• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Hidung Anak Tersumbat? Atasi dengan 5 Cara Ini!

Share

Hidung Anak Tersumbat? Atasi dengan 5 Cara Ini!

Saat hidung tersumbat, pastinya anak akan kesulitan dalam bernafas dan memberikannya rasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya, Bunda tidak memerlukan obat namun bisa dilakukan dengan cara-cara yang mudah. Simak penjelasannya!


Cara Atasi Hidung Tersumbat Pada Anak – Apa yang harus Bunda lakukan saat hidung anak tersumbat? Bagi anak yang berusiah di bawah 3 tahun, hidung tersumbat adalah tantangan tersendiri untuknya. Hal ini cenderung dialami karena anak yang berusiah di bawah 3 tahun biasanya belum bisa mengeluarkan ingus sendiri. Untuk itu, Bunda perlu memberikannya bantuan.

Sebelum memberikan obat-obatan pada si kecil, ada beberapa hal yang bisa Bunda lakukan demi redakan nafas si kecil yang tersumbat. Namun, sebelum itu Bunda perlu mengetahui hal apa saja yang dapat menyebabkan hidung tersumbat pada anak.

BACA JUGA: 5 Cara Mengatasi Perut Bayi yang Kembung

Penyebab Hidung Tersumbat Pada Anak

  • Disebabkan oleh pembuluh darah dan jaringan pada rongga hidung terdapat terlalu banyak cairan. Hal ini dapat mengakibatkan kondisi yang lebih buruk, seprti contohnya infeksi sinus atau sinusitis.
  • Infeksi virus dan bakteri. Kedua penyebab ini bisa dibedakan berdasarkan cairan yang tersumbat dan keluar dari hidung. Jika terjadi infeksi virus, cairan yang keluar encer dan bening, meskipun lama kelamaan bisa berubah warna menjadi kuning, putih, atau hijau sebelum kembali menjadi bening. Sedangkan infeksi bakteri, meerlukan tindakan dokter untuk mengatasinya. Biasanya cairan yang keluar kental dan berwarna kuning pekat, dan biasanya disertai dengan demam.
  • Alergi. Terjadi akibat makanan atau udara yang tidak cocok dengan tubuh si kecil. Untuk itu, diperlukannya penanganan dari dokter.

Nah, kini Bunda sudah mengetahui hal apa saja yang menjadi penyebab terjadinya penyumbatan pada hidung si kecil. Agar anak kembali nyaman dan riang untuk beraktivitas, Bunda perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat pada anak. Simak penjelasannya!

jual kebutuhan ibu dan anak
Temukan semua kebutuhan ibu dan anak terlengkap dengan harga termurah di sini!

Cara Atasi Hidung Tersumbat Pada Anak

1. Matikan AC atau Kipas Angin

Berada di ruangan yang berudara hangat dan lembab merupakan cara tepat untuk meredakan hidung tersumbat.

Bernafas di ruangan yang lembab bisa membantu untuk redakan radang serta meredakan pembengkakan pembuluh darah pada hidung, sehingga dapat mengencerkan lendir pada sinus.

2. Atur Posisi Bantal

Bunda bisa memulai dengan menaruh bantal di bawah kepala bayi, sehingga posisis kepalanya lebih tinggi dibandingkan kakinya. Cara ini dapat membuat cairan yang tersumbat pada hidung bisa lebih mudah untuk mengalir keluar.

Namun, disarankan untuk Bunda lakukan cara ini di ranjang bukan di box bayi. Hal ini dikarenakan jika Bunda meletakkan bantal pada box bayi membuat si kecil sulit bergerak karena ruang yang sempit, sehingga mambuatnya lebih sulit dalam bernafas.

BACA JUGA: Bunda Harus Tahu! Ini Dia Cara Tepat Bersihkan Popok Kain Bayi

3. Perbanyak Minum Air Putih

Jika si kecil sudah berhenti mengkonsumsi ASI, Bunda perlu anjurkan untuk rajin minum air putih lebih banyak. Hal ini dapat membantu untuk mencairkan lendir atau ingus pada hidung sehingga lebih mudah keluar.

Tetapi, Bunda jangan terlalu memaksakan si kecil untuk banyak minum air sekaligus. Ada baiknya Bunda berikan secara sedikit demi sedikit namun dalam frekuensi yang lebih sering dari sebelumnya.

4. Gunakan Alat Tetes atau Semprot Hidung

Cara mudah dan biasa dilakukan adalah dengan mengeluarkan lendir di hidung menggunakan alat tetes atau semprot hidung yang mengandung larutan saline (NaCl 0,9%).

Jika Bunda memutuskan untuk menggunakan alat tetes hidung, Bunda bisa berikan 2 tetesan pada masing-masing lubag hidung. Hal ini dilakukan untuk mengencerkan lendir atau ingus yang terdapat pada hidung.

Caranya, Bunda cukup letakkan bantal atau handuk pada bagian leher bayi agar posisi kepala bayi lebih tegak dan cairan bisa benar-benar masuk ke hidung. Lalu, Bunda bisa gunakan pipet hisap untuk menarik semua cairan yang ada pada rongga hidung.

5. Gunakan Uap Hangat

Cara redakan hidung tersumbat pada anak bisa dengan menggunakan uap hangat. Cara ini bisa Bunda lakukan dengan menggunakan alat vaporizer atau humidifier. Letakkan alat tersebut di dekat si kecil saat sedang tidur atau bermain.

Hindari penggunaan uap panas, dikarenakan dapat menyebabkan luka bakar pada bayi. Hal ini disebabkan karena bayi memiliki lapisan kulit dan mukosa yang cenderung lebih tipis dari orang dewasa.

BACA JUGA: Penuhi Nutrisi Si Kecil dengan 12 Merk Susu Bayi Terbaik dan Favorit Bunda

Kini Bunda tidak perlu khawatir berlebihan, Bunda bisa lakukan cara atasi hidung tersumbat pada anak di atas sebagai cara utama dalam penanganan.

Jika anak sudah cukup besar, Bunda bisa ajarkannya untuk membuang ingus sendiri. Bunda cukup letakkan tisu di depan hidung anak, lalu ajarkannya untuk embuskan udara dengan kuat melalui hidung. Atau Bunda bisa lakukannya terlebih dahulu, lalu menyuruhnya untuk meniru.

jual pakaian anak terlengkap
Penuhi lemari si kecil dengan baju, celana dan aksesoris fashion anak favoritnya!

Share

Pritania AviraPritania Avira

Related Articles

13 Merk Susu Terbaik untuk Ibu Hamil, Dukung Pertumbuhan Janin
Kids and Parenting
13 Merk Susu Terbaik untuk Ibu Hamil, Dukung Pertumbuhan Janin
© 2009-2024, PT Tokopedia