• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Bayi

08 June 2021
Share
Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Bayi

Jangan khawatir bila terdapat bekas gigitan nyamuk pada tubuh bayi. Kamu dapat menggunakan cara berikut ini untuk memudarkan bekasnya.


Gigitan nyamuk kerap meninggalkan bekas pada kulit bayi. Karena belum dapat menahan rasa gatal yang ditimbulkan akibat gigitan nyamuk, sering kali bayi menggaruk kulit hingga luka dan akhirnya menimbulkan bekas.

Namun, jangan khawatir bila gigitan nyamuk tersebut akhirnya meninggalkan bekas luka pada kulit bayi.

Sebab, kamu dapat memberikan perawatan untuk memudarkan bekas yang nampak. Ingin tahu caranya? Simak cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi berikut ini.

selimut bayi
Bayi merasa hangat dan tidur lebih nyaman dengan selimut berkualitas berbahan aman!

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk yang Menghitam

1. Rawat dengan Lidah Buaya

Lidah buaya atau gel aloe vera dapat membantu menyembuhkan dan memudarkan bekas luka, termasuk bekas kehitaman akibat gigitan nyamuk dan serangga. 

Caranya kamu dapat mengambil beberapa gel aloe vera secukupnya, lalu mulai dioleskan pada bagian yang digigit nyamuk, untuk membantu memulihkan gigitan yang telah berbekas.

Baca Juga: Nama Bayi Laki-Laki Islami dan Modern, Keren & Tidak Pasaran

2. Menggunakan Produk Anti-bekas Luka

Terdapat beberapa macam krim bebas luka, namun diantaranya perlu perhatian dokter dan tidak bisa digunakan pada usia tertentu. Produk yang aman untuk bayi bisa kamu konsultasikan langsung pada dokter anak.

Krim yang dapat digunakan pada usia 2-4 tahun ke atas akan memiliki label dan peringatan khusus di dalamnya. Jadi pastikan kamu telah membaca ketentuan tersebut dengan baik.

3. Pijat untuk Melancarkan Aliran Darah

Memijat secara pelan dan halus dapat melancarkan aliran darah pada beberapa bagian tubuh, termasuk mendorong produksi kolagen pada kulit. Tujuannya tidak lain agar bekas gigitan nyamuk yang menjadi hitam dapat dapat berangsur-angsur memudar. 

4. Melembabkan dengan Shea Butter atau Minyak Kelapa

Luka atau bagian gigitan nyamuk yang terus menerus digaruk, lama kelamaan akan menjadi gelap dan kering. kulit yang kering akan membuat penyembuhan semakin lama, oleh sebab itu menjaga kelembaban kulit sangat penting.

Agar proses penyembuhan lebih lancar, kamu dapat menjaga kelembaban kulit dengan menggunakan pelembab alami tanpa bahan kimia seperti shea butter atau minyak kelapa yang aman untuk kulit bayi.

5. Oleskan Salep Anti Gatal

Sebelum tidur kamu dapat menggunakan krim antihistamin atau hidrokortison yang mengurangi rasa gatal dan membuat gigitan nyamuk sembuh lebih cepat. Kamu dapat berkonsultasi lebih dulu pada dokter apakah usia bayi atau balita kamu sudah cukup untuk menggunakan krim tersebut.

6. Atasi Peradangan dengan Lotion Kalamin

Lotion kalamin berfungsi untuk meredakan peradangan yang terdapat pada kulit setelah terjadinya gigitan pertama. Ada berbagai macam merk untuk lotion kalamin, kamu bisa memilih lotion kalamin dengan kandungan tambahan yang sesuai dengan kebutuhan bayi kamu.

Baca juga: BACA JUGA: 10 OBAT PILEK ANAK TERBAIK, FLU HILANG BUNDA PUN TENANG

Beda Gigitan Nyamuk dan Serangga Lainnya

Bayi yang belum bisa berbicara akan menangis saat merasa terganggu akibat rasa gatal yang muncul dari gigitan nyamuk. Namun, tidak semua rasa gatal dan kemerahan tersebut berasal dari gigitan nyamuk. 

Bisa saja diakibatkan dari gigitan tawon atau serangga yang butuh perhatian khusus. Kamu bisa menyimak ciri-ciri gigitan nyamuk berikut ini.

Ciri-ciri gigitan nyamuk pada bayi:

  • Biasanya, benjolan kecil akan langsung tampak di permukaan kulit tidak lama setelah gigitan nyamuk terjadi. 
  • Benjolan dari gigitan nyamuk akan mulai berubah menjadi merah muda, lalu menjadi warna yang ,lebih gelap dan keras keesokan harinya.
  • Tubuh bayi akan langsung terasa gatal sesaat setelah bereaksi dengan protein dalam air liur nyamuk.

Gigitan nyamuk kadang terlihat mirip dengan gigitan serangga lainnya, kamu dapat memberikan penangan khusus bila ternyata gigitan tersebut bukan dari nyamuk. beberapa ciri-ciri gigitan serangga lainnya berikut ini.

Ciri-ciri gigitan serangga lainnya:

  • Gigitan kutu atau chiggers akan terasa sangat gatal dan memiliki titik merah kecil di tengah benjolan yang terlihat seperti melepuh atau jerawat.
  • Gigitan kutu busuk juga berwarna merah dan gatal, kadang tidak hanya satu benjolan namun berkelompok menjadi beberapa benjolan.
  • Ingatlah bahwa gigitan nyamuk tidak begitu menyakitkan, Bila bayi merasa kesakitan akibat gigitan, bisa saja akibat akibat sengatan dari lebah atau tawon dan semut api. 

Baca juga: Cara Ampuh Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi dan Anak

Itulah beberapa cara untuk mengatasi bekas gigitan nyamuk pada bayi. Bila bayi telah digigit nyamuk segera berikan salep untuk mengatasi peradangan dan rasa gatal, namun bila gigitan telah berbekas tidak perlu panik, kamu memiliki waktu yang cukup untuk memudarkan bekas gigitan ditubuh bayi. 

Kamu juga dapat melengkapi perlengkapan perawatan bayi dan segala kebutuhan lainnya dengan mudah hanya di Tokopedia.

banner promo susu popok
Dapatkan semua kebutuhan si kecil mulai dari susu hingga popok bayi termurah dan terlengkap hanya di Tokopedia

Penulis: Claudia Angelista

© 2009-2023, PT Tokopedia