• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Waktu dan Cara Menggunakan Masker yang Benar

Share

Waktu dan Cara Menggunakan Masker yang Benar

Untuk mencegah penyebaran virus, orang sakit wajib memakai masker. Namun, banyak orang masih salah menggunakannya. Berikut ini cara tepat menggunakan masker.


Masker anti-virus merupakan satu peralatan medis yang berfungsi untuk mencegah penyebaran penyakit.

Belakangan ini, masker medis tersebut semakin menjadi kebutuhan mengingat penyebaran virus Corona yang semakin meluas.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum teredukasi dengan baik perihal cara penggunaan masker sekaligus waktu penggunaan masker yang tepat.

Sebab, bila cara menggunakannya salah dan waktu penggunaannya tidak tepat, fungsi masker sebagai alat pencegah penyebaran virus jadi tidak maksimal.

Nah, untuk kamu yang ingin tahu cara menggunakan masker yang tepat sekaligus waktu penggunaannya, baca ulasan berikut ini.

masker medis evo
Hindari polusi, debu dan kuman penyebab penyakit dengan masker pilihan berwarna menarik!

Cara Menggunakan Masker yang Baik

cara menggunakan masker
Sumber Gambar: Refinery29

Meski kelihatannya mudah, cara pakai masker tidak boleh sembarangan. Berikut adalah panduan cara pakai masker yang benar yang direkomendasikan:

1. Pastikan ukuran masker kamu pas dengan wajah kamu.
2. Mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer terlebih dahulu sebelum menyentuh masker.
3. Gunakan masker dengan sisi luar masker berwarna hijau atau biru, sedangkan bagian dalam masker yang menempel langsung dengan area mulut dan hidung berwarna putih, dan sisi atas masker ada garis kawat hidung.
4. Untuk jenis masker karet seperti N99, N95, dan sejenisnya. kamu hanya perlu mengaitkan tali karet di belakang kedua telinga.
5. Bagi yang menggunakan masker tali seperti masker dokter, posisikan garis kawat di atas hidung, lalu ikat kedua sisi tali pada bagian atas kepala. Jika masker sudah menggantung, tarik masker ke bawah untuk bisa menutup mulut hingga dagu. Selanjutnya, ikat tali bagian bawahnya di tengkuk atau belakang leher kamu.
6. Setelah masker sudah terpasang aman di wajah, cocokkan bagian kawatnya untuk mengikuti lekuk hidung Anda agar masker tertutup dengan rapat.
7. Jika sudah terpasang dengan benar, ada baiknya untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh masker kamu.

BACA JUGA: 10 MEREK HAND SANITIZER TERBAIK UNTUK BUNUH VIRUS

Waktu yang Tepat Menggunakan Masker

cara menggunakan masker yang benar
Sumber Gambar: Vox

Pertimbangkan untuk mengenakan masker saat kamu batuk atau flu, terlebih ketika kamu sedang berada di sekitar orang lain. Masker akan membantu melindungi mereka dari virus yang kamu bawa.

Kamu juga harus perhatikan masker yang kamu gunakan, janganlah kamu berkali-kali menggunakan masker yang sama.

Ada beberapa jenis masker yang harus kamu ganti setelah sekali pakai seperti masker bedah. Kamu juga harus melepas dan mengganti masker ketika masker tersebut sudah lembab atau kotor.

Selalu ikuti instruksi produk tentang penggunaan dan penyimpanan masker, dan prosedur cara memakai dan melepas masker.

Jika instruksi untuk mengenakan dan menghapus topeng tidak tersedia, maka ikuti langkah-langkah di bawah ini. Jika kamu ingin menggunakan masker yang bisa dipakai berulang-ulang, pertimbangkan untuk membeli masker kain.

Untuk Apa Masker Itu Digunakan?

cara menggunakan masker
Sumber Gambar: Wall Street Journal

Masker membantu membatasi penyebaran kuman. Ketika seseorang berbicara, batuk, atau bersin mereka mungkin melepaskan tetesan kecil ke udara yang dapat menginfeksi orang lain.

Jika seseorang sakit, masker dapat mengurangi jumlah kuman yang keluar dari pemakainya dan dapat melindungi orang lain dari terkena kuman atau virus tersebut. Masker juga melindungi hidung dan mulut pemakai dari percikan atau semprotan cairan tubuh.

BACA JUGA: 10 PRODUK KESEHATAN WAJIB UNTUK TANGKAL CORONA

Ingat! Pastikan untuk membersihkan tangan menggunakan alkohol atau sabun sebelum mengenakan masker. Selain masker kain dan medis, kamu juga bisa loh gunakan masker scuba! Selain tetap terhindar dari virus, kamu juga bisa sekaligus bergaya! Cetak masker kain 3 lapis sesuai dengan desain yang diinginkan juga bisa di Tokopedia Print!

Jangan lupa juga untuk cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer untuk mencegah penularan virus!

Jaga kesehatan mu! Temukan berbagai macam produk kesehatan dengan murah dan terjangkau hanya di Tokopedia.

tokopedia corona campaign
Promo produk wajib punya untuk cegah virus corona!

Penulis: Ramanov

© 2009-2024, PT Tokopedia