• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Cara Membersihkan Virus dari Smartphone paling Praktis

Share

Cara Membersihkan Virus dari Smartphone paling Praktis

Cara Menghapus Virus HP – Merasa kinerja smartphone makin lemot? Atau sering mati dan restart dengan sendirinya? Mungkin itu artinya smartphone Toppers sudah mulai terinfeksi virus. Virus smartphone bisa masuk ke dalam smartphone dengan berbagai cara tanpa Toppers sadari.

Tentunya kehadiran virus seperti malware, adware, hingga trojan ini nggak cuma mengganggu kenyamanan tapi juga bisa merugikan Toppers, lho! Mulai dari rusaknya smartphone hingga dicurinya data-data pribadi yang Toppers miliki.

Sebelum membahas bagaimana cara mudah membersihkan smartphone dari virus-virus ini, simak dulu berbagai ciri smartphone yang terkena virus.

virus smartphone

Sumber gambar: Flickr

Ciri Smartphone yang Terinfeksi Virus

  1. Smartphone mulai restart dengan sendirinya dan aplikasi yang digunakan sering error/crash
  2. Munculnya iklan-iklan pop-up dengan sendirinya meskipun Toppers tak sedang membuka browser atau aplikasi
  3. Kinerja smartphone jadi lebih lambat alias lemot.
  4. Smartphone sering menginstall atau mengupdate aplikasi tak jelas yang tak pernah Toppers install sebelumnya dengan sendirinya.
  5. Perhatikan jumlah RAM, smartphone yang terkena virus umumnya jumlah RAM-nya berkurang jauh lebih banyak dan tak sebanding dengan aplikasi dan penggunaanya.
power bank

Baca Juga: Antivirus Terbaik, Jaminan Aman untuk PC dan Laptop

Cara Membersihkan Virus Smartphone

Setelah Toppers yakin jika smartphone atau tablet yang digunakan terinfeksi virus, berikut adalah beberada cara membersihkan virus dari gadget yang Toppers miliki.

1. Gunakan Antivirus

Cara paling praktis untuk membersihkan gadget dari virus adalah dengan mengunduh aplikasi antivirus dan lakukan pemindaian alias scanning untuk mendeteksi virus yang ada lalu hapus. Keberadaan antivirus juga bisa mencegah kembalinya virus menginfeksi smartphone.

Beberapa jenis antivirus yang bisa Toppers coba adalah Line Antivirus, Avira, AVG Antivirus, dan berbagai aplikasi antivirus lain yang bisa dengan mudah diunduh.

2. Tanpa Antivirus – Lakukan Factory Reset

Jika Toppers nggak memiliki antivirus, alternatif cara menghapus virus pada gadget adalah dengan melakukan factory reset alias hard reset. Factory reset akan mengembalikan gadget pada setting-an awal saat smartphone dibuat sehingga semua aplikasi, data, termasuk juga virus akan dihapus sampai bersih.

Untuk itu selalu ingat untuk melakukan backup data agar data-data penting yang ada di smartphone bisa diselamatkan.

Baca juga: Factory Reset Smartphone Android dan iOS, Bagaimana Caranya?

3. Manfaatkan Fitur Safe Mode untuk Menghapus Virus

Selain antivirus dan factory reset, Toppers bisa memanfaatkan fitur safe mode untuk menghapus berbagai aplikasi yang terindikasi sebagai virus. Berikut cara mudah membersihkan virus smartphone lewat fitur safe mode:

– Masuk ke safe mode
Masuk ke pengaturan dan aktifkan “Safe Mode”. Fitur ini berfungsi untuk menon-aktifkan semua aplikasi kecuali aplikasi inti yang dibawa sistem sejak awal. Dalam mode ini, Toppers jadi lebih mudah mendeteksi file-file sampah seperti cache dan tentunya virus.

– Cek Aplikasi
Lakukan pengecekan aplikasi dengan masuk ke menu “Setting”, pilih “Apps” dan pilih “Downloaded”. Pada saat “Safe Mode” semua aplikasi baru yang Toppers install sendiri akan menghilang. Namun, karena virus masuk ke dalam sistem, maka aplikasi virus ini akan muncul meskipun pada saat “Safe Mode”.

– Hapus Aplikasi Mencurigakan
Jika Toppers menemukan aplikasi mencurigakan, langsung klik dan pilih “Uninstall” untuk menghapus virus. Terkadang aplikasi tak bisa dihapus karena telah mendapatkan “Akses Administrator”. Untuk itu, Toppers perlu menghapus terlebih dahulu “Akses Administrator” dari aplikasi tersebut.

– Hapus akses administrator aplikasi asing
Untuk menghapus “Akses Administrator” dari aplikasi virus, pergi ke menu “Settings”, buka tab “Security”, dan pilih “Device Administrator”. Hilangkan akses administrator aplikasi mencurigakan tersebut. Selanjutnya, kembali ke “Application Settings” dan uninstall aplikasi mencurigakan tersebut.

Jangan lupa, setelah melakukan semua tahap ini, non-aktifkan fitur “Safe Mode” agar smartphone bisa kembali bekerja dengan normal

virus smartphone

Sumber gambar: Max Pixel

Tips Mencegah Smartphone Terkena Virus

Kini Smartphone-mu sudah terbebas dari virus. Untuk mengindari smartphone kembali terinfeksi virus, berikut tips mencegah virus menginfeksi smartphone yang perlu Toppers ketahui:

1. Selalu pastikan smartphone memiliki Antivirus
Antivirus pada smartphone berfungsi sebagai firewall yang akan mencegah virus ikut masuk kedalam smartphone saat Toppers tengah menginstall aplikasi atau melakukan pencarian tertentu pada browser

2. Install Aplikasi melalui App Store resmi
Jika Toppers memang membutuhkan aplikasi tambahan, selalu gunakan aplikasi toko resmi bawaan smartphone yang memang sudah terbukti aman. Seperti Playstore pada android, ataupun App Store pada IOS.

3. Hindari menggunakan WiFi sembarangan
Memanfaatkan WiFi gratis memang sangat menggoda, tapi tahukah Toppers jika melalui koneksi WiFi virus juga bisa mudah berpindah kedalam gadget-mu? So, hindari menggunakan WiFi gratis mencurigakan yang tak jelas dari mana asalnya, ya.

4. Link mencurigakan? Jangan di-klik!
Mendapatkan email atau sms yang berisi link mencurigakan? Jangan pernah melakukan klik atau membuka email ataupun aplikasi yang mencurigakan. Hal ini juga bisa berpotensi menyisipkan virus ke dalam gadget-mu.

Baca juga: Perpanjang Umur Smartphone Kamu dengan Cara Ini!

Dengan berbagai tips mencegah virus masuk ke smartphone dan juga cara menghapus virus pada smartphone, pastinya mudah bagi Toppers kini untuk memastikan semua gadget yang dimiliki bebas dari virus-virus malware, adware, trojan, dan virus menyebalkan lainnya, bukan?

anti gores smartphone

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

25 HP Gaming Murah Terbaik 2024, Andal tanpa Mahal
Gadget dan Teknologi
25 HP Gaming Murah Terbaik 2024, Andal tanpa Mahal
© 2009-2024, PT Tokopedia