• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Cara Menghilangkan Baret pada Mobil

Share

Cara Menghilangkan Baret pada Mobil

Cara Menghilangkan Baret pada Mobil – Sebagai pengendara yang sering menggunakan mobil untuk melakukan aktivitas sehari-hari, kondisi mobil yang ‘dihiasi’ baret bisa bikin gusar seharian. Entah baret itu ada karena ulah nakal pengendara lain, ulah anak kecil, cakaran binatang, atau karena tak sengaja tergores ranting-ranting pohon di pinggir jalan. Apa pun penyebabnya, baret pada mobil tentu membuat penampilannya tak indah seperti semula. Ketahui cara mudah menghilangkan baret pada mobil berikut ini!

Baca juga: Wah, Ternyata 8 Bahan Rumahan Ini Bisa Digunakan Untuk Membersihkan Mobil

baret mobil

Sumber gambar: Pixabay

Tips Menghilangkan Baret pada Mobil

Ukur Keparahan Baret

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan apakah goresan itu adalah baret atau hanya debu/kotoran yang menempel di permukaan mobil. Bila memang benar baret, ukur seberapa dalam baret tersebut. Apakah masih berupa goresan ringan, sedang, atau sudah parah? Kedalaman baret akan menentukan cara yang sebaiknya digunakan untuk menghilangkan baret itu.

Bersihkan Area Baret

Selanjutnya, bersihkan permukaan mobil yang terdapat baret dengan air dan kain lap halus. Pastikan kamu membersihkan dengan hati-hati agar tidak merusak cat ya, Toppers. Jangan sampai malah memperparah kondisi baret yang sudah ada. Setelah dibersihkan, keringkan area baret.

Oles dengan Penghilang Baret

Belakangan ini, sudah banyak alat penghilang baret mobil berkualitas baik yang dijual di internet, termasuk Tokopedia. Alat-alat ini bisa dipakai bila goresan pada mobilmu masih termasuk goresan ringan. Kamu bisa pilih berbagai jenis pemoles, mulai dari wax, spidol penghilang baret, hingga scratch remover. Oleskan penghilang baret dengan benar dan rata, lalu tekan sedikit agar pemoles benar-benar menutup goresan di permukaan mobil.

Baca juga: Yuk Intip Deretan Mobil-Mobil Super Keren di Film Fast and Furious 7

Cat tanpa Warna Dasar

Apabila baret sudah termasuk kategori goresan sedang, harus dilakukan pengecatan ulang terhadap bagian cat mobil yang terkikis. Setelah dibersihkan dan diberi wax/grease remover, cat bagian tersebut dengan cat yang sesuai dengan mobilmu, baik dari segi warna maupun finishing-nya. Untuk goresan sedang, tidak perlu menggunakan warna dasar.

Amplas dan Dempul

Cara mengatasi baret mobil yang goresannya termasuk dalam adalah melakukan pengecatan ulang dengan diawali pengamplasan dan dempul terlebih dahulu. Amplas dan dempul ini bertujuan untuk meratakan permukaan mobil. Langkah ini dilakukan setelah area baret dibersihkan dengan benar.

Cat dengan Warna Dasar

Untuk goresan yang dalam, setelah diamplas dan didempul hingga permukaan kembali rata, langkah selanjutnya adalah pengecatan. Berbeda dengan goresan sedang, baret dalam harus dimulai dengan pengecatan warna dasar terlebih dahulu. Setelah itu, cat sesuai warna dan finishing mobil. Agar hasil lebih maksimal, kamu bisa campur cat dengan sedikit thinner. Lakukan hal ini sedikit demi sedikit hingga baret benar-benar hilang dan permukaan mobil kembali rata.

Bersihkan Permukaan Mobil

Setelah baret hilang, langkah terakhir adalah membersihkan permukaan mobil. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari tertinggalnya residu pemoles atau cat di mobil. Cukup gunakan air dan lap bersih, dan voila! Mobil kamu akan benar-benar bebas dari baret.

Baca juga: Tips Ampuh Merawat Ban Mobil

Itu dia langkah-langkah mudah menghilangkan baret mobil, Toppers. Kini menghilangkan baret pada mobil tidak perlu menguras waktu dan biaya karena mobil dimasukkan ke ketok magic atau bengkel. Dengan banyaknya alat penghilang baret yang tersedia di pasaran, kamu bisa melakukannya sendiri di garasi rumah. Yang penting adalah mengetahui seberapa parah goresan tersebut dan cara yang tepat untuk mengatasinya. Selamat mencoba!

cover mobil

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

Apa Itu FOMO? Ini Penjelasan, Ciri, dan Cara Mengatasinya!
Hobi dan Gaya Hidup
Apa Itu FOMO? Ini Penjelasan, Ciri, dan Cara Mengatasinya!
© 2009-2024, PT Tokopedia