5 Cara Alami Atasi Nyeri Haid yang Tak Tertahankan

0
2046
yang membatalkan puasa, hal yang membatalkan puasa, hal hal yang membatalkan puasa, yang membatalkan puasa ramadan, perkara yang membatalkan puasa
Sumber Gambar: Pixabay

Cara Mengatasi Nyeri Haid – Setiap perempuan yang telah menginjak usia remaja akan mengalami sebuah kondisi yang terjadi secara alami, yaitu menstruasi atau haid. Datang bulan merupakan sebuah fase perubahan ciri-ciri tubuh secara berkala, disebabkan hormon-hormon reproduksi pada tubuh wanita. Haid ditandai dengan keluarnya darah yang bersumber dari sel telur yang tidak dibuahi di dinding rahim.

Tidak hanya satu atau dua kali, haid terjadi terjadi pada perempuan dari usia remaja hingga akhirnya memasuki fase menopause, di mana rahim tidak lagi mereproduksi sel telur. Siklus menstruasi atau haid berlangsung selama 28 hari dan lamanya menstruasi atau haid juga berbeda-beda pada setiap orang. Umumnya, haid berlangsung selama 5-7 hari.

Ketika datang bulan, perempuan pada umumnya merasakan gejala seperti nyeri haid dan keram perut. Rasa nyeri berbeda-beda pada setiap wanita, namun jangan khawatir, berikut ini adalah cara alami mengatasi nyeri haid yang tidak tertahankan.

Baca Juga: 6 Cara Memperlancar Haid agar Datang Bulan Lebih Sehat

Cara Mengatasi dan Menghilangkan Nyeri Haid

Mengonsumsi Teh Chamomile

Cara Mengatasi dan Menghilangkan Nyeri Haid - Teh Chamomile
Sumber Gambar: Pixabay

Sebuah penelitian ilmiah di Imperial College of London menemukan fakta bahwa daun teh memiliki manfaat untuk mengurangi dan menghilangkan rasa nyeri haid, terutama teh chamomile. Teh mengandung nutrisi anti peradangan yang meredakan kadar prostaglandin penyebab dari kontraksi otot perut yang menjadi akar dari nyeri haid.

[tkp_ads id=”nyeri-haid-1″ class=”ta-inventory” template=”blog-detail” ep=”product” item=”4″ src=”blog” device=”desktop” dep_id=”1174″]

Kompres dengan Air Panas

Temperatur hangat membantu meringankan kontraksi otot-otot di uterus, penyebab utama dari rasa nyeri haid. Basahkan kain dengan daya serap air tinggi menggunakan air panas dan kompres bagian-bagian nyeri haid yang kamu rasa seperti di pinggang dan pinggul belakang.

Motode Akupuntur

Akupuntur adalah metode pengobatan alami dari Tiongkok. Akupuntur menggunakan jarum yang ditancapkan ke titik-titik tertentu pada kulit manusia. Para peneliti menemukan bahwa teknik akunpuntur memiliki efek positif untuk menghilangkan nyeri saat datang bulan.

Baca juga: Cara Mengetahui dan Memperlancar Siklus Menstruasi

Berolahraga

nyeri haid
Sumber Gambar: Pexels

Di saat nyeri haid menyerang, sangatlah sulit untuk menggerakkan tubuh. Namun penelitian menemukan bahwa melakukan aktivitas fisik ringan seperti mengangkat dumbbell kecil atau sekadar berjalan di rumah dapat memompa aliran darah yang melepaskan hromon endorfin untuk mengurangi kadar prostaglandin yang berujung pada meredanya rasa nyeri haid.

[tkp_ads id=”nyeri-haid-2″ class=”ta-inventory” template=”blog-detail” ep=”product” item=”4″ src=”blog” device=”desktop” dep_id=”1448″]

Minum Banyak Air Putih

nyeri haid
Sumber Gambar: Pexels

Air putih adalah obat nyeri haid ampuh yang mudah kita dapatkan di mana pun. Minum lah air putih setidaknya 6 hingga 8 gelas setiap hari, terutama saat sedang mengalami fase menstruasi. Menjaga tubuh tetap terhidrasi akan menghindarkan dari derita nyeri saat menstruasi.

Baca Juga: 5 Merk Pembalut Wanita Terbaik paling Favorit

Itulah cara mengatasi dan menghilangkan nyeri haid secara alami, Toppers. Dengan mengikuti langkah tersebut, kamu bisa lebih tenang ketika datang bulan, dan terhindar dari rasa sakit yang menyiksa. Selain cara alami, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai produk pereda nyeri haid terlengkap dengan harga termurah di Tokopedia!

[tkp_ads id=”nyeri-haid-3″ class=”ta-inventory” template=”blog-detail” ep=”product” item=”4″ src=”blog” device=”desktop” dep_id=”2300″]