• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

5 Cara Mencuci Masker Kain Yang Benar: Aman dari Virus

Share

5 Cara Mencuci Masker Kain Yang Benar: Aman dari Virus

Jangan sampai keliru, inilah cara mencuci masker kain yang benar. Simak langkah-langkahnya dengan benar agar bebas dari virus dan bakteri!


Cara Mencuci Masker Kain – Selain menunjang penampilan karena memiliki model dan motif yang lebih beragam, kini melapisi masker sekali pakai dengan menggunakan masker kain sangat dianjurkan untuk perlindungan ekstra. Dengan menggunakan masker kain, perlindungan dari virus akan lebih maksimal karena tidak ada celah antara kulit dengan masker.

Kamu perlu menggunakan masker dengan baik ke mana pun kamu keluar dari rumah seperti saat pergi ke minimarket atau mengambil paket. Karena masker adalah barang yang esensial, tentunya kamu harus tahu cara mencuci masker kain yang benar.

Cara Mencuci Masker Kain Yang Benar

Cara Mencuci Masker Kain Yang Benar
Sumber gambar: Unsplash

Tak seperti disposable mask atau surgical mask yang hanya bisa digunakan satu kali, masker kain adalah pilihan yang ekonomis karena dapat digunakan berkali-kali. Sebagai salah pelindung diri yang paling penting, kamu harus mencuci masker kain dengan benar.

Masker kain yang tidak dicuci dengan benar membuat tidak nyaman saat digunakan. Agar masker yang kamu gunakan bersih dan nyaman dipakai, yuk, simak cara mencuci masker kain yang benar di bawah ini:

Baca Juga: 15 Merk Disinfektan Spray: Ampuh Hilangkan Bakteri, Virus, dan Bau

Waktu Mencuci Masker

Waktu Mencuci Masker
Sumber gambar: Pixabay

Kamu perlu mencuci masker kain ketika pertama kali membelinya. Meski terlihat bersih, akan ada banyak kotoran dalam proses penjahitan dan pengemasan masker kain.

Selain itu, kamu juga perlu secara rutin mencuci masker kain setiap satu kali pemakaian. Hindarilah pemakaian masker kain berulang apalagi jika sampai digunakan berhari-hari.

Jika kamu menggunakan aksesoris seperti connector masker, ada baiknya untuk mencucinya bersamaan dengan masker secara rutin. Agar tak bingung, ini dia beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan demi menjaga masker tetap higienis.

1. Simpan Masker Kain Kotor

Simpan Masker Kain Kotor
Sumber gambar: Unsplash

Jika masker kain yang kamu gunakan terkena kotoran atau basah, kamu harus segera menggantinya. Oleh karena itu, sangat penting untuk membawa masker cadangan saat kamu pergi ke luar rumah untuk waktu yang lama.

Saat masker sudah dilepaskan, kamu bisa menyimpannya dalam kantong plastik atau tempat menyimpan masker khusus agar tidak mengotori tanganmu atau barang lain.

2. Rendam dengan Sabun

Langkah awal dari cara mencuci masker kain adalah dengan merendamnya menggunakan sabun atau deterjen. Terdapat perbedaan rekomendasi mengenai suhu air yang digunakan saat mencuci. Namun, The University of Utah Health merekomendasikan untuk mencuci masker dalam air panas tepatnya 71,1 derajat Celcius.

masker medis evo
Hindari polusi, debu dan kuman penyebab penyakit dengan masker pilihan berwarna menarik!

3. Cuci Masker Kain

Setelah direndam, kamu bisa langsung menguceknya dan menghilangkan beberapa kotoran yang menempel pada masker. Jika kamu ingin mencuci masker kain menggunakan mesin cuci, kamu juga bisa menyatukannya dengan pakaian lain.

Hal yang paling penting dari mencuci masker adalah pada saat pembilasan. Pastikan bilas masker kain dengan air bersih hingga tidak ada kotoran atau sisa sabun yang tertinggal.

Sisa sabun yang ada pada masker kain bisa menimbulkan bau yang menyengat saat digunakan bahkan menyebabkan iritasi pada kulit wajah.

4. Menjemur Masker Kain

Menjemur Masker Kain
Sumber gambar: Pixabay

Setelah mencuci masker, peras sisa air bilasan. Sangat dianjurkan untuk langsung menjemurnya. Akan lebih baik jika kamu menjemur masker kain langsung di bawah sinar matahari agar masker kain cepat kering.

Kamu bisa menggunakan pengering baju yang ada pada mesin cuci. Namun pilihlah mode pengering tanpa panas. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan hair dryer untuk membantu mengeringkan masker kain.

5. Menyetrika Masker Kain

Menyetrika Masker Kain
Sumber: Unsplash

Seperti baju pada umumnya, masker kain juga perlu kamu setrika. Beberapa bahan kain dalam masker kain akan terlihat kusut setelah kamu peras sehingga kamu perlu menyetrikanya agar terlihat rapi.

Eits, menyetrika masker kain tak hanya memiliki fungsi estetika, lho! Menyetrika baju juga dapat membantu menghilangkan mikroba pada kain sehingga masker kain lebih steril.

baca juga: 3 Cara Membersihkan Mesin Cuci sesuai Jenisnya


Nah, itulah cara mencuci masker kain katun, satin, dan masker kain lainnya. Setelah mencuci masker kain, jangan lupa untuk mencuci tangan, ya, Toppers!

Pastikan kamu memiliki banyak stok masker kain untuk dijadikan masker cadangan saat bepergian. Masker kain cadangan juga diperlukan untuk digunakan saat masker kain lain belum dicuci atau masih berada dalam jemuran.

Sudah siap untuk mencuci masker kain? Temukan deterjen dan masker kain cadangan hanya di Tokopedia sekarang juga!

jual perabotan rumah tangga
Ingin mengisi perabatan rumah tapi budget terbatas? Lengkapi segera dengan barang termurah dan berkualitas terbaik di sini!
© 2009-2024, PT Tokopedia