• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Cara Membersihkan Udang agar Tetap Segar dalam 7 Langkah

12 May 2022

Share

Cara Membersihkan Udang agar Tetap Segar dalam 7 Langkah

Simak cara membersihkan udang yang cepat dan praktis berikut ini agar udang tidak bau amis dan tetap segar.


Cara Membersihkan Udang - Seafood merupakan santapan menyehatkan yang seringkali jadi favorit keluarga. Udang adalah salah satu menu andalan saat memakan seafood karena dapat disajikan dengan berbagai olahan bumbu, seperti asam manis, saus padang, goreng garing, bahkan balado. Dagingnya yang lembut dan kenyal membuat udang khususnya yang berukuran besar seperti udang galah menjadi favorit pecinta seafood. Selain itu, udang juga kaya akan gizi untuk kesehatan, seperti asam lemak Omega-3, Omega-6, Antioksidan, Yodium dan berbagai mineral penting yang sangat menyehatkan tubuh. Sebelum mengolahnya menjadi makanan lezat, udang perlu dibersihkan secara baik agar tidak amis saat disantap. Kamu juga bisa melepaskan bagian-bagian tubuh udang sesuai selera, seperti kepala, kaki, kulit, atau ekor udang. Berikut ini beberapa cara membersihkan udang yang bisa kamu ikuti.

tokopedia now

Belanja cepat sampai, pesanan dijamin masih segar. Yuk, belanja pakai Tokopedia NOW di Aplikasi Tokopedia!

Baca Juga: Cara Membersihkan Kepiting Sebelum Dimasak: Mudah & Cepat

Cara Membersihkan Udang

Secara garis besar, cara membersihkan udang galah atau udang besar agar rasanya tidak amis cukup sama. Perbedaan yang mencolok hanya terletak di ukuran udang tersebut. Berikut langkah yang bisa kamu ikuti untuk membersihkan udang galah atau udang biasa:

1. Bersihkan Udang dengan Air Dingin

Cara Membersihkan Udang

Sumber Gambar: Pexels

Langkah pertama dalam membersihkan udang adalah menempatkan udang ke dalam wadah, lalu cuci bersih dengan air dingin. Bersihkan udang hingga bersih dan tidak bau amis. Namun, apabila bau amis dari udang cukup mencolok dan berlendir, kamu perlu waspada karena udang sudah tidak segar lagi.

2. Cabut Kepala Udang

Cara Membersihkan Udang

Sumber Gambar: Pexels

Bagian yang satu ini bisa dibilang opsional sesuai selera. Jika kamu tidak menyukai kepala udang, kamu bisa mencabutnya dengan cara menarik atau memutar kepala udang hingga terlepas. Jika cukup sulit, kamu juga bisa memotong bagian kepala udang hingga bersih.

3. Lepaskan Kaki Udang

Cara Membersihkan Udang

Sumber Gambar: Pexels

Selain kepala, melepaskan bagian kaki udang juga merupakan cara yang opsional. Jika kamu khawatir kaki udang yang tajam akan melukai mulut, terutama saat disantap anak-anak, kamu bisa melepaskan bagian kaki ini. Caranya cukup mudah, kamu bisa memegang kaki udang dengan kuat, lalu tarik menuju ekor hingga terlepas, Toppers. Selain itu, kamu juga bisa melepaskan kaki udang satu persatu.

4. Lepas Kulit Udang

Cara Membersihkan Udang

Sumber Gambar: Pexels

Kulit udang seringkali dilepas karena teksturnya yang keras dan sulit untuk dikunyah. Untuk kamu yang ingin menyantap udang dengan tekstur yang lembut dan kenyal, lepas bagian kulit udang sebelum dimasak. Langkah ini dilakukan setelah kamu mencabut kepala dan kaki udang karena kulit udang dapat dengan mudah untuk dikupas. Untuk mengupasnya, kamu bisa menggunakan jari kuku atau pisau kecil, Toppers. Selain itu, kamu juga bisa memotong kulit udang yang melengkung dengan pisau.

5. Cabut Ekor Udang

Cara Membersihkan Udang

Sumber Gambar: Pexels

Bagian-bagian tubuh udang yang dibersihkan sebenarnya cukup opsional, Toppers. Untuk beberapa orang, mereka pasti senang untuk menyantap udang dengan ekornya karena memberikan tekstur yang renyah dan kriuk. Namun, apabila ingin mencabutnya, kamu bisa menariknya hingga lepas menggunakan jari atau pisau kecil, Toppers. Ekor udang juga seringkali dicabut karena khawatir dengan teksturnya yang keras dan tajam bagi mulut anak-anak.

6. Buang Kotoran Udang

Cara Membersihkan Udang

Sumber Gambar: Allrecipes

Cara membersihkan udang selanjutnya dengan membuang kotorannya di tengah punggungnya. Kamu bisa membersihkan kotoran udang dengan membelah bagian punggungnya secara perlahan. Hindari memotong terlalu dalam yang bisa membuatnya terbelah menjadi dua, Toppers. Kotoran udang berbentuk seperti benang yang panjang dan berpasir. Tarik dengan tangan secara perlahan dari ujung kepala hingga ke bawah.

7. Lumuri Perasan Jeruk dan Garam

Cara Membersihkan Udang

Sumber Gambar: A Duck's Oven

Setiap hewan laut atau seafood memiliki aroma yang cukup amis, Toppers. Untuk menghilangkan bau amis pada udang, kamu bisa melumurinya dengan perasan jeruk dan garam sebelum diolah. Caranya, cukup remas-remas udang yang sudah dibersihkan, lalu beri air perasan jeruk dan garam. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas hingga bersih.

Baca Juga: Cara Tepat Membersihkan Botol Pompa ASI

Itu dia beberapa cara atau langkah-langkah membersihkan udang sendiri di rumah. Kini, kamu tidak akan kesulitan dalam mengolah udang di rumah. Untuk bagian tubuh, seperti kepala, ekor, dan kulit udang, lepaskan bagian udang sesuai selera ya, Toppers. Selain udang, temukan aneka seafood segar lainnya secara mudah dan cepat dengan harga terbaik hanya di Tokopedia!

peralatan dapur tokopedia

Masak makin semangat di dapur yang terawat. Yuk, percantik dapur bersama Tokopedia!

Penulis: Zihan Berliana Ram Ghani

© 2009-2024, PT Tokopedia