• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Bunda Wajib Tahu! 3 Langkah Mengganti Popok Bayi yang Baik dan Benar

Share

Bunda Wajib Tahu! 3 Langkah Mengganti Popok Bayi yang Baik dan Benar

Mengganti Popok Bayi – Untuk Bunda yang tengah bersiap atau sudah menyambut kehadiran si kecil, salah satu hal yang perlu Bunda kuasai adalah cara mengganti popok bayi dengan benar. Selain memilih merk popok bayi yang baik, cara memasang popok bayi sesuai dengan urutan yang tepat sangatlah penting untuk memastikan si kecil nyaman dan popok bisa berfungsi dengan baik.

Berikut adalah urutan mengganti popok bayi yang baik dan benar:

Baca juga: Pilihan 5 Brand Botol Susu Bayi Kualitas Terbaik untuk Si Kecil

Cara Mengganti Popok Bayi yang Benar

Cara Mengganti Popok Bayi yang Baik dan Benar
Sumber gambar: Flickr

1. Pastikan Bunda selalu mengawali cara ganti popok dengan keadaan steril

Bersihkan tangan sebelum mengganti popok bayi dengan air dan sabun antiseptik untuk memastikan tidak ada kuman dan bakteri yang akan mengkontaminasi si kecil.

2. Bersihkan Si Kecil dari Popok Kotor

Sebelum mengganti dengan popok yang bersih, Bunda tentu perlu melepas terlebih dahulu popok yang kotor dan membersihkannya. Berikut langkah-langkah mengganti popok kotor:  

Setelah bayi terbaring dalam kondisi terlentang, perlahan lepaskan atau sobek perekat popok secara perlahan, lalu tarik bagian depan popok hingga terbuka ke bawah. Jika bayi Bunda laki-laki, siapkan kain untuk menutupi kemaluannya agar pipis si kecil tidak mengenai Bunda ataupun dirinya sendiri.

Jika si kecil buang air besar, gunakan bagian depan popok untuk membersihkan kotoran yang menempel pada si kecil dari arah depan ke belakang.

Kemudian, angkat bagian bokong si kecil dengan memegang kedua pergelangan kakinya secara perlahan dan tarik keluar popok, lipat hingga semua kotoran terbungkus rapi di dalam popok dan letakkan di bagian bawah bokong di kecil sebagai ganjalan.

Bersihkan kemaluan si kecil dan sekitarnya dengan tisu basah khusus bayi atau kapas basah. Mulai dari permukaan anus, lipatan paha, hingga kelamin hingga bersih dari bagian depan ke belakang. Lakukan pembersihan ini dengan lengkap meskipun si kecil tidak buang air besar.

Lap si kecil dengan handuk kering yang bersih dan biarkan kulit si kecil mengering sendiri. Oleskan krim khusus sesuai anjuran dokter bila diperlukan terutama saat terdapat ruam popok.

Angkat bokong si kecil dan tarik popok kotor dan buang ke tempat sampah.

Popok Pampers

3. Mengganti popok bayi baru yang bersih

Kini si kecil sudah bersih kembali, saatnya Bunda mengganti popok bayi menjadi popok batu yang bersih dengan langkah-langkah berikut:  

Buka popok bayi yang bersih dan tempatkan pada si kecil dengan menyelipkannya di bawah bokong dan menggeser ke arah pinggang, di mana posisi perekat berada di belakang. Tarik popok bagian depan ke arah perut bayi.

Untuk bayi laki-laki, arahkan kemaluan ke bawah untuk mencegah pipis mengarah ke bagian atas. Jika tali pusar belum copot, pastikan popok tak menutupi tali pusar.

Setelah bagian popok berada di antara kedua kaki si kecil dengan seimbang, kencangkan popok menggunakan perekatnya yang umumnya ditarik ke arah perut untuk direkatkan. Ingat, hindari memasang perekat popok terlalu kencang agar si kecil merasa nyaman.

Setelah itu, jangan lupa untuk kembali mencuci tangan setelah mengganti popok si kecil dengan menggunakan air dan sabun antiseptik ataupun hand sanitizer.

Baca juga: Si Kecil Susah BAB? Ikuti Tips Mengatasi Bayi Susah BAB Berikut Ini

Itulah langkah-langkah mengganti popok bayi yang baik yang benar. Dengan mengetahui cara menganti popok yang baik, Bunda nggak perlu lagi khawatir si kecil rewel karena popok yang nggak nyaman atau masalah popok yang bocor.

Yuk, cek Tokopedia untuk temukan berbagai keperluan Bunda dan si Kecil mulai dari botol susu bayi, pompa ASI, susu formula, dan berbagai produk berkualitas lainnya untuk pastikan si kecil mampu tumbuh kembang dengan baik!

jual kebutuhan ibu dan anak
Temukan semua kebutuhan ibu dan anak terlengkap dengan harga termurah di sini!

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

Cara Ajarkan Pentingnya Tata Krama Pada Anak, Wajib Tahu!
Kids and Parenting
Cara Ajarkan Pentingnya Tata Krama Pada Anak, Wajib Tahu!
© 2009-2024, PT Tokopedia