Cara Mengajukan Aplikasi Kredit Mobil

Cara Mengajukan Aplikasi Angsuran Mobil

/   Keuangan, Tanya Toped, Tutorial

Cari tau cara mengajukan aplikasi angsuran mobil disini. Berikut hal yang wajib kamu ketahui sebelum kamu membeli mobil.

Dengan mengajukan aplikasi angsuran mobil, kini kamu pun bisa memiliki mobil walaupun dana yang kamu miliki sekarang tidak mencukupi. Walaupun demikian, mengajukan aplikasi angsuran mobil merupakan sebuah komitmen serius yang tidak boleh disepelekan.

 

Jangan sampai kamu terjerat dengan cicilan mobil karena ini akan berdampak negatif di catatan kredit mu dan menjadi beban hidup mu.

 

1. Set budget dan pilih tipe mobil yang sesuai

Pilihlah mobil sesuai dengan anggaran dan kebutuhan, jangan biarkan gengsi ikut campur dalam pemilihan mobil. Dengan banyaknya pilihan model dan ukuran mobil yang tersedia, sesuaikan pilihanmu dengan kebutuhanmu. Jangan sampai cicilan mobil menjadi beban dalam hidup mu.

 

Terlebih lagi, jangan dengan mudah tergiur dengan mobil hanya karena DP awalnya murah, agar kamu tidak kewalahan membayar angsuran untuk bulan-bulan berikutnya. Kamu juga harus mengingat biaya tambahan lainnya seperti biaya perawatan mobil, Bahan Bakar Mesin (BBM), biaya tol, biaya parkir, biaya asuransi, dan seterusnya.

 

Untuk lebih berhemat, sebaiknya mobil bekas menjadi konsiderasi. Penyusutan harga mobil langsung terjadi begitu mobil baru kamu keluar dari showroom mobil.

 

2. Perhatikan DP murni dan DP total

Ketika berbicara dengan sales mobil, jangan mudah tergiur ketika berbicara soal DP yang murah, karena DP dalam maksud adalah DP murni. Ketika kamu membeli mobil, kamu harus membayar DP total, yang hitungannya seperti ini:

DP total = DP murni + provisi kredit + Biaya Administrasi + Asuransi (selama masa kredit) + Angsuran Bulan Pertama
DP murni = rata-rata 20%-30% dari harga mobil

 

3. Teliti dengan masa kredit dan suku bunga

Bijaklah ketika mengajukan aplikasi angsuran mobil, berikut dengan jumlah DP murni dan bunga yang akan kamu bayar untuk menghindari kredit macet. Bila kamu tidak bisa membayar angsuran, kredit macet akan dicatat di rekor, termasuk rekor Bank Indonesia yang akan menyebabkan credit score-mu tercoreng dan alhasil membuatmu lebih susah untuk meminjam kredit kedepannya.

 

Perhatikan juga panjang masa kredit mobil. Dianjurkan untuk melunasi angsuran kurang lebih dalam jangka waktu 4-5 tahun, karena setelah 4-5 tahun biasanya mobil akan semakin rewel dan semakin banyak pula biaya tambahan yang harus kamu keluarkan untuk merawatnya.

 

Ada dua tipe suku bunga yang tersedia, yaitu bunga tetap (fixed rate) dan suku mengambang (floating rate). Dengan fixed rate, bunga yang kamu bayar dari tahun ke tahun akan tetap sama. Dengan floating rate, bunga yang kamu bayar akan tergantung dengan suku bunga yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.

 

4. Surplus di rekening pribadi sebagai collateral

Sebelum mengajukan aplikasi kredit mobil, sebaiknya pastikan rekening pribadimu di bank menunjukan surplus (pengeluaran < pemasukan). Surplus pada rekening bank mu akan menjadi salah satu faktor pertimbangan dan garansi kreditor ketika mengambil keputusan peminjaman.

 

5. Siapkan dokumentasi yang dibutuhkan kreditor

Dokumentasi yang dibutuhkan antara lain Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Surat Izin Mengemudi (SIM), Laporan Keuangan (untuk pemilik perusahaan), atau Laporan Gaji Bulanan (untuk karyawan).

 

Setelah pengajuan aplikasi angsuran mobil mu sukses, jangan lupa untuk membayar angsuran setiap bulannya. Bila kamu menunggak, akan lebih berat kedepannya untuk membayar cicilan.

 

Jangan khawatir karena Tokopedia kini hadir sebagai solusi pembayaran kredit mobil. Sekarang kamu bisa bayar angsuran mobil dimanapun dan kapanpun, tinggal menyiapkan nomor kontrak angsuran mobil.

 

Ayo, lunasi sekarang juga di Tokopedia!

 

lunasi kredit mobil di Tokopedia

THEAUTHOR

Kimberley Alamsyah

Kimberley Alamsyah has written 10 Article, See all posts

Comments are closed.