15 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat: Coba Hal Tak Terduga Ini!

0
7631
cara menghilangkan bekas jerawat
Sumber Gambar: Pixabay

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dan cepat. Lakukan hal mudah tapi tak terduga ini agar noda hitam dan bopeng hilang!


Terkadang, bekas jerawat yang banyak akan dirasa menyebalkan. Ketika ada pertemuan penting atau sekadar jalan-jalan di luar rumah, noda hitam bekas jerawat yang tidak kunjung hilang dapat menurunkan kepercayaan diri.

Meskipun jerawat merupakan proses alami kerja tubuh, jerawat yang membekas dan tidak segera menghilang dapat merusak mood tentunya. Bukan hanya itu, bekas jerawat yang tidak hilang pun memiliki risiko yang buruk terhadap kesehatan tubuh.

Misalnya, tumpukan sel kulit mati jerawat akan menjadi sarang kuman dan bakteri. Alhasil, jerawat lainnya akan tumbuh dan meninggalkan bekas jerawat yang baru.

Pastinya, hal itu tidak diinginkan, bukan? Oleh karena itu, bekas jerawat tetap harus segera diatasi jika sudah dianggap mengganggu dan tidak wajar.

Nah, apabila kamu menghadapi permasalahan bekas jerawat yang membandel, coba saja lakukan beberapa rekomendasi cara menghilangkan bekas jerawat yang ampuh sebagai berikut ini!

Baca Juga: Manfaat Air Beras untuk Wajah, Kulit & Rambut, Cantik Instan!

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat secara Alami dan Cepat

Sebenarnya noda jerawat yang telah sembuh bisa berangsur hilang, asalkan kita rutin merawat kulit wajah maupun bagian yang terkena jerawat. Ada beberapa cara efektif yang bahkan mudah untuk dilakukan, simak langkah berikut:

1. Cuci Muka Jangan Lewat!

Jerawat yang tumbuh di area permukaan wajah akan sangat mengganggu apabila jerawat tersebut meninggalkan bekas, apalagi permukaan wajah merupakan bagian tubuh yang paling sering diperhatikan orang-orang. Makanya, bekas jerawat di wajah harus segera diatasi, terutama bekas jerawat membandel, ya.

Agar menghilangkan bekas jerawat yang tersisa di permukaan wajah, kebersihan wajah perlu dijaga secara teratur. Kamu harus cuci muka minimal dua kali sehari. Gunakan juga sabun cuci muka yang mengandung asam hidroksi alpha (AHA).

2. Gunakan Krim atau Gel Khusus

Selain rutin mencuci muka, kamu dapat melakukan cara menghilangkan bekas jerawat yang satu ini. Pada beberapa kasus permasalahan kulit, bekas jerawat akan membutuhkan waktu yang lama untuk menghilang.

Terlebih lagi, bekas jerawat tersebut dapat semakin menghitam dan meninggalkan jaringan parut yang berlebih. Kondisi tersebut disebut dengan hiperpigmentasi.

Jika hal itu terjadi, kamu dapat melakukan cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam dengan menggunakan krim penghilang bekas jerawat, krim penghilang flek hitam, atau gel khusus sejenisnya yang memiliki kandungan niacinamide, allium cepa, pionin, dan mucopolysaccharide polysulfate (MPS).

Bahan kandungan tersebut dapat menyamarkan tekstur kulit yang tidak merata sekaligus membunuh bakteri penyebab jerawat yang ada.

3. Scrubbing dan Peeling Wajah

Barangkali, beberapa orang masih ada yang menganggap kedua kegiatan perawatan diri ini sama. Akan tetapi, nyatanya tidak begitu. Scrubbing dan peeling merupakan dua hal yang berbeda.

Scrubbing adalah tindakan perawatan diri berupa eksfoliasi dengan menggunakan krim, gel, atau sabun yang memiliki butiran-butiran halus, sedangkan peeling adalah tindakan pembersihan kulit yang menggunakan cairan kimia tanpa melibatkan butiran-butiran scrub.

Dengan melakukan scrubbing, sel-sel kulit mati akan terangkat dan terkikis dari permukaan kulit. Sementara itu, peeling akan menstimulan regenerasi kulit.

Perlu diingat juga bahwa kamu tidak boleh menggosok wajah terlalu kuat ketika melakukan scrubbing agar tidak menimbulkan luka.

4. Konsumsi Suplemen untuk Kesehatan Kulit

Upaya menghilangkan bekas jerawat bukan hanya dapat dilakukan dari luar tubuh saja, tetapi juga dapat dilakukan dari dalam tubuh. Salah satunya adalah pengonsumsian suplemen multvitamin.

Beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin D memiliki sejumlah manfaat terhadap kesehatan kulit.

Vitamin A dapat melawan infeksi dan inflamasi yang terjadi di permukaan kulit. Sementara itu, lapisan kulit yang rusak akan diatasi oleh vitamin B dan C. Juga, vitamin D akan turut serta dalam pengendalian hormon tubuh.

5. Minum Air Mineral yang Cukup

Selanjutnya, kamu pun perlu meminum air mineral yang cukup. Cara ini dilakukan agar kesehatanmu semakin optimal, termasuk dalam mengatasi masalah bekas jerawat yang menghitam dan memerah.

Air mineral yang cukup akan memperlancar proses kerja tubuh dan menyehatkan kulitmu sekaligus. Selain itu, air mineral pun dapat mencegah kekeringan dan iritasi pada kulit.

Berdasarkan rekomendasi para ahli kesehatan, seseorang perlu meminum air mineral setidaknya 2 liter (l) per hari.

masker naturgo
Temukan masker Naturgo, salah satu masker wajah terpopuler untuk kecantikan yang kaya nutrisi dan mineral untuk kesehatan kulit dengan harga terbaik di sini!

Baca Juga: Manfaat Masker Kopi untuk Wajah dan Kulit, Bikin Glowing!

6. Andalkan Kunyit sebagai Antioksidan

Jika kamu ingin menghilangkan bekas jerawat secara alami, cobalah untuk menggunakan kunyit. Sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dimiliki kunyit dapat mempercepat penyembuhan jaringan parut.

Untuk menggunakan kunyit sebagai produk herbal penghilang bekas jerawat, caranya yaitu:

  • Campur 1 hingga 2 sendok teh ke dalam perasan lemon.
  • Setelah itu, aduk hingga berbentuk pasta.
  • Selanjutnya, oleskan pasta tersebut ke bagian bekas jerawat dan tunggulah selama 30 menit.
  • Bilas hingga bersih jika sudah selesai.

7. Madu Cegah Peradangan

Si manis madu pun dapat menjadi pilihan alternatifmu untuk menghilangkan bekas jerawat yang menghitam dan memerah. Bekas jerawat yang menghitam dan memerah mengindikasikan bahwa bekas jerawat tersebut telah mengalami iritasi atau inflamasi kulit.

Sementara itu, madu memiliki kandungan alami, seperti antibiotik yang mampu mencegah infeksi dan peradangan. Cara penggunaannya pun terbilang mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan madu saja di bagian bekas jerawat.

8. Minyak Kelapa dengan Kandungan Alami

Terdapat berbagai manfaat yang ada pada minyak kelapa atau coconut oil. Manfaat yang ada tersebut berasal dari kandungan-kandungan alaminya, seperti zat antioksidan, vitamin E, dan vitamin K.

Kandungan-kandungan alami minyak kelapa dapat membantu perbaikan kulit serta menstimulan regenerasi kulit, sehingga kulitmu akan semakin sehat dan terawat.

Gosokkan sesendok teh minyak kelapa di permukaan kulit yang ada bekas jerawatnya, kemudian pijat dengan lembut.

9. Efektivitas Tea Tree Oil

Di dalam pembahasan skincare, khususnya perawatan bekas jerawat, kamu pasti akan menemukan penghilang bekas jerawat yang satu ini. Tea tree oil sudah dikenal manfaatnya untuk kesehatan dan perawatan kulit sejak dahulu.

Kandungan yang terdapat di dalam minyak ini ampuh untuk melawan kuman dan bakteri sekaligus meredakan peradangan berkat zat antimikroba dan antiinflamasinya.

Campurkan maksimal 4 tetes tea tree oil ke dalam sesendok teh minyak kelapa. Aduk hingga merata, lalu oleskan pada bekas jerawat yang dimiliki.

10. Lidah Buaya yang Multifungsi

Siapa yang tidak tahu tumbuhan ini, terutama manfaatnya yang beragam? Ya, lidah buaya sudah dikenal sebagai bahan produk kecantikan dan kesehatan alami yang ampuh mengatasi bermacam permasalahan kulit.

Lidah buaya mengandung polisakarida dan giberelin yang dapat meningkatkan penyembuhan bekas jerawat, serta memiliki sifat antioksidan yang baik.

Penggunaannya pun mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan gel yang terkandung di dalam lidah buaya.

aloe vera
Perbaiki dan pertahankan kesehatan kulit dengan rangkaian produk aloe vera pilihan di sini!

Baca Juga: Obat Jerawat Terbaik: Hilangkan & Cegah Jerawat Membandel

11. Lemon yang Beri Kesegaran

Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah lemon memang terbukti ampuh untuk menyembuhkan jerawat beserta bekas-bekasnya. Gunakan air perasan lemon sebagai masker dan pijat dibagian bekas jerawat.

Meskipun awalnya akan terasa perih tapi jika kamu melakukannya secara rutin, bekas jerawat pun akan berangsur-angsur menghilang.

Asam sitrat pada lemon juga ampuh untuk menghilangkan minyak serta tumpukan kotoran di wajah, sehingga terlihat lebih bersih dan cerah.

12. Buat Masker Mentimun

Mentimun memang sudah terkenal memiliki manfaat untuk kecantikan sehingga sering dijadikan masker. Sensasi dingin masker mentimun akan membuat wajah terasa segar.

Ternyata, mentimun juga memiliki kegunaan untuk mengatasi masalah bekas jerawat. Kandungan air yang banyak pada mentimun dapat menenangkan peradangan pada kulit, sehingga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat.

Cara memanfaatkan mentimun cukup mudah Toppers. Kamu cukup mengiris timun tipis-tipis, kemudian tempelkan irisan timun pada bekas jerawat. Atau kamu juga dapat menghaluskan mentimun dan memakainya menjadi masker.

13. Atasi Noda Hitam dengan Kentang

Kentang ternyata enggak cuma bisa dijadiin kentang goreng aja, Toppers. Kentang juga bisa dipakai untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat yang membandel. Cara memanfaatkannya pun cukup mudah.

Toppers hanya perlu mencuci kentang hingga bersih lalu kupas dan parut kentang tersebut. Kemudian balurkan parutan kentang pada permukaan kulit dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu cuci hingga bersih dengan air hangat.

Kandungan nutrisi dan vitamin pada masker kentang seperti vitamin A, B, C, zat besi, potasium, dan fosfor ternyata juga mampu mengangkat sel kulit mati, mencerahkan kulit sampai mampu mencegah penuaan dini.

14. Scrub Praktis dari Gula Pasir

Siapa sangka kalau salah satu bahan wajib yang ada di dapur ini bisa membantu mempercepat dalam menghilangkan bekas jerawat?

Kamu bisa memanfaatkannya sebagai scrub, caranya sebagai berikut:

  • Siapkan bahan-bahan: gula pasir, minyak zaitun secukupnya dan perasan lemon beberapa tetes.
  • Campurkan bahan-bahan tersebut hingga merata.
  • Setelah menjadi scrub, oleskan pada bagian bekas jerawat di kulit.
  • Jika sudah diaplikasikan merata, tunggu hingga 15 menit.
  • Kemudian, bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih.
  • Lakukanlah 2-3 kali dalam sehari.

15. Manjurnya Bawang Putih

Di berbagai masakan, bawang putih selalu ada tak hanya sebagai pelengkap. Tapi juga menciptakan kenikmatan pada makanan itu sendiri.

Ternyata, bukan soal perut saja bawang putih bisa berjasa. Rempah ini juga bisa membantu perawatan kulit dan menyembuhkan bekas jerawat.

Untuk memanfaatkan kemanjuran bawang putih, berikut langkahnya:

  • Sediakan bawang putih secukupnya.
  • Haluskan bawang putih dengan blender atau ditumbuk.
  • Setelah halus, oleskan bawang putih pada bagian bekas jerawat.
  • Diamkan sejenak hingga 2 menit.
  • Kemudian bilas menggunakan air hangat hingga berasih.

Baca Juga: Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka, Enggak Harus Mahal!

Beberapa cara menghilangkan bekas jerawat tersebut dapat kamu nikmati hasilnya secara efektif, asal kamu konsisten dalam menjalankannya, Toppers. Jika bekas jerawat tetap tidak menghilang atau menimbulkan peradangan berlebih, segera berkonsultasi ke dokter kulit!

jual produk kecantikan
Temukan berbagai kebutuhan perlengkapan kecantikan dari brand-brand terpercaya dan produk berkualitas terbaik di sini!

Penulis: Ichsan Andi Lubis