• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Jangan Panik! Ini Cara Jitu Mengatasi HP Kesayangan yang Kemasukan Air!

11 April 2024

Share

Jangan Panik! Ini Cara Jitu Mengatasi HP Kesayangan yang Kemasukan Air!

Source: Apple

HP nggak sengaja jatuh ke air dan basah seluruhnya? Jangan panik dulu, berikut langkah-langkah pertama mengatasi hp yang kemasukan air sebelum kamu langsung membawanya ke service center.


Handphone atau smartphone adalah salah satu barang elektronik yang sangat rentan rusak jika terkena air atau bahkan tenggelam di dalamnya dalam waktu yang lama. Air yang masuk ke port-port pada hp berpotensi bisa merusak komponen, sehingga hp nggak boleh dibiarkan dalam waktu yang lama ketika bodinya basah karena kecipratan atau bahkan terendam.

Kalau kamu lagi mengalami hp yang tiba-tiba mati karena kehujanan atau nggak sengaja jatuh tenggelam, berikut ini langkah pertama yang perlu kamu perhitungkan untuk menyelamatkannya.

Cara Mengatasi HP yang Kemasukan Air

iphone water test

Source: Apple Insider

Pernah nggak sih kamu lagi asyik main HP di pinggir kolam, eh tiba-tiba HP kamu malah tergelincir ke dalam kolam tersebut? Atau mungkin kehujanan deras tanpa pelindung? Pastinya panik, dong!

Tapi tenang, kamu nggak perlu langsung berpikir HP kamu sama sekali nggak bisa diatasi. Dengan langkah penanganan yang tepat, kemungkinan besar HP kamu masih bisa diselamatkan, lho!

Matikan HP dan Lepaskan Semua yang Bisa Dilepas

Bayangkan HP kamu kayak kapal yang lagi kebocoran. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menutup semua kebocoran itu, alias mematikan HP secepatnya. Hindari menekan tombol apapun ya, karena hal itu malah bisa mendorong air masuk lebih dalam.

Setelah itu, keluarkan segera kartu SIM, kartu memori, dan casing HP kamu. Dengan begitu, proses pengeringan nanti bisa lebih maksimal.

Jangan Charger HP

Ingin HP kamu cepet kering dengan cara di cas? Tahan dulu! Menyalakan HP yang basah malah bisa menimbulkan korsleting. Alih-alih kering, HP kamu malah bisa rusak permanen!

Keringkan HP dengan Benar dan Tepat

Nah, sekarang saatnya kamu bisa mengikuti langkah berikut ini untuk mengeringkan HP kamu. Tapi ingat, nggak semua cara pengeringan itu aman, lho!

Hindari Mengeringkan HP dengan Hairdryer

Kamu mungkin kepikiran buat ngeringin HP pakai hair dryer layaknya mengeringkan rambut. Namun, justru pengering rambut mesti kamu hindari. Hembusan panas dari hair dryer malah bisa merusak komponen internal HP kamu.

Gunakan Kain atau Tisu yang Lembut

Sebaliknya, cara yang lebih aman adalah dengan menggunakan kain atau tisu yang lembut. Dengan perlahan, tepuk-tepukkan permukaan HP kamu untuk menyerap air yang ada. Jangan sampai kamu menggosoknya dengan kasar ya, nanti malah bisa membuat bodi hp jadi tergores.

Manfaatkan Silica Gel

Pernah melihat kantong kecil berisi butiran-butiran putih yang ada di dus sepatu atau tas baru? Nah, itu dia yang namanya silica gel! Benda ini ampuh menyerap kelembapan.

Setelah kamu mengeringkan permukaan HP dengan kain, masukkan HP kamu ke dalam wadah tertutup bersama dengan silica gel. Biarkan HP kamu di sana selama minimal 24 jam untuk memastikan airnya benar-benar terserap habis.

Bolehkah Menggunakan Beras?

Mitos lama beredar kalau HP yang basah bisa dikeringkan dengan cara direndam di dalam beras kering. Meskipun beras memang bisa menyerap air, tapi cara ini sebenarnya kurang efektif dan malah bisa meninggalkan residu beras di dalam HP kamu. Lebih baik gunakan silica gel saja, ya, lebih aman dan terpercaya!

Tetap Waspada Meskipun HP Kamu Sudah Kering

Setelah 24 jam berlalu, keluarkan HP kamu dari wadah silica gel. Kamu bisa mencoba menyalakannya kembali. Namun, walaupun HP kamu terlihat kering, ada kemungkinan kerusakan masih bisa terjadi dalam jangka waktu beberapa hari ke depan.

Amati Tanda-tanda Kerusakan

Oleh karena itu, tetap waspada dan amati apakah ada tanda-tanda kerusakan pada HP kamu, seperti layar sentuh yang tidak responsif, suara speaker yang pecah, atau HP yang sering mati sendiri. Jika kamu menemukan gejala tersebut, sebaiknya segera bawa HP kamu ke service center terdekat untuk diperiksakan lebih lanjut.

Baca Juga: 10 Cara Memperbaiki Internet Lemot di HP Kamu

Nah, itu dia beberapa cara untuk mengatasi hp yang terkena air. Biar kamu nggak perlu deg-degan kalau HP kamu kemasukan air lagi, ada baiknya kamu menggunakan pelindung anti air (waterproof case) atau pastikan kamu selalu berhati-hati saat menggunakan HP kamu di dekat air. Lebih baik kehati-hatian daripada harus repot-repot menyelamatkan HP basah, kan?

© 2009-2024, PT Tokopedia