• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

6 Cara Menghilangkan Bau pada Miss V: Tingkatkan Percaya Diri

Share

6 Cara Menghilangkan Bau pada Miss V: Tingkatkan Percaya Diri

Berikut cara alami menghilangkan bau pada area kewanitaan. Mudah dan efektif atasi bau tidak sedap dan kembalikan percaya diri wanita.


Cara Menghilangkan Bau pada Miss V – Kerap kali bau tidak sedap jadi pemicu rasa tidak percaya diri pada wanita, meskipun kamu telah membersihkan miss V dengan baik, kadang bau tidak sedap masih saja tetap muncul.

Sebenarnya setiap wanita memiliki aroma miss V yang berbeda, hal tersebut masih dapat dikatakan normal, selama bau tidak berubah secara signifikan menjadi sangat kuat dan menyengat, disertai rasa gatal atau iritasi.

Jika kamu merasa ada perubahan yang signifikan pada aroma vagina, kamu perlu memperhatikan penyebab vagina bau tidak sedap, seperti tidak menjaga kebersihan atau terjadi infeksi bakteri di dalam vagina. Bila kamu merasakan perubahan aroma disertai gejala lainnya, kamu harus segera berkonsultasi langsung dengan dokter.

Bila bau miss V masih samar dan tidak bergejala lainnya, kamu juga bisa mengurangi bau tersebut dengan beberapa cara alami, simak selengkapnya berikut ini!

BACA JUGA: TIPS DAN CARA MEMUTIHKAN KETIAK HITAM, PAKAI BAHAN ALAMI!

Cara Menghilangkan Bau pada Miss V

Cara menghilangkan bau di miss v
Sumber Gambar: Freepik

Bau tidak sedap dari vagina sebenarnya telah ada secara alami, namun kamu bisa menguranginya dengan beberapa cara alami sebagai berikut:

1. Menjaga Kebersihan Vulva Bagian Luar

Menjaga kebersihan vulva bagian luar
Sumber Gambar: Freepik

Vagina cukup dibersihkan menggunakan air hangat yang mengalir, tidak perlu menggunakan sabun yang biasanya digunakan pada tubuh, tujuannya untuk mencegah iritasi akibat perbedaan Ph pada sabun dan vagina.

Bagian luar vulva juga dapat dibersihkan menggunakan air bersih mengalir, dimulai dari bagian klitoris, hingga bagian lipatan vulva. Bagian tersebut dibersihkan guna menghindari penumpukan sel kulit mati atau keringat yang dapat memicu bau tidak sedap.

2. Hindari Menggunakan Pakaian Dalam yang Ketat

Hindari pakaian dalam yang ketat
Sumber Gambar: Pexels

Bila kamu masih menggunakan pakaian dalam yang ketat, kamu perlu menggantinya dengan pakaian dalam berbahan katun dan longgar. Pakaian dalam yang ketat dapat membuat kamu berkeringat berlebihan dan dalam jangka waktu panjang, akan muncul bau tidak sedap.

Pakaian dalam berbahan katun dapat membantu penyerapan keringat, namun tetap ingat untuk selalu mengganti pakaian dalam secara rutin, agar menghindari infeksi jamur dan bakteri pada vagina.

3. Mengganti Pembalut Secara Rutin

Mengganti Pembalut secara rutin
Sumber Gambar: Freepik

Bau tidak sedap yang muncul dari Miss V juga dapat dipengaruhi oleh siklus menstruasi. Ketika menstruasi datang, vagina jadi lebih rentan berbau, oleh sebab itu penting untuk terus mengganti pembalut secara berkala.

Jangan biarkan darah menstruasi menumpuk terlalu lama pada pembalut, segera ganti bila pembalut terasa mulai penuh. Hal ini tidak hanya menghindari bau tidak sedap, namun menjaga kebersihan vagina untuk menghindari infeksi jamur.

4. Langsung Membersihkan Vagina Setelah Berhubungan Badan

Membersihkan vagina
Sumber Gambar: Pexels

Segera buang air kecil dan bersihkan vagina menggunakan air mengalir setelah berhubungan badan. Bila terdapat bau amis yang menyengat disertai rasa gatal yang berlebihan sesaat setelah berhubungan badan, maka bisa menjadi pertanda infeksi bakteri. Segera berkonsultasi pada dokter bila gejala tersebut terjadi.

5. Konsumsi Makanan Mengandung Probiotik

Konsumsi makanan probiotik
Sumber Gambar: Freepik

Mengonsumsi makanan mengandung probiotik dapat membantu merawat keseimbangan pH Vagina, termasuk mencegah infeksi jamur dan bakteri yang bisa menjadi penyebab bau tidak sedap dari miss V.

Probiotik memiliki fungsi untuk menyeimbangkan bakteri baik dan jahat. Beberapa makanan probiotik yang bisa kamu temukan dengan mudah adalah Yogurt dan Kefir, mengonsumsi secara rutin bisa membantu mengurangi bau tidak sedap pada vagina.

6. Perhatikan Produk Kewanitaan yang Digunakan

Produk kewanitaan
Sumber Gambar: Pexels

Beberapa produk kewanitaan masih memiliki pewangi didalamnya dan beberapa wanita cukup sensitif dengan hal tersebut. Sebaiknya kamu memilih produk kewanitaan dengan pH seimbang dan netral sebagai pembersih vagina.

Termasuk pemilihan pembalut, perhatikan baik-baik dengan kandungan didalamnya, hindari produk yang memiliki pewangi berlebihan, jika saat digunakan terdapat efek samping, segera hentikan pemakaian.

Baca juga: 11 Cara Jitu Menghilangkan Mata Panda Secara Alami!


Bagaimana Toppers? Kamu bisa menerapkan beberapa cara diatas untuk menghilangkan bau pada miss V. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dengan rutin mengganti pakaian dalam dan membersihkan miss V secara teratur.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan pembalut dan perawatan kewanitaan lainnya dengan mudah dan cepat hanya di Tokopedia!

jual produk perawatan tubuh
Manjakan diri dengan berbagai produk perawatan tubuh terbaik di sini!
© 2009-2024, PT Tokopedia