• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

8 Cara Membersihkan Kaca Aquarium Buram, Bisa Tanpa Kuras

Share

8 Cara Membersihkan Kaca Aquarium Buram, Bisa Tanpa Kuras

Punya aquarium tapi bingung cara merawatnya? Simak cara membersihkan kaca aquarium berkerak atau buram berikut ini.


Memelihara ikan di rumah merupakan hobi yang cukup menyenangkan. Selain itu, aquarium yang kamu pakai juga bisa digunakan untuk mempercantik ruangan, lho. Tampilan aquarium dengan ikan-ikan yang unik dan tanaman air yang cantik dapat menyegarkan mata di rumah. Namun jika tidak dirawat dengan baik, kaca aquarium bisa menjadi berkerak dan berlumut. Jika aquarium dibiarkan kotor, ikan peliharaan bisa menjadi tidak nyaman dan stres. Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan. Jangan khawatir karena cara membersihkan kaca aquarium tidak sesulit yang Toppers bayangkan!

Baca Juga: Berbagai Jenis Ikan Hias Aquarium: Percantik dan Hidupkan Hunian

Cara Membersihkan Kaca Aquarium

Untuk menjaga tampilan aquarium dan kenyamanan ikan, kamu perlu membersihkannya secara rutin. Berikut adalah beberapa bahan beserta cara efektif membersihkan kaca aquarium yang sudah berkerak atau buram.

1. Pasta Gigi

Cara Membersihkan Kaca Aquarium

Sumber Gambar: Unsplash

Salah satu cara yang terkenal ampuh untuk membersihkan kaca adalah menggunakan pasta gigi. Selain ampuh, pasta gigi juga sangat mudah dan terjangkau untuk didapatkan. Cara membersihkan kaca aquarium dengan pasta gigi adalah membilas kaca dengan bersih terlebih dahulu, lalu oleskan pasta gigi ke bagian yang berkerak atau berlumut. Biarkan selama beberapa menit lalu gunakan spons yang basah untuk membersihkannya.

2. Cuka dan Air Hangat

Cara Membersihkan Kaca Aquarium

Sumber Gambar: Shutterstock

Cuka juga ampuh dalam membersihkan kerak pada aquarium dan menghilangkan tampilan buram. Campurkan cuka dan air hangat dengan perbandingan 1:4, lalu semprotkan campuran tersebut ke kaca aquarium.Setelah kamu mendiamkannya selama 15-20 menit, gosok kacanya dengan kain kering hingga bersih dan bilas dengan air. Ulangi proses ini hingga kerak hilang sepenuhnya. Pastikan juga kacanya sudah bersih dari cuka karena cuka dapat membahayakan ikan.

3. Pembersih Lantai

Cara Membersihkan Kaca Aquarium

Sumber Gambar: Pexels

Untuk membersihkan kerak, Toppers juga bisa menggunakan pembersih lantai. Kamu hanya perlu menyiramkan pembersih lantai ke area kaca yang kotor dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu, siram lagi dengan pembersih lantai, kemudian sikat. Agar baunya cepat hilang, bilas dengan air hangat.

4. Pemutih Pakaian dan Detergen

Cara Membersihkan Kaca Aquarium

Sumber Gambar: Pexels

Selain untuk mencuci baju, pemutih pakaian dan detergen juga bisa dipakai untuk menghilangkan noda dari kaca aquarium. Siram dan sikat bagian berkerak dengan campuran detergen dan pemutih pakaian. Setelah itu, kamu tinggal bilas dengan air hangat dan rasakan tampilan aquarium yang tidak buram.

official store tokopedia

Official Store Tokopedia, gudangnya barang berkualitas dan terpercaya!

Baca Juga: Jenis Ikan Sapu-Sapu Hias untuk Percantik Akuarium

5. Jeruk Nipis

Cara Membersihkan Kaca Aquarium

Sumber Gambar: Pexels

Jeruk nipis memiliki kandungan asam yang bisa kamu gunakan untuk membersih kaca aquarium yang berkerak. Sebelum mulai membersihkannya, siram kaca aquarium dengan air terlebih dahulu. Sikat daerah yang berkerak dengan perlahan sampai noda sedikit terangkat, lalu teteskan air dari jeruk nipis dan tambahkan bubuk baking soda. Diamkan sampai efek jeruk nipisnya bereaksi, setelah itu bilas sampai bersih.

6. Ikan Pembersih (Ikan Sapu-sapu)

Cara Membersihkan Kaca Aquarium

Sumber Gambar: Shutterstock

Ada jenis ikan yang bisa kamu pelihara untuk membantu membersihkan kaca aquarium, yaitu ikan sapu-sapu. Ikan ini merupakan ikan hias yang sering dipelihara untuk membersihkan kaca aquarium bagian dalam. Badannya yang lengket memungkinkan ikan ini untuk membersihkan lumut atau kotoran. Namun, ikan sapu-sapu tidak dapat membersihkan kerak, melainkan hanya mengurangi risiko kaca berkerak.

7. Pembersih Kaca Aquarium

Cara Membersihkan Kaca Aquarium

Sumber Gambar: Neighbor

Cara yang paling efektif dalam membersihkan kaca aquarium adalah menggunakan cairan khusus pembersih kaca aquarium. Solusi ini juga sangat mudah untuk diterapkan. Kamu hanya perlu menyemprotkannya ke bagian yang kotor lalu bersihkan dengan spons. Kamu juga bisa mengulang proses ini jika kaca terlihat kurang berkilau.

8. Magnet Pembersih Kaca Aquarium

Cara Membersihkan Kaca Aquarium

Sumber Gambar: Epic Aquarium

Magnet pembersih kaca aquarium merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk membersihkannya. Alat ini dilengkapi oleh magnet pada bagian luar, dan sikat di bagian dalam. Dengan alat ini, Toppers bisa membersihkan kaca aquarium secara rutin tanpa perlu menguras aquarium..

Baca Juga: Ikan Hias Air Laut Populer yang Mudah Dirawat

Itulah beberapa cara membersihkan kaca aquarium yang Toppers bisa terapkan dengan mudah di rumah. Bersihkan aquarium secara rutin untuk menjaga tampilannya yang menarik dan kenyamanan ikan-ikan di dalamnya. Jika Toppers belum memiliki bahan dan alat untuk membersihkannya, kamu bisa mendapatkannya di Tokopedia!

mainan seru tokopedia

Kangen masa kecil? Yuk, nostalgia dengan mainan berkualitas di Tokopedia!

Penulis: Keefe Adrian

© 2009-2024, PT Tokopedia