• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Cara Mencegah Osteoporosis Sejak Dini, Hindari Selagi Mampu!

Share

10 Cara Mencegah Osteoporosis Sejak Dini, Hindari Selagi Mampu!

Hindari sebelum terlambat! Agar tetap dapat berdiri tegak di usia tua, simak cara mencegah osteoporosis sejak dini berikut ini!


Cara Mencegah Osteoporosis – Umumnya, manula yang mengalami osteoporosis merupakan perempuan, bahkan hampir setengah perempuan yang berusia 60 tahunan terjangkit penyakit ini. Sebagian kecil akan mengalami kerentanan patah tulang. Sebagian besarnya tidak dapat berjalan lagi.

Sayangnya lagi, osteoporosis bukan berarti hanya terjadi pada perempuan. Kaum adam pun tidak imun terhadap penyakit ini. Siapa saja dapat mengalaminya terlepas dari faktor biologis jenis kelamin.

Selama kebiasaan yang akan menimbulkan risiko penyakit ini dilakukan, tubuh kita dapat terjangkit osteoporosis.

Osteoporosis bukanlah penyakit baru. Penyakit ini muncul akibat lingkungan dan kebiasaan yang kurang, bahkan tidak baik terhadap kesehatan. Sulit untuk menghindarinya, namun bukan berarti kita tidak dapat mencegah osteoporosis.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mencegah osteoporosis. Mau tahu? Simak beberapa cara mencegah osteoporosis sejak dini berikut ini!

Baca Juga: 10 Kebiasaan Penyebab Osteoporosis yang Harus Dihindari

1. Jangan Konsumsi Minuman Bersoda

Minuman berkarbonasi atau bersoda semacam soft drink, sampanye, dan sparkling water memiliki dampak yang buruk terhadap kesehatan tubuh kita. Minuman seperti itu membuat kandungan zat besi terlepas dari tulang.

Misalnya, kalsium yang berisiko mengalami pelepasan. Belum lagi minuman-minuman berkarbonasi memiliki kandungan kadar fosfat yang berlebihan.

Jelas, hal ini akan mempercepat pelepasan kalsium dan membahayakan kondisi tulang kita.

2. Kurangi Kafein

Bagi para penanti senja yang menikmati kopi setiap harinya, wajib banget buat mengetahui bahwa kebiasaan mengonsumsi kopi itu berbahaya, loh.

Popularitas perkopian memang sedang boomingbooming-nya, namun gaya hidup konsumtif ini menyimpan pengaruh buruk terhadap kesehatan kita.

Setiap kali mengonsumsi satu cangkir minuman berkafein, tulang akan kehilangan 150 mg kalsium. Kalsium yang tersebut akan keluar melalui air urin.

3. Diet Protein

Apabila mengonsumsi asupan protein yang berlebihan, tubuh akan mengalami proses penyeimbangan protein. Secara otomatis, tubuh mengeluarkan protein berlebih.

Akibatnya, tubuh pun dapat membuang kalsium karena zat besi ini dianggap berlebihan. Dengan kata lain, diet proteinlah secara benar. Kita dapat mengaturnya dengan pola makan yang sehat.

4. Ubah Pola Makan

Cara mencegah osteoporosis lainnya adalah menerapkan pola makan yang sehat. Jauhi mengonsumsi gula secara berlebihan dan mulailah konsumsi asupan yang kaya serat.

Gula yang berlebihan dapat menyebabkan osteoporosis. Di samping itu, asupan berserat membantu sistem pencernaan dan metabolisme tubuh.

5. Perkaya Asupan Kalsium

Tidak semua kalsium merupakan zat yang baik bagi tubuh kita. Ada juga kalsium yang memiliki pengaruh buruk. Salah satunya kalsium karbonat. Kalsium karbonat sulit dicerna tubuh. Selain itu, zat tersebut pun mengurangi kualitas asam lambung.

Kalsium terbaik yang patut kita konsumsi adalah kalsium sitrat dan kalsium hidroksiapatit. Dengan dosis yang tepat, tubuh kita pun dapat menjaga asupan kalsium yang dibutuhkan tulang.

jual susu kambing
Mau minum susu kambing dengan rasa enak dan pasti kaya vitamin yang baik untuk tubuh kamu? Pesan aja langsung Susu Kambing berkualitas di Tokopedia!

Baca Juga: Kandungan & 15 Manfaat Susu Sapi untuk Kesehatan dan Kecantikan

6. Hindari Obat-obatan yang Berdampak Buruk pada Asam Lambung

Terkadang, orang-orang mengonsumsi obat tertentu untuk mengurangi atau mencegah kemunculan asam lambung. Padahal, asam lambung memiliki fungsi biologis dalam sistem pencernaan kita.

Asam lambung memiliki tugas penting untuk menyerap kalsium, zinc, dan magnesium.

7. Biarkan Kulit Terpapar Cahaya Matahari

Alam selalu memberi kebermanfaatan pada diri kita. Misalnya, sinar matahari. Meskipun sengatan panas matahari cukup mengganggu, cahaya matahari ternyata memiliki manfaat kesehatan, lho.

Ketika kulit kita terpapar cahaya matahari, vitamin D akan diproduksi. Vitamin D inilah yang nantinya akan membantu penyerapan kalsium sehingga kesehatan tulang kita membaik.

8. Olahraga

Berolahraga bukan hanya menjauhkan kita dari gaya hidup sedentari saja. Olaharaga pun membantu tulang kita meningkatkan kepadatannya. Rutinlah melakukan olahraga agar tulang kita semakin aktif digunakan.

9. Kurangi Stres

Siapa sangka bahwa stres juga berkaitan erat dengan risiko osteoporosis?

Ketika seseorang mengalami stres, tingkat kortisol akan meningkat. Dampaknya adalah penyusutan atau perapuhan tulang (bone loss). Dengan mengurangi stres, artinya kita telah mengikuti salah satu cara mencegah osteoporosis yang tepat.

10. Lakukan Pemeriksaan Hormon

Terakhir, rutinlah melakukan pemeriksaan hormon. Estrogen, testosteron, dan hormon lainnya memiliki peran penting dalam melindungi tubuh dari penyakit osteoporosis.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Tulang dan Gigi dengan 10 Merk Suplemen Kalsium Terbaik

Kesehatan tubuh kita sangat penting untuk dijaga. Apalagi, penyakit osteoporosis dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Sebelum kita terjangkit penyakit itu, ada baiknya kita mengetahui cara mencegah osteoporosis sejak dini!

produk kesehatan
Temukan berbagai kebutuhan produk kesehatan terjamin yang aman dan lengkap di sini!
© 2009-2024, PT Tokopedia