• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Rambut Terlalu Mengembang Ganggu Penampilan? Atasi dengan 8 Cara Ini!

Share

Rambut Terlalu Mengembang Ganggu Penampilan? Atasi dengan 8 Cara Ini!

Rambut kelewat mengembang layaknya singa jantan? Atasi rambut terlalu mengembang dan bergelombang dengan cara jitu berikut ini!


Cara Atasi Rambut Mengembang – Mempunyai rambut yang indah dan berkilau merupakan impian semua wanita. Apalagi jika rambutmu bervolume dan mudah diatur, pasti dapat lebih menyempurnakan penampilan. Serta membuat kamu jadi lebih percaya diri, bukan?

Tapi, bagaimana jika kamu memiliki volume rambut yang justru berlebihan dan terlalu mengembang? Pasti membuatmu tidak nyaman, karena cenderung sulit untuk diatur dan bahkan terlihat layaknya rambut singa jantan.

Kondisi ini biasanya terjadi karena rambut terlalu kering dan kehilangan kelembapan. Penyebabnya, bisa terjadi akibat terlalu sering keramas dan terkena bahan kimia dari sampo, terkena catokan setiap hari, atau karena alat lain yang merusak kesehatan rambut.

Nah, jika kamu mengalami masalah ini, tak perlu begitu khawatir, Toppers. Kamu bisa atasi dengan beberapa cara jitu di bawah ini!

Baca Juga: Review Keiskei: Mulai dari Shampoo sampai Hair Tonic untuk Penumbuh Rambut

Cara Mengatasi Rambut Mengembang dan Bergelombang

1. Pilih Produk Sampo dan Conditioner yang Tepat

cara mengatasi rambut mengembang
Sumber Gambar: All on Saumarche

Memilih produk sampo yang salah ternyata dapat membuat rambut mengembang dan sampai rusak. Karena kandungan yang tidak sesuai dengan jenis rambutmu. Sehingga akibatnya, kelembapan alami rambut menjadi terganggu.

Karena itu lah, rambut jadi lebih mengembang dari waktu ke waktu. Untuk itu, kamu harus teliti dalam memilih jenis sampo dan conditioner yang tepat untuk langkah awal mengatasi rambut mengembang.

Agar lebih mudah dalam meilih, cocokkan dengan varian jenis produk yang tertera dalam setiap deskripsi kemasan.

2. Rajin Gunakan Masker Rambut

cara mengatasi rambut mengembang
Sumber Gambar: HerStyler

Rajin merawat dengan memanfaatkan hair mask bukan hanya dapat mengatasi rambut mengembang, tapi juga bisa mengatasi masalah rambut lainnya, seperti rambut patah dan bercambang.

Jika kamu rajin menerapkannya, hal ini akan memberikan nutrisi hingga ke akar rambut. Dan membuat rambut jadi lebih halus dan sehat.

3. Manfaatkan Vitamin Rambut

cara mengatasi rambut mengembang
Sumber Gambar: Indian Makeup and Beauty Blog

Walaupun masker rambut bisa memberikan nutrisi yang baik untuk rambutmu, namun hal hal ini hanya bisa kamu lakukan sekali atau dua kali dalam seminggu. Beda halnya saat menggunakan vitamin rambut.

Dengan vitamin khusus rambut, kamu bisa melakukannya setiap hari. Karena produk ini malah bisa merubah tekstur rambut yang mengembang menjadi lebih lembut dan halus setiap hari.

4. Kurangi Catokan

cara mengatasi rambut mengembang dan bergelombang
Sumber Gambar: Smart Home Keeping

Jika cara kamu untuk mengurangi volume pada rambut dengan mencatoknya hal ini justru akan membuat rambutmu semakin rusak. Dengan menggunakan catokan atau jenis lainnya akan membuat rambutmu kering.

Hal itu terjadi karena suhu panas yang dihasilkan oleh catokan. Untuk itu, sebaiknya kamu jangan terlalu sering untuk menggunakan alat ini.

Hair Spa
Hindari berbagai masalah rambut dengan mudah berkat hair spa di rumah!

Baca Juga: Rambut Rontok? Yuk, Atasi dengan 12 Merk Shampo Terbaik Berikut Ini!

5. Keringkan Rambut dengan Alami

cara mengatasi rambut mengembang dan bergelombang
Sumber Gambar: RSVP

Sama seperti penggunaan catokan, hair dryer juga bisa membuat kelembapan rambutmu menjadi berkurang. Sebagai solusinya, kamu bisa mengeringkan rambut secara alami dengan angin alami atau kipas angin.

Meski prosesnya memakan waktu lama, tapi cara ini cukup jitu. Terutama untuk menjaga fleksibilitas dan kelembapan rambut.

6. Jangan Terlalu Sering Keramas

cara mengatasi rambut mengembang dan bergelombang
Sumber Gambar: Matrix

Jika kamu berpikir mencuci rambut bermanfaat untuk membersihkan kulit kepala dan membuat rambut lebih sehat, maka pikirkan kembali hal tersebut. Sesuatu hal jika dilakukan berlebihan akan menimbulkan efek tidak baik.

Begitu juga dengan terlalu sering kerama, yang jika dilakukan setiap hari dapat mengangkat kelembaban alami rambut, sehingga membuatnya tampak mengembang dan kering. Sebaiknya, keramas lah dua hari sekali.

7. Pakai Hair Tonic

cara mengatasi rambut mengembang dan tebal
Sumber Gambar: Lifealth

Jika kamu sudah rutin melakukan masker dan menggunakan vitamin rambut jangan lupa juga untuk menggunakan hair tonic. Produk ini bermanfaat sampai ke akar rambut untuk melembapkan dan juga menumbuhkan rambut lebih cepat.

Selain itu, efek sejuk yang diberikan setelah penggunaan hair tonic juga akan membuat kamu lebih merasa segar. Gunakan lah rutin setelah selesai mencuci rambut.

8. Pilih Sisir Jenis Wide Tooth

cara mengatasi rambut mengembang dan tebal
Sumber Gambar: Style Hair & Beauty Care

Yang satu ini jangan dianggap sepele, Toppers. Penggunaan sisir yang tidak tepat juga bisa menjadi salah satu penyebab rambut jadi mengembang lho. Sebaiknya, hindari penggunaan sisir yang jari-jarinya terlalu rapat.

Solusinya, pilih lah sisir berjenis wide tooth alias yang antar geriginya terpisah jelas. Penggunaan sisir jenis ini akan menghindari rambut mengembang dan jadi lebih mudah ditata.

Baca Juga: 12 Merk Dry Shampoo Terbaik untuk Keramas yang Lebih Praktis

Nah, itulah beberapa cara jitu yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rambut mengembang berlebihan. Yuk, lakukan perawatan rambut sendiri di rumah dengan masker rambut, vitamin rambut, hingga hair tonic andalan di Tokopedia!

jual produk perawatan tubuh
Manjakan diri dengan berbagai produk perawatan tubuh terbaik di sini!

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

10 Pelembap Wajah untuk Remaja: Kulit Terhidrasi Secara Optimal
Kecantikan
10 Pelembap Wajah untuk Remaja: Kulit Terhidrasi Secara Optimal
© 2009-2024, PT Tokopedia