Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih, Mudah dan Ampuh!

20 May 2022
Share icon
Share
10 Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih, Mudah dan Ampuh!

Ikuti cara menghilangkan noda kuning di baju putih berikut agar terlihat seperti baru. Gampang, bisa pakai bahan dapur!


Memiliki baju putih bisa jadi masalah apabila terkena noda bandel setelah seharian beraktivitas. Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui cara menghilangkan noda kuning di baju putih, Toppers. Pakaian berwarna putih sangat rentan pada kotoran ataupun perubahan warna, khususnya di bagian ketiak. Kamu dapat mengembalikan warna putih seperti baru dengan beberapa teknik dan bahan mencuci baju. Tidak cuma deterjen dan pemutih biasa yang bisa kamu gunakan, kamu dapat memanfaatkan bahan alami yang ada di rumah atau juga bisa dibeli di toko terdekat.

Baca Juga: Cara Aman dan Praktis Menghilangkan Noda Minyak pada Pakaian

Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih

Berikut ini cara menghilangkan noda kuning di baju putih yang mudah dan ampuh. Rawatlah baju putih kamu agar selalu terlihat seperti baru dan rapih.

1. Menggunakan Deterjen dan Pemutih

Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih dengan deterjen

Sumber Gambar: Pexels

Cara pertama yang lazim digunakan adalah menggunakan campuran deterjen dan pemutih. Pemutih pakaian biasanya memiliki kandungan utama hidrogen peroksida atau sodium hypochlorite yang ampuh menghilangkan noda. Cukup mudah untuk menggunakan pemutih. Oleskan pemutih pakaian terlebih dahulu di atas noda bandel pakaian. Tunggu selama beberapa menit. Jika sudah, kucek pakaian secara perlahan dan cuci biasa dengan deterjen.

2. Pakai Sabun Pencuci Piring

Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih dengan sabun cuci piring

Sumber Gambar: Pexels

Selain digunakan untuk mencuci piring, sabun cuci piring, khususnya sabun colek, mampu untuk membersihkan noda kuning di pakaian, Toppers. Ya, karena bahan yang satu ini memiliki kandungan yang mampu menghilangkan lemak. Kamu hanya perlu mengoleskan sabun pencuci piring ke noda pakaian, lalu diamkan selama 10–15 menit. Terakhir, bilas pakaian sampai bersih. Disarankan untuk menggunakan sabun ini secukupnya agar busanya tidak berhamburan keluar.

3. Air Perasan Lemon dan Garam

Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih dengan garam dan lemon

Sumber Gambar: Pexels

Perasan lemon memang memiliki begitu banyak khasiat baik untuk tubuh maupun pakaian. Bahan alami ini memiliki kandungan keasaman yang cukup tinggi dengan 5% asam nitrat. Karenanya, perasan lemon mampu untuk meluruhkan segala kotoran di pakaian bersama dengan garam. Cara menghilangkan noda kuning di baju putih dengan garam dan lemon adalah dengan mencampurkan dua gelas perasan lemon dan secangkir kecil garam. Setelah itu, rendam pakaian bernoda kamu dan diamkan selama beberapa menit. Pakaian akan segera bersih setelah dibilas dan dikeringkan di bawah terik sinar matahari.

4. Pasta Gigi

Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih dengan pasta gigi

Sumber Gambar: Unsplash

Pasta gigi adalah bahan yang ampuh untuk membersihkan pakaian kamu dari noda. Toppers hanya perlu aplikasikan pasta gigi di bagian pakaian yang terkena noda, lalu gosok hingga noda hilang. Sisanya, Toppers hanya perlu bersihkan pakaian tersebut seperti biasa dengan deterjen.

5. Baking Soda

Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih dengan baking soda

Sumber Gambar: Pexels

Baking soda atau biasa dipakai sebagai pengembang kue, memiliki nilai kegunaan rumah tangga dan kesehatan yang banyak. Bahan yang memiliki nama kimia Sodium Bicarbonate ini bisa menjadi alternatif obat kumur, deodoran, bahkan pencuci pakaian. Cara menggunakannya Toppers larutkan satu atau dua cangkir baking soda ke dalam air hangat. Kemudian, siapkan air dingin di ember cucian dan larutkan cangkir baking soda ke dalam ember tersebut. Lalu, taruh pakaian bernoda ke dalam ember cucian semalaman.

Baca Juga: Cara Menggunakan Mesin Cuci Berdasarkan Jenisnya bagi Pemula

6. Cuka Putih

Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih dengan cuka

Sumber Gambar: Shutterstock

Bumbu dapur yang satu ini mudah dicari di berbagai toko swalayan atau warung. Tidak hanya mampu membersihkan noda, cuka putih juga bisa menghilangkan bau tak sedap di pakaian. Noda ringan yang ada di pakaian bisa hilang dengan satu sendok makan cuka putih dan cuka apel. Apabila di pakaian Toppers muncul noda bandel, campurkanlah sedikit hidrogen peroksida atau pemutih dengan cuka putih, dijamin noda berat akan terangkat!

7. Aseton (Pembersih Kutek)

Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih dengan pembersih kutek

Sumber Gambar: News Track

Aseton adalah bahan utama dari pembersih cat kuku atau kutek. Selain itu, kegunaan aseton juga bisa menghilangkan sisa stiker di rumah, menghilangkan lem super, hingga menghilangkan noda di pakaian. Penggunaan aseton sangat cocok untuk menghilangkan noda tinta pena atau printer yang membekas di pakaian. Untuk membersihkan noda bandel, ambil satu botol aseton dan larutkan dengan dua bagian air. Gunakan kain atau kapas lain untuk mengoleskan larutan aseton dengan noda tinta sampai hilang.

8. Penyedap Makanan (MSG)

Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih dengan micin

Sumber Gambar: Getty Images

Monosodium Glutamat (MSG) atau yang terkenal dengan nama micin tidak hanya memberikan rasa sedap untuk makanan. Melainkan bisa jadi alternatif pencuci pakaian yang efektif membersihkan noda luntur. Caranya, kamu campurkan air hangat, deterjen secukupnya, dan micin ke dalam ember. Rendam pakaian dengan noda luntur ke campuran tersebut dan diamkan selama 30 menit kedepan. Perlu diingat untuk deterjen tidak boleh lebih banyak daripada micin. Setelah semua telah dilakukan, Toppers tinggal mencuci pakaian tersebut seperti biasa.

9. Aspirin

Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih dengan aspirin

Sumber Gambar: Unsplash

Aspirin adalah obat untuk meredakan nyeri, namun bisa juga digunakan untuk membasmi noda. Cara penggunaannya, kamu perlu hancurkan dan larutkan lima tablet aspirin ukuran 325mg di air panas. Lalu, rendam pakaian bernoda semalaman. Pakaian kamu akan semakin putih dan noda pun menghilang.

10. Belimbing Wuluh

Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih dengan belimbing wuluh

Sumber Gambar: Pixabay

Cara menghilangkan noda kuning selanjutnya adalah dengan gosokan dari belimbing wuluh ampuh untuk menghilangkan noda pakaian. Jangan salah, buah kecil ini memiliki kandungan asam yang begitu kuat sama seperti lemon atau jeruk nipis. Toppers potong belimbing hingga dua bagian, lalu gosokkan belimbing wuluh ke noda baju hingga terangkat. Setelah itu, Toppers hanya perlu mendiamkan pakaian lalu cuci seperti biasa dengan deterjen.

Baca Juga: Trik & Cara Cuci Karpet di Rumah: Basmi Debu, Bakteri dan Noda

Toppers, itulah cara membersihkan noda kuning di pakaian yang bisa kamu coba. Menghilangkan noda kuning di bagian ketiak atau lainnya dengan menggunakan bahan alami yang kamu temukan di dapur, mudah bukan? Temukan perlengkapan laundry dan berbagai mesin cuci hemat listrik dengan harga terbaik dan gratis ongkir hanya di Tokopedia.

perabotan rumah modern

Rumah jadi cantik dengan dekorasi yang ciamik. Temukan di Tokopedia!

Penulis: Melly Yustin Aulia

TAGS
    Share icon
    Share

    RELATED ARTICLES

    9 Inspirasi Resep Bekal Anak TK yang Bergizi, Praktis dan Murah
    Home and Living
    9 Inspirasi Resep Bekal Anak TK yang Bergizi, Praktis dan Murah
    Editor Picks
    12 Hair Tonic Terbaik: Atasi Rontok, Rambut pun Sehat dan Kuat!
    12 Hair Tonic Terbaik: Atasi Rontok, Rambut pun Sehat dan Kuat!
    Popular Category
      © 2009-2022, PT Tokopedia