Mudik Lebaran dengan Kereta Api? Beli Tiket Mudik-mu di Tokopedia

8290
naik kereta api

Beli Tiket Kereta Api Online – Sudah tinggal beberapa bulan sebelum hari Lebaran tiba. Meski terasa masih sedikit lama, untuk Toppers yang ingin mudik dengan kereta api, pembelian tiket mudik sudah mulai harus dilakukan dari sekarang, lho! Nggak cuma agar nggak kehabisan tiket mudik Lebaran, tapi hal ini juga akan membantumu mendapatkan tiket kereta api untuk mudik Lebaran dengan harga yang miring. Apalagi, kini beli tiket mudik kereta api sudah bisa dilakukan dengan mudah secara online di Tokopedia.


Membeli tiket kereta api di Tokopedia jauh lebih cepat dan mudah tanpa proses yang berbelit-belit.

Dengan akun Tokopedia, kita bisa berbelanja berbagai keperluan, memesan tiket kereta api, hingga membeli pulsa. Jika kita belum memiliki akun Tokopedia, silakan registrasi terlebih dahulu di halaman daftar Tokopedia.

Setelah akun Tokopedia aktif, kita bisa langsung membeli tiket kereta api di halaman tiket.tokopedia.com/kereta-api.

Cara Membeli Tiket Kereta Api untuk Lebaran di Tokopedia

Langkah I – Cari Tiket

Pilih kota asal dan tujuan pada “Pilih Rute”, jika kolom diklik maka secara otomatis akan keluar pilihan kota-kota yang populer.

Namun jika tidak menemukan kota asal ataupun tujuan yang kita maksud, cukup ketik nama kota, maka akan keluar kota berserta stasiun yang dimaksud. Seperti contoh dibawah ini,

Cara Beli Tiket Kereta Api untuk Mudik Lebaran
Jika tidak terdapat di daftar kota populer, cukup ketik nama kota dan stasiun terpilih akan muncul

Setelah itu tentukan apakah kita akan melakukan sekali perjalanan atau pulang pergi.

  • Tiket satu kali perjalanan

Pilih tanggal keberangkatan dan tentukan jumlah penumpang (maksimum 4 orang) dan cari tiket.

  • Tiket kereta pulang pergi

Pilih waktu berangkat dan tanggal kepulangan kita dari kota tujuan. Isi jumlah penumpang (maksimum 4 orang) dan klik cari tiket.

Langkah II – Pilih Tiket

Di halaman Cari Tiket, kita akan mendapatkan tiket kereta yang tersedia dari rute dan waktu yang telah kita tentukan sebelumnya. Jika tidak sesuai, kita bisa kembali dengan mengklik Ganti Tanggal di ujung kanan atas.

Di sini kita mendapatkan kebebasan untuk memilih jenis kereta, waktu naik/keberangkatan kereta dan jenis kelas yang kita inginkan di panel sebelah kiri.

Ada juga informasi penting lainnya seperti harga, durasi/lama perjalanan, dan tentunya waktu berangkat dan tiba di tujuan.

Jika sudah menemukan tiket kereta yang sesuai, silakan mengklik “Pesan Tiket Pergi”.

Cara beli tiket kereta api untuk mudik di tokopedia
Tampilan halaman cari tiket kereta api untuk perjalanan dari Stasiun Gambir ke Stasiun Yogyakarta

Catatan: Untuk tiket pulang pergi, tampilan akan tetap sama seperti di atas. Yang membedakannya hanya tanggal serta kota keberangkatan & tujuan. Pemesanan tiket kepulangan akan muncul setelah mengklik “Pesan Tiket Pergi”.

Langkah III – Isi Data Penumpang

Setelah memilih tiket kereta yang kita inginkan, sekarang saatnya untuk mengisi data lengkap penumpang.

  • Data Pemesan

Informasi ini akan otomatis terisi jika kita mengisi data secara lengkap saat pendaftaran akun Tokopedia.

Catatan: Data pemesan bukanlah data yang terdapat di tiket kereta api yang dibeli. Kita harus mengisi lagi di data penumpang. Seorang pemesan bisa membeli tiket untuk orang lain tanpa harus ikut serta.

  • Data Penumpang

Berbeda dengan data pemesan, data penumpang adalah untuk penumpang yang akan naik kereta atau data yang terdapat pada tiket.

Di sini kita harus mengisi Nama Lengkap, Nomor Identitas, Nomor Telepon, dan Tanggal Lahir.

Di halaman ini juga terdapat rangkuman tiket yang telah kita pesan dan total yang harus kita bayar. Pastikan semua data telah sesuai dengan rencana perjalanan yang kita inginkan.

Berikut adalah tampilan untuk 1 penumpang kereta:

cara beli tiket kereta api online

Jika posisi kursi tidak bermasalah, kita bisa langsung mengklik “Lanjutkan ke Pembayaran” untuk menyelesaikan proses pembelian tiket kereta di Tokopedia.

Langkah IV – Pembayaran

Saat melanjutkan ke halaman pembayaran, kita memiliki waktu 10 menit untuk menyelesaikan sebelum transaksi dibatalkan.

Oleh karena itu kita harus siap sedia dengan cara pembayaran untuk tiket yang telah kita beli. Metode pembayaran untuk tiket.tokopedia.com bisa dilihat di halaman bantuan – pembayaran tiket kereta.

Setelah pembayaran telah selesai, maka kita akan diarahkan ke halaman pemberitahuan bahwa transaksi telah berhasil berikut dengan rincian pembayaran, kode booking KAI dan Order ID.

Selain itu, kita juga akan menerima email dan notifikasi sms bahwa transaksi telah berhasil untuk disimpan jika dibutuhkan suatu waktu.

Ramadan Ekstra

Apa itu Kode Booking KAI?

Setelah sukes melakukan transaksi, maka kita akan mendapatkan Kode Booking KAI yang dapat digunakan untuk mencetak tiket fisik.

Kode Booking KAI yang diterima melalui email atau sms tidak dapat digunakan untuk naik kedalam kereta api. Petugas akan meminta kita terlebih dahulu untuk mencetak tiket fisik lewat counter atau mesin tiket yang ada di stasiun.

Setelah tiket fisik dicetak dengan menggunakan kode booking, kita dapat menyerahkan tiket fisik dan KTP untuk mengvalidasi tiket kepada petugas sebelum memulai perjalanan.

Apa itu Order ID?

Order ID berguna sebagai nomor referensi apabila kita ingin memeriksa pesanan atau konfirmasi pembelian tiket kereta api di Tokopedia. Untuk memeriksa pesanan, bisa langsung ke halaman Cek Pesanan.

Masukkan nomor Order ID dan email dari akun Tokopedia yang kita gunakan untuk pemesanan dan pembayaran tiket kereta.


Nggak sulit bukan untuk mendapatkan tiket kereta api untuk mudik Lebaran secara online di Tokopedia? Yuk, segera temukan tiket mudik Lebaran-mu dan buat rencana mudik Lebaran terbaikmu bersama Tokopedia.

tiket kereta api

*Untuk informasi lebih lanjut, kita bisa mengakses halaman Bantuan – Tiket Tokopedia untuk informasi lengkap mengenai tata cara penggunaan situs tiket.tokopedia.com/kereta-api.

Bagikan Artikel