• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Cara Menambah Followers Instagram dan Social media Lainnya

Share

Cara Menambah Followers Instagram dan Social media Lainnya

Cara Menambah Followers Instagram – Dengan lebih dari 700 juta pengguna bulanan aktif, Instagram adalah sosial media paling populer di beberapa tahun belakangan ini. Dengan banyaknya selebgram yang bermunculan hanya karena modal followers yang banyak, banyak sekali orang yang berburu followers, bahkan sampai membelinya dengan harga yang tidak murah.

Tapi bagaimana cara menambah followers Instagrammu? Mendapatkan lebih banyak followers Instagram harus menjadi prioritas utama untuk bisnis apa pun yang menggunakan Instagram, bisnis besar seperti company ataupun bisnis perorangan seperti menjadi selebgram.

Ini dia cara menambah followers Instagram dan social media lainnya:

Baca juga: Mau Terkenal di Instagram? Ini Cara Menjadi Selebgram

Cara Menambah Followers Instagram dengan Mudah

cara dapat follower instagaramSumber gambar: Pexels

Tentukan Target Audience dan Niche

Sebelum memposting foto pertamamu, pastikan terlebih dahulu target audience. Jika misalkan kamu seorang blogger ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan followers, maka target audience-mu kemungkinan besar akan menjadi ibu rumah tangga lainnya. Karena itu, apapun foto dan deskripsi yang di posting harus tetap pada niche yang sama.

Namun, jika kamu adalah pelatih fitness, maka target audience-mu kemungkinan besar akan menjadi orang yang tertarik dengan kehidupan sehat yang dapat mencakup usia mulai dari orang yang lebih muda hingga usia yang jauh lebih tua, baik pria maupun wanita.

Post atau fotomu masih harus mencerminkan pesan yang mau kamu sampaikan kepada para followers-mu, dan posting dengan quote inspirasional dapat menjadi bantuan besar saat mengembangkan followers-mu dan pada saat stuck memikirkan caption.

Jadi jangan lupakan para followers-mu. Pikirkan apa yang mungkin akan menarik perhatian mereka untuk tetap follow akunmu dan berpotensi mendapat followers baru dengan tetap stay dengan niche yang sama.

Gunakan Hashtag

Tidak masalah apakah kamu memiliki followers sedikit atau banyak, hashtag penting untuk selalu digunakan dalam setiap post Instagram. Instagram memudahkan pengguna mengetik kata kunci (hashtag) untuk menemukan hal baru yang kamu sukai, bahkan kamu sekarang bisa mem-follow hashtag.

Oleh karena itu, menemukan hashtag yang tepat untuk digunakan untuk fotomu sangat penting untuk pemasaran Instagram yang efektif. Tapi jangan terlalu banyak menggunakan hashtag juga dalam satu post, ya!

Post Foto yang Menarik

Instagram bagaikan album foto elektronik, tapi tidak cukup hanya dengan memotret, menambahkan deskripsi dengan beberapa hashtag saja, lho. Kamu perlu membuat fotomu menarik sehingga membuat orang ingin berinteraksi di foto tersebut. Hal inilah yang disebut dengan engagement.

Selain memilih gadget dengan fitur kamera yang muktahir, bekali juga dengan berbagai aplikasi edit foto. Ada banyak aplikasi smartphone dan tablet untuk membantumu menciptakan gambar yang menonjol dan menarik dari yang lain. Aplikasi standar yang biasanya para Instagrammer gunakan adalah VSCO cam.

Aplikasi edit foto di smartphone sangat berguna karena aplikasi ini memberikan kamu opsi pengeditan di luar apa yang ditawarkan di aplikasi Instagram. Kamu bisa mendapatkan pilihan seperti teks, stiker dan opsi filter tambahan untuk benar-benar membantumu membuat foto yang indah.

Post Video

Meskipun Instagram dibangun di atas premis untuk berbagi foto, kamu juga dapat berbagi klip video singkat sebagai fitur barunya.

Ini berarti kamu dapat meluangkan waktu untuk membuat video yang menakjubkan menggunakan komputer atau bahkan hanya cukup smartphone saja lalu mengunggahnya ke akun Instagram.

Jika kamu suka mengedit video melalui software komputer, hasil videomu akan lebih baik dan potensi like dan engagement pun akan bertambah bersamaan dengan followers.

cara dapat followers instagramSumber gambar: Maxpixels

Rutin Post, tetapi Jangan Terlalu Sering

Sama seperti platform media sosial lainnya, kamu perlu mem-posting di Instagram secara konstan, tapi jangan sampai berlebihan.

Sebagai aturan umum, paling baik adalah mem-posting setiap harinya sebanyak satu kali. Ingat juga kualitas dibandingkan kuantitas lebih penting. Satu foto dalam sehari yang sangat bagus dapat mendapatkan engagement yang banyak dibandingkan dengan lima foto dalam sehari yang tidak berkualitas tanpa engagement.

Jika sudah sering posting, kamu akan tahu kapan waktu terbaik yang dapat memberikan paling banyak interaksi dari followers dan kamu dapat menentukan jamnya. Biasanya yang ideal adalah di jam-jam sore seperti jam 4 sampai 7 malam.

Berinteraksi dengan Followers

Instagram adalah platform sosial yang sangat interaktif. Untuk mendapatkan pengikut atau followers, kamu perlu berinteraksi dengan mereka. Balas comment dari para followers untuk berinteraksi dengan mereka agar mereka juga merasa ‘terlibat’.

Like Foto pengguna Instagram Lainnya

Selain untuk mencari inspirasi foto-fotomu, kamu juga dapat me-like foto pengguna lainnya, bahkan pengguna yang tidak kamu follow. Dengan begitu, exposure akun-mu akan lebih luas dan akan lebih banyak orang yang melihat akun-mu.

Comment dan Berinteraksi dengan Pengguna Lainnya

Komentar dan @mentions adalah bagian besar dari komunikasi di Instagram dan berhubungan dengan orang lain. Jika kamu menemukan pos yang sudah Anda sukai, luangkan waktu untuk memberi komentar. Dengan ini, kamu juga mendapatkan exposure lebih ke banyak orang dan kemungkinan dapat di-follow si akun tersebut jika mereka tertarik dengan comment dan fotomu.

Tagging

Tagging foto bersama teman dan di lokasi-lokasi dapat menambah exposure akun Instagram-mu dan berpotensi menambah followers. Jadi jangan lupa untuk selalu melakukan tagging. Foto yang kamu tag di lokasi dapat dilihat orang jika orang tersebut mencari lokasi itu.

Baca juga: Cara Cek Kuota Internet Mudah Berbagai Provider Internet

Nah, setelah melihat tips menambah follower Instagram di atas, kamu pasti bisa mendapatkan followers yang banyak tanpa harus bayar untuk beli likes dan followers. Followers dan likes yang natural akan lebih baik dan pastinya juga jujur. Good luck, Toppers!

smartphone kamera bokeh

Share

Namira FazaNamira Faza

Related Articles

13 Sepeda Listrik Terbaik 2024, Awet dan Ramah Lingkungan
Hobi dan Gaya Hidup
13 Sepeda Listrik Terbaik 2024, Awet dan Ramah Lingkungan
© 2009-2024, PT Tokopedia