Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES
6 Cara Menghilangkan Kutu Beras: Efektif dan Ampuh Basmi Kutu
18 June 2021
Visitor counter icon0Comment icon0
Share icon
Share
Cara Menghilangkan Kutu Beras
Cara Menghilangkan Kutu Beras

Jangan khawatir bila kutu beras mulai datang, kamu bisa menghilangkan dan mencegahnya secara efektif dengan menyimak cara berikut ini!


Cara Menghilangkan Kutu Beras ā€“ Kutu beras atau yang dikenal dengan nama ilmiah Sitophilus oryzae, merupakan hama yang sangat mengganggu. Tidak hanya di beras, hama ini juga dapat ditemukan di gandum dan jagung.

Keberadaan kutu beras tentu saja membawa berbagai kerugian, seperti nutrisi beras yang berubah, hingga tekstur dan rasa beras yang tidak lagi sama. Bahkan untuk beberapa orang yang secara tidak sengaja menelan kutu beras, ternyata dapat memicu reaksi alergi seperti mual dan muntah-muntah.

Jangan khawatir bila kamu menemukan kutu beras, karena tentu saja kutu beras dapat dibasmi dengan efektif, cara menghilangkannya pun cukup mudah dan cepat. Simak cara menghilangkan kutu beras selengkapnya berikut ini!

BACA JUGA:  6 Cara Menanam Sawi Hidroponik yang Benar

Cara Menghilangkan Kutu Beras

Kutu Beras
Sumber Gambar: Bhg.com.au

Tidak perlu khawatir jika kamu menemukan kutu beras, karena hama tersebut dapat dihilangkan secara mudah. Namun, kamu tetap harus mencegahnya agar tidak datang lagi. Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan kutu beras:

1. Gunakan Cengkeh

Cengkeh
Sumber Gambar: Freepik

Gunakan cengkeh dan taruh dalam butiran beras, cengkeh memiliki aroma yang tidak begitu disukai kutu beras. Namun, bisa saja aroma atau rasa dari beras menjadi berubah akibat cengkeh.

Kamu bisa menaruh cengkeh dalam mangkuk kecil dan letakkan di antara beras, saat kutu beras mulai keluar, kamu bisa mengangkat cengkeh dari antara beras.

2. Masukkan Beras dalam Wadah yang Kedap Udara

Wadah Kedap Udara
Sumber Gambar: tspsonghe.sg

Biasanya kutu beras masuk diantara celah-celah karung beras, oleh sebab itu kamu harus menghindari menaruh beras begitu saja pada tempat terbuka untuk waktu yang lama. 

Kutu beras juga dapat bertelur dengan cepat hingga berjumlah ratusan, mungkin saja awalnya hanya dua yang masuk, namun minggu depan bisa jadi ratusan kutu yang bersarang di dalamnya. Pastikan kamu menaruh beras dalam wadah yang tertutup rapat.

3. Hindari Menaruh Beras pada Tempat yang Lembab

Hindari Tempat Lembap
Sumber Gambar: Pexels

Tempat yang lembab juga membantu kutu beras memperbanyak jumlahnya. Udara yang lembab jadi tempat yang nyaman untuk mereka. Sehingga kamu harus memastikan beras berada pada tempat yang kering dan terjaga kebersihannya.

Bila kamu tidak memperhatikan kebersihan tempat menaruh beras, maka kutu beras bisa bersarang dengan mudah di dalamnya tanpa kamu ketahui, hingga jumlahnya sudah semakin banyak dan beras telah kehilangan nutrisinya.

4. Gunakan Serai

Serai
Sumber Gambar: Freepik

Serai telah lama digunakan untuk mengusir beberapa hama, termasuk kutu beras. Biasanya serai dibuat dalam bentuk ekstrak, sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak serai dan daun jeruk dapat membunuh kutu beras dengan efektif.

Kamu juga bisa mencoba menaruh daun serai diantara beras untuk mengusir keberadaan kutu beras sambil tetap menjaga kebersihan tempat kamu menaruh beras.

5. Jemur di Bawah Sinar Matahari

Jemur Beras
Sumber Gambar: Pexels

Kamu bisa menjemur beras di bawah sinar matahari langsung. Namun hindari agar jangan sampai semut datang pada tempat tersebut, letakkan beras di atas nampan dengan mengarah pada sinar matahari.

Tidak perlu lama, cukup 15 menit sehari hingga kutu mulai keluar dari beras kamu, lalu letakkan kembali beras tersebut dalam wadah tertutup yang bebas lembab.

6.  Gunakan Cuka Putih

Kutu Beras
Sumber Gambar: Pestwiki

Cuka dapat membunuh serangga dalam beras serta menjadi larutan pembersih yang baik/ cuka putih aman digunakan di dapur karena tidak beracun bagi manusia dan hewan peliharaan.

Kamu bisa menggunakan cuka putih yang dicampur sedikit alkohol, lalu menyemprotnya pada area sekitar dapur dan area tempat beras berada, untuk mencegah kutu beras bersarang dan bertelur dalam beras kamu.

BACA JUGA: Tips Memilih Keramik Dinding Dapur: Tingkatkan Mood Memasak


Itu dia Toppers beberapa cara untuk menghilangkan kutu beras secara efektif. Kamu tidak perlu lagi khawatir kehilangan nutrisi beras. Kamu cukup mengikuti beberapa cara diatas dan pastikan tempat beras kamu selalu bersih.

Kamu juga dapat menemukan wadah kedap udara terbaik dengan berbagai pilihan hanya di Tokopedia!

jual peralatan dapur
Temukan berbagai peralatan dapur modern terlengkap dengan harga termurah di sini!
TAGS
Share icon
Share

RELATED ARTICLES

MORE FROM AUTHOR

Editor Picks
Popular Posts
Jadwal Pengiriman Pesanan Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2020
Popular Category
    Ā© 2009-2021, PT Tokopedia