• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Cara Memilih Sayuran yang Baik dan Segar: Aman untuk Kesehatan!

Share

Cara Memilih Sayuran yang Baik dan Segar: Aman untuk Kesehatan!

Memilih sayuran yang segar tidak bisa sembarangan dilakukan. Simak cara memilih sayuran yang baik dan segar di bawah ini!

Mengonsumsi sayuran setiap harinya sangatlah penting untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan sayuran mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya yang diperlukan oleh tubuh, seperti antioksidan serta serat. Selain itu, ada banyak manfaat sayuran, mulai dari menjaga kesehatan kulit, mengurangi risiko penyakit jantung, mengatasi inflamasi, mendukung kesehatan mata, hingga mencegah kanker. Namun, perlu diingat bahwa sebelum mengonsumsi sayuran, pastikan kamu telah memilih sayuran yang baik dan segar. Dengan begitu, manfaat yang didapatkan dari sayuran juga lebih maksimal. Nah, agar Toppers tidak salah saat memilih sayuran, yuk, simak cara memilih sayuran yang baik di bawah ini!

BACA JUGA: Cara Membersihkan Udang agar Tetap Segar dalam 7 Langkah

Cara Memilih Sayuran yang Baik

cara memilih sayuran yang baik

Sumber Gambar: Freepik

Tidak semua orang mengetahui cara memilih sayuran yang baik dan segar. Hindarilah memilih sayuran yang daunnya sudah layu dan cenderung kecoklatan. Lebih lengkapnya lagi, berikut adalah beberapa cara memilih sayuran yang baik untuk kamu ikuti:

1. Perhatikan Warna Sayuran

Pertama-tama, cara memilih sayuran yang baik adalah dengan melihat warna sayuran. Pilihlah sayuran dengan warna yang hijau segar dan tidak pucat. Sebaliknya, hindari sayuran yang berwarna pucat seperti hijau muda ataupun cenderung kuning kecoklatan. Warna yang pucat menandakan bahwa kesegaran dan kualitas sayur sudah berkurang dibandingkan sebelumnya, Toppers.

2. Memilih Daun yang Tidak Layu

Berbeda dengan sayur beku atau yang sudah disimpan lama, sayur yang segar mempunyai kandungan nutrisi yang lebih baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, penting untuk Toppers memilih sayur yang memiliki kondisi daun yang segar. Jangan memilih warna daun yang sudah layu atau kecoklatan. Hal ini dikarenakan warna kecoklatan menandakan bahwa sayuran sudah mulai memasuki masa pembusukan. Cara memilih sayur yang baik satu ini bisa kamu aplikasikan pada sayuran yang memiliki helai daun, yakni, daun singkong, bayam, kangkung, dan lain sebagainya.

3. Hindari Sayuran Lembek dan Bau

Kriteria selanjutnya dari sayur yang baik adalah tidak lembek dan tidak berbau busuk. Apabila, Toppers melihat sayuran tersebut sudah bertekstur lembek dan mengeluarkan bau busuk, sebaiknya jangan dipilih. Alasannya, sayuran tersebut mungkin sudah tidak layak lagi untuk dikonsumsi. Namun, perlu diperhatikan pula bahwa kadangkala sayuran mungkin memiliki bau, tapi bau tanah. Jadi, bau tanah dalam sayuran adalah hal yang wajar, Toppers!

tokopedia now

Belanja cepat sampai, sayur dijamin masih segar. Yuk, belanja pakai Tokopedia NOW di Aplikasi Tokopedia!

Baca Juga: Mie Ramen Instan Terenak: Mie Kenyal dengan Beragam Pilihan Rasa

4. Pilihlah yang Belum Dibersihkan

Di pasar, mungkin Toppers sering melihat sayuran yang dijual dalam kondisi belum dibersihkan ataupun dicuci. Alhasil, biasanya sayuran ini memiliki sedikit tanah, lumpur, ataupun pasir yang masih menempel. Tidak perlu khawatir dengan hal ini, Toppers. Tanah pada permukaan sayur justru mengindikasikan bahwa sayur tersebut masih segar.

5. Perhatikan Tekstur Sayuran

Perhatikan pula tekstur sayuran untuk mendapatkan sayur terbaik yang masih segar. Setiap jenis sayur memiliki tekstur yang berbeda-beda. Lantas, bagaimana cara memilih sayuran batang yang baik? Cara memilih sayuran bunga yang baik? Cara memilih sayuran buah yang baik? Temukan jawabannya di bawah ini:

  • Sayuran daun (bayam, kangkung, sawi): Daun yang bolong mengindikasikan sayuran sehat dan tidak mengandung pestisida karena hewan kecil seperti ulat mau makan daun tersebut.
  • Sayuran bunga (brokoli, kembang kol): Terdapat serat-serat halus pada bagian bunganya.
  • Sayuran buah (tomat, paprika): Tidak lembek.
  • Sayuran batang (rebung, asparagus, talas): Mudah dipatahkan, tidak berlendir, dan tidak ada bercak hitam.
  • Sayuran umbi (wortel, bengkuang, kentang): Cenderung kasar, tidak keriput, dan tidak berlubang.

6. Belilah Sayur di Pagi Hari

Bila Toppers membelinya di pasar, sebaiknya pergilah saat pagi hari karena biasanya sayuran di pagi hari umumnya masih segar dan belum menunjukkan tanda-tanda rusak. Namun, saat siang hari, sayuran seringkali sudah tidak sesegar saat pagi hari. Tentu, ini akan memengaruhi nutrisi yang kamu dapatkan dan rasanya.

Baca Juga: Resep Kue Jahe, Camilan Gurih Natalan yang Melegakan Tenggorokan

Nah, itulah cara memilih sayuran yang baik yang bisa kamu coba, Toppers. Ingatlah untuk makan sayuran setiap harinya agar tubuh semakin sehat. Kamu juga bisa temukan berbagai sayuran dengan mudah dan harga terjangkau hanya di Tokopedia. Yuk, kunjungi Tokopedia sekarang juga dan penuhi kebutuhanmu!

makanan sehat, camilan sehat

Ingin ngemil tapi tetap sehat? Ini solusinya, Toppers!

Penulis: Oeren Lee

┬ę 2009-2024, PT Tokopedia