yang kamu pasang, Toppers. Walaupun tidak begitu jauh berbeda, ada perbedaan dalam memasang berbagai jenis gorden.

1. Gorden Biasa

Untuk memasang gorden biasa, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Ukur kerangka bagian atas jendela.
  2. Tandai kedua ujungnya.
  3. Pasang penyangga rel sesuai titik-titik yang ditandai.
  4. Pasang gorden pada rel. Caranya, jika ada, masukkan dan telusurkan lubang-lubang gorden pada rel. Jika gorden kamu menggunakan bantuan cincin untuk memasangkan ke rel, masukkan cincin-cincin pada gorden ke rel, dan pasang kait-kait di tempat yang sudah disediakan satu per satu. Kaitkan tiap kait ke cincin di rel.
  5. Gantungkan rel pada penyangganya.
  6. Rapikan.

2. Gorden Berponi

Untuk memasang gorden berponi, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Siapkan penyangga rel yang bisa menyangga dua rel, ataupun lebih. Pasang pada bagian atas jendela seperti yang sudah dijelaskan di atas.
  2. Pasang gorden pada rel dengan cara memasang gorden biasa yang sudah dijelaskan.
  3. Gantungkan rel tersebut (rel pertama) di penyangga yang bersentuhan dengan jendela.
  4. Masukkan dan telusurkan lubang-lubang pada gorden poni di rel kedua. Gantungkan rel kedua di penyangga rel paling depan.
  5. Rapikan.

3. Gorden Kupu-Kupu

Untuk memasang gorden kupu-kupu, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pasang kaki stik di sisi atas dan bawah jendela. Di sisi bawah jendela, pasang kaki stik dengan posisi terbalik.
  2. Masukkan dan telusurkan stik pada kedua sisi gorden (atas dan bawah).
  3. Pasangkan stik pada kaki stik yang dipasangkan di bagian atas terlebih dahulu.
  4. Pasangkan stik pada kaki stik di bagian bawah.
  5. Rapikan.
  6. Pasang pita pada bagian tengah gorden.

baca juga: Referensi Model Gorden Minimalis untuk Percantik Rumah


Tips Memilih Gorden

Tips Memilih Gorden
Sumber Gambar: Pexels

Sekarang Toppers sudah tahu, kan, cara memasang gorden? Nah, selain cara memasang gorden, ada hal yang tak kalah pentingnya nih untuk kamu pikirkan. Apa lagi, kalau bukan pemilihan gorden itu sendiri! Banyak aspek dari gorden yang perlu kamu perhatikan, Toppers. Sebab, aspek-aspek itulah yang turut menentukan estetika gorden kamu, dan juga harmoni estetika gorden kamu dengan bagian lain dari ruangan.

1. Warna Gorden

Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah warna gorden. Warna yang lebih muda dan netral, seperti putih atau krem, dapat memberi kesan ruangan yang lebih besar, Toppers. 

Selain gorden jendela, ada pula gorden pintu lho, Toppers. Untuk gorden pintu, pilihlah warna yang lebih cerah tetapi kalem, seperti peach ataupun pink muda, supaya ruangan terasa lebih lega. Warna putih juga merupakan pilihan yang aman dan tidak pernah salah.

2. Bahan Gorden

Untuk ruangan yang besar, kamu dapat menggunakan gorden yang berbahan berat. Namun, untuk ruangan yang sempit, pilihlah gorden berbahan ringan.

3. Panjang Gorden

Panjang dari gorden juga dapat mempengaruhi kesan ruangan, Toppers. Contohnya, ruangan dengan gaya klasik dapat menggunakan gorden yang menyentuh lantai untuk memberi kesan megah. Gorden agak lebih panjang dan sedikit “menyapu” lantai juga bisa memberi kesan romantis, Toppers. Tetapi, jangan pula membuat gorden terlalu panjang, karena dengan begitu bagian bawah gorden akan sangat mudah kotor.

baca juga: Tips Memilih Keramik Dinding Dapur: Tingkatkan Mood Memasak


Demikian adalah cara memasang gorden dan juga beberapa tips tambahan untuk memilih gorden. Proses merancang, memilih, dan menata ornamen rumah memang punya daya tarik tersendiri.

Untuk kamu yang ingin mendekorasikan rumah, kamu bisa cek berbagai produk dekorasi dan furniture di Tokopedia!

perabot ruang tamu
Bikin ruang tamu dan keluarga senyaman munkgin dengan furniture terbaik di sini!

Penulis: Talitha Gati

© 2009-2024, PT Tokopedia