• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan di Era Pandemi

Share

Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan di Era Pandemi

Pandemi ternyata membuka banyak peluang untuk mendapatkan penghasilan. Bagi kamu yang tertarik, berikut caranya untuk mendapatkan penghasilan tambahan.


Jumlah pemasukan perbulan menjadi hal yang sangat dibutuhkan dalam menghidupi setiap orang untuk membeli makan, barang, kebutuhan bulanan, dan keperluan lainnya yang dibutuhkan.

Namun, terkadang jumlah pemasukan yang kita didapatkan dari bekerja, orang tua, atau suami belum mencukupi atau masih ada yang harus ditambahkan.

Dengan berkembangnya zaman, kini kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan hanya di rumah saja lho, Toppers.

Kegiatan ini bisa dilakukan sesuai dengan hobi atau minat yang kamu miliki sehingga sangat menyenangkan. 

Ada banyak platform media sosial yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan bakat atau jasa yang kamu tawarkan, Toppers. Untuk kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, simak cara berikut ini.

Cari Uang Tambahan dengan Cara Ini

Mulai dari meluangkan waktu untuk bermain game hingga menjadi konten kreator, semua hal yang kita suka tentunya bisa menjadi ladang penghasilan tambahan sehari-hari. Berikut ini cara-cara yang bisa kamu ikuti:

1. Bermain Game

cara mendapatkan penghasilan tambahan
Sumber Gambar: Freepik

Bermain game merupakan aktivitas yang menyenangkan saat mengisi waktu luang, banyak game yang dapat memacu adrenalin atau petualangan. Namun, tahukah kamu bahwa bermain game dapat memberikan penghasilan tambahan? 

Dengan menjamurnya game online di Tanah Air, kini kamu bisa memanfaatkan waktu luang bermain game menjadi ladang penghasilan yang bisa kamu lakukan di rumah. 

Ada banyak pilihan yang kamu lakukan, seperti menjadi streamer game di berbagai platform, seperti Twitch, YouTube, NIMO TV, atau Facebook; pro player yang berkompetitif; dan mengikuti berbagai turnamen game.

2. Ikut Affiliate Marketing

Affiliate Marketing merupakan suatu metode pemasaran bisnis yang membayar jasa seseorang ketika orang tersebut berhasil menjual produk merchant atau perusahaan dengan pemasaran secara online melalui media sosial pribadi atau platform lainnya.

Kabar gembiranya, kini Tokopedia membuka program Affiliate Marketing Program, Toppers! Hanya dengan mempromosikan produk yang ada di Tokopedia, kini kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan sangat mudah. Berikut ini langkah-langkah untuk bergabung di Tokopedia Affiliate Program:

Daftar dengan akun Tokopedia kamu

Bisa pilih produk dari Official Store & Power Merchant.

Pilih Produk dan buat link-nya

Pilih produk dari Official Store dan Power Merchant pilihan.

Bagikan link di konten sosmed

Salin link produk dan bagikan ke media sosial.

Kamu bisa mempromosikan produk apa saja selama produk tersebut tergabung dalam Power Merchant (PM) dan Official Store (OS) di Tokopedia. 

Komisi yang Tokopedia tawarkan untuk saat ini adalah komisi untuk produk-produk di kategori fashion, rumah tangga, makanan & minuman, kecantikan, kesehatan, handphone & gadgets, dan ibu & bayi, mulai dari 1 – 7% , maksimal Rp25.000 per penjualan.

Bagaimana Toppers, sangat menarik bukan? yuk cek Affiliate Marketing Program Tokopedia dan klik “Oke, saya mau” untuk melakukan proses pendaftaran, Toppers.

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut Tokopedia Affiliate Program!

3. Jualan Online

cara mendapatkan penghasilan tambahan
Sumber Gambar: Pexels

Pembelian barang secara online di e-commerce kini telah menjamur di tengah masyarakat Indonesia berkat kemudahan dan kepraktisannya saat pembelian barang. Kita hanya perlu klik barang yang kita inginkan, membayarnya, dan menunggunya sampai rumah.

Sebagai mahasiswa atau ibu rumah tangga, kamu bisa memanfaatkan hal ini dengan berjualan online di platform Tokopedia. Kamu bisa menjual makanan, barang, hingga produk non-fisik di dalam platform tersebut untuk menambahkan penghasilan, hal ini biasa disebut dengan seller online.

Kamu juga bisa menjadi reseller, yakni orang yang menjual kembali barang dari supplier dan menyetoknya terlebih dahulu. Selain itu, kamu juga bisa menjadi dropshipper, yakni orang yang menjual barang dari supplier namun tidak perlu menyetok barangnya, jadi kamu hanya menyediakan gambar untuk dijual lalu diproses oleh supplier.

4. Berinvestasi

Investasi bisa menjadi cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan di jangka yang panjang. Investasi Investasi merupakan aktivitas menyimpan atau menempatkan dana pada periode tertentu yang akan menimbulkan keuntungan atau peningkatan nilai investasi. 

Saat ini, ada banyak cara untuk berinvestasi demi keuntungan di masa depan, yakni investasi emas, saham, kripto, atau melakukan trading. Namun, perlu diingat, investasi ini memerlukan analisa atau ilmu terlebih dahulu yang perlu kamu pelajari agar investasi menjadi untuk dan tidak buntung, Toppers.

5. Menjadi Content Creator

cara mendapatkan penghasilan tambahan
Sumber Gambar: Pexels

Content creator adalah orang yang membuat konten dalam sebuah platform, seperti YouTube, Instagram, TikTok, atau Facebook. Mereka memiliki target audiens tertentu sesuai dengan kemampuan atau bakat yang mereka miliki, bisa dalam konten menghibur, keterampilan, atau edukasi.

Semakin banyak pengikut kita di media sosial berkat keterampilan yang ditampilkan dalam konten, kita dapat mendapatkan penghasilan tambahan, Toppers. Penghasilan ini didapatkan dari endorse atau adsense. Sebagai konten kreator, kamu perlu memiliki ciri khas yang unik agar mudah dikenal banyak orang, Toppers.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan content creator, misalnya:

  • Membuat Blog

Kamu senang menulis dan membagikan momen keseharian dalam bentuk tulisan? Kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari blog, Toppers. Ada banyak hal yang bisa kamu tulis, mulai dari teknologi, traveling, beauty, kuliner, dan juga keuangan.

Ketika pembaca blog sudah cukup banyak, kamu bisa memasang iklan di blog atau mempromosikan suatu produk dengan tulisan yang menarik agar mendapatkan penghasilan tambahan, Toppers.

  • Menjadi Beauty Vlogger
cara mendapatkan penghasilan tambahan
Sumber Gambar: Pexels

Untuk kamu yang senang dengan make up, skincare, atau hal lainnya yang berhubungan dengan kecantikan, kamu bisa untuk mencoba dapat penghasilan tambahan dengan menjadi beauty vlogger, Toppers.

Beauty Vlogger adalah orang yang senang untuk membuat konten kecantikan dan menguploadnya ke media sosial, seperti YouTube, Instagram, atau platform lainnya. Penghasilan tambahan akan didapatkan dari adsense YouTube, endorse, atau promosi lainnya, Toppers.

6. Menjadi Host Live Streaming

cara mendapatkan penghasilan tambahan
Sumber Gambar: Jing Daily

Live Streaming akhir-akhir ini menjadi hal yang sering dilakukan oleh para pengguna media sosial karena kamu bisa berinteraksi secara langsung dengan teman-teman atau pengikutmu di media sosial.

Namun, tahukah kamu? Kini menjadi host live streaming membuatmu dapat penghasilan tambahan, Toppers. Ada banyak platform yang bisa kamu gunakan, seperti Likee Live, Nimo TV, Bigo Live, TikTok Live, Instagram Live, Facebook Live, hingga YouTube.

Kini kamu bisa melakukan live di rumah dengan ponselmu dengan cara mengajak bicara penonton atau melakukan tantangan agar penonton semakin banyak. Para penonton yang menyaksikan live-mu tentunya akan memberikan hadiah, biasanya berupa diamond yang bisa kamu tukarkan dengan uang rupiah, Toppers!

Baca Juga: 6 Cara Mendapatkan Passive Income yang Aman di Tahun 2022

Nah, itu dia Toppers berbagai cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang cocok untuk mahasiswa hingga ibu rumah tangga. Kamu bisa memilih kegiatan yang kamu suka dan sesuai bakat yang kamu miliki ya, Toppers.

affiliate marketing tokopedia
Ayo bergabung bersama Tokopedia Affiliate Program & ciptakan sumber penghasilan baru! Dapatkan komisi hingga jutaan rupiah cukup dengan klik & share saja!

Penulis: Zihan Berliana

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

8 Cara Menghasilkan Uang dari Telegram, Mudah dan Terbukti Cuan!
Keuangan
8 Cara Menghasilkan Uang dari Telegram, Mudah dan Terbukti Cuan!
© 2009-2024, PT Tokopedia