• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

12 Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata

Share

12 Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata

Kerutan di bawah mata di usia muda bisa mengganggu penampilan. Simak cara hilangkan kerutan bawah mata dengan cepat berikut!


Selain kantung mata, kerutan di bawah mata juga sering membuat orang jadi tidak percaya diri. Kondisi tersebut memberikan kesan lebih tua dari umur yang sebenarnya. Terlebih, mata merupakan salah satu bagian di area wajah yang paling sering diperhatikan wanita. Saat merias wajah, bagian mata hampir selalu jadi sasaran untuk dipercantik menggunakan makeup. Banyak faktor yang bisa menyebabkan adanya kerutan di bawah mata, beberapa di antaranya adalah keturunan genetik, kebiasaan merokok, hingga paparan sinar UV. Berikut beberapa tips sederhana yang bisa kamu coba juga untuk mengatasi kerutan bawah mata di usia muda.

Baca Juga: Berbagai Menu Makanan Sehat Bergizi agar Bugar dan Kebal Penyakit

Cara Mudah Hilangkan Kerutan Bawah Mata

Buat kamu wanita yang berada di usia muda namun sudah memiliki kerutan mata yang mengganggu penampilan, di bawah ini beberapa cara cepat menghilangkan kerutan di bawah mata. Cepat di sini bergantung pada ketekunan kamu dalam merawat area mata ya, Toppers. Yuk simak artikel berkut!

1. Rutin Pakai Sunscreen

cara hilangkan kerutan bawah mata, sunscreen

Sumber Gambar: Southern Living

Supaya kerutan bawah mata hilang, cobalah untuk rutin menggunakan sunscreen setiap hari. Sinar UV disebut-sebut sebagai biang keladi berkurangnya sintesis kolagen kulit. Kolagen berperan untuk membuat kulit terlihat awet muda, kenyal, dan bebas keriput. Namun, kolagen ini rentan rusak bila terpapar sinar UV secara berlebihan. Oleh sebab itu, gunakanlah sunscreen sebelum melakukan aktivitas di luar untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV sehingga bisa mengurangi kerutan pada mata.

2. Gunakan Krim Mata

cara hilangkan kerutan bawah mata, eye cream

Sumber Gambar: Sephora

Kulit di area mata cenderung lebih tipis dan rapuh jika dibandingkan dengan jenis kulit lainnya. Penggunaan eye cream akan membantu melembabkan kulit di area mata sehingga garis halus dan keriput tidak mudah muncul. Penggunaan eye cream juga bisa kamu gantikan dengan menggunakan pelembab wajah yang ringan. Namun, eye cream biasanya diformulasi lebih ringan tetapi menawarkan bahan-bahan yang menghilangkan atau menyamarkan kerutan di bawah mata, kantung hitam, atau bengkak.

3. Pijat Area Kulit di Bawah Mata

cara hilangkan kerutan bawah mata, pijat

Sumber Gambar: Berkeluarga.id

Menurut seorang ahli kulit Lily Talakoub, MD, FAAD, dari McLean Dermatology Center, pijat atau senam wajah membantu merangsang aliran darah. Ketika aliran darah di area wajah lancar, ini membantu menghilangkan kerutan di bawah mata.

4. Mengonsumsi Kentang

cara hilangkan kerutan bawah mata dengan kentang

Sumber Gambar: News Track Live

Kentang memiliki kandungan mineral yang dapat berperan sebagai antibiotik alami dalam mencegah penuaan dini. Selain itu, kandungan ini juga berfungsi efektif untuk regenerasi kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati. Alhasil, hal ini dapat menyingkirkan noda atau flek wajah dan menghambat proses penuaan dini. Kamu dapat merebus dan menghaluskan kentang, lalu campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta untuk mengoleskannya ke wajah.

5. Ubah Posisi Tidur

cara hilangkan kerutan bawah mata, posisi tidur

Sumber Gambar: SehatQ

Selain istirahat yang cukup, ternyata posisi tidur telentang dapat dijadikan salah satu cara menghilangkan kerutan di bawah mata. Hindari posisi tidur dengan tubuh miring atau tengkurap yang dapat membuat lipatan, kerutan, dan garis halus di area mata.

6. Oleskan Minyak Zaitun

cara hilangkan kerutan bawah mata dengan minyak zaitun

Sumber Gambar: The Pioneer Women

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan memang sangat melimpah. Hal ini karena kandungan vitamin E dan K dalam minyak zaitun baik untuk kulit. Mengoleskan sedikit minyak zaitun pada area sekitar mata dapat membantu menjaga kelembapan kulit, lho. Oleskan pada permukaan kulit bawah mata. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih.

Baca Juga: Pengertian dan Cara Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak
lilin aromaterapi

Nyalakan lilin aromaterapi, pilih aroma yang tenangkan hati.

7. Hindari Stres

cara hilangkan kerutan bawah mata

Sumber Gambar: Smart Techs

Cara mengatasi kerutan di bawah mata berikutnya adalah menghindari stres. Saat kamu stress, tubuh akan mengeluarkan hormon stres atau kortisol secara berlebihan pada aliran darah. Peningkatan produksi hormon kortisol dapat menyebabkan pemecahan sel-sel di kulit, tak terkecuali area di sekitar mata.

8. Hindari Merokok

cara hilangkan kerutan bawah mata, hindari rokok

Sumber Gambar: Medical News Today

Cara menghilangkan kerutan di bawah mata selanjutnya ialah dengan tidak merokok dan menghindari rokok. Ini karena rokok dapat mempercepat proses penuaan dini dan memecah kolagen sehingga merusak elastisitas kulit. Tentunya hal ini dapat membuat keriput dan kerutan di bawah mata bersemayam di bawah mata.

9. Memanfaatkan Madu

cara hilangkan kerutan bawah mata dengan madu

Sumber Gambar: Women Health Magz

Semua orang tahu bahwa madu banyak manfaatnya. Salah satunya, madu dapat mengatasi kerutan bawah mata. Kandungan dalam madu dipercaya membantu mengencangkan dan mencerahkan kulit. Oleskan madu mentah di bawah mata atau campurkan dengan tepung beras untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Tepung beras mengandung antioksidan yang mampu menghidrasi kulit dengan baik.

10. Gunakan Kulit Jeruk

cara hilangkan kerutan bawah mata dengan kulit jeruk

Sumber Gambar: Pinterest

Kulit jeruk dipercaya dapat berperan penting dalam menjaga kesehatan dan mengencangkan kulit wajah. Pasalnya kandungan antioksidan pada kulit jeruk dapat memperbaiki kerusakan yang disebabkan karena radikal bebas sehingga kulit wajah akan terlihat kencang dan menghambat proses penuaan dini. Keringkan kulit jeruk dan tumbuk hingga halus. Setelah itu, campur dengan sedikit air hingga berbentuk pasta, lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit.

11. Pakai Masker Pepaya

cara hilangkan kerutan bawah mata dengan pepaya

Sumber Gambar: Pulse Nigeria

Pepaya mengandung vitamin A, C dan E yang berfungsi sebagai antioksidan dalam membantu menutrisi dan melembabkan kulit. Kandungan tersebut juga berperan penting dalam menghilangkan kulit mati, membersihkan kotoran pada wajah dan membantu mengencangkan kulit wajah. Cara mendapatkan manfaat dari buah pepaya cukup mudah, haluskan pepaya dan oleskan di wajah lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air hingga bersih.

12. Perawatan Laser

cara hilangkan kerutan bawah mata dengan laser

Sumber Gambar: Laser Skin Care Australia - YouTube

Selain cara alami, kamu juga bisa menghilangkan kerutan bawah mata dengan cara medis melalui perawatan laser. Tindakan ini dilakukan dengan memberikan sinar laser pada area bawah mata. Penggunaan laser bertujuan untuk merangsang produksi elastin dan kolagen sehingga kulit baru yang tumbuh akan lebih kencang dan halus. Dengan cara ini tentunya kerutan dan garis-garis halus pada area bawah mata dapat tersamarkan.

Baca Juga: Manfaat Pola Hidup Sehat dan Bersih, Nikmati Hasilnya!

Itu dia beberapa cara menghilangkan kerutan di bawah mata. Rawat dan jagalah kulitmu bukan hanya untuk tujuan kecantikan, namun demi kesehatan diri juga, Toppers. Beberapa bahan di atas yang bisa bantu hilangkan kerutan di bawah mata ternyata tersedia juga di Tokopedia lho, Toppers. Mulai dari berbagai buah-buahan, madu, hingga minyak zaitun, semuanya ada di Tokopedia! Yuk, tunggu apa lagi? Cek Tokopedia sekarang juga dan dapatkan diskon serta promo menarik lainnya!

perawatan tubuh

Harimu panjang dan melelahkan? Manjakan diri dengan perawatan tubuh di rumah!

Penulis: Rizfa Putri Khainayya

© 2009-2024, PT Tokopedia