• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

11 Cara Mengusir Lalat: Bahan Alami Ini Ternyata Ampuh

Share

11 Cara Mengusir Lalat: Bahan Alami Ini Ternyata Ampuh

Cara mengusir lalat dengan cepat dan efektif. Mulai melakukan kebiasaan baik yang ringan hingga menggunakan bahan alami.


Toppers pasti sudah pada tahu dong, serangga bersayap yang suka hidup di tempat kotor yang satu ini merupakan biang keladi dalam urusan menularkan virus, bakteri, dan parasit kepada manusia.

Lalat sangat menyukai tempat lembap seperti genangan air, bak sampah, atau selokan. Tidak heran hewan ini dianggap jorok dan sumber berbagai penyakit.

Beberapa masalah kesehatan yang dapat disebabkan oleh lalat antara lain diare, disentri, tipus, kolera, hingga hepatitis A.

Baca Juga: Cara Mengusir Tikus: Praktis dan Ampuh dengan Bahan Alami

Cara Mengusir/Membasmi Lalat di Rumah

cara mengusir lalat secara alami, cara mengusir lalat di rumah
Sumber Gambar: Universal.org

Lalat rumah hampir ada disetiap hunian. Meskipun begitu mengusir atau mencegah lalat bukanlah hal rumit. Salah satunya, tentu dengan menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita. Berikut penjelasan lengkap cara membasmi lalat agar tidak betah berlama-lama di rumah:

1. Rutin Membersihkan Tempat Sampah

Tempat sampah yang kotor apabila tidak segera dibersihkan dapat menimbulkan bau serta mengundang lalat untuk hinggap dan bertelur di sana. Oleh sebab itu, sangat penting untuk membersihkan tempat sampah secara menyeluruh minimal satu kali dalam seminggu.

Kamu juga bisa melapisi tempat sampah dengan plastik agar lebih rapi dan menghindari bau menyebar disekitar rumah.

2. Menggantungkan Kantong Air di Rumah

Salah satu cara tradisional yang efektif mengusir lalat adalah dengan menggantungkan kantong berisi air. Cara ini umumnya digunakan pada rumah makan atau pedagang keliling untuk mencegah lalat hinggap.

Pantulan cahaya pada kantong berfungsi mengganggu dan mengaburkan penglihatan lalat.

3. Merawat Tanaman Herbal dan Bunga

Merawat tanaman herbal seperti kemangi, lavender, daun salam, dan bunga buntut kucing dapat membuat rumah kamu terbebas dari lalat. Wewangian dari tumbuhan tersebut tidak disukai lalat.

Kamu bisa menanamnya di kebun atau pot kecil dalam rumah. Selain efektif mencegah kehadiran serangga si pembawa kuman, kamu juga bisa menggunakannya untuk bumbu masak.

4. Pasang Bohlam Kuning

Memasang bohlam lampu kuning di seluruh bagian rumah merupakan salah satu cara ampuh mengusir lalat pada saat malam hari. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang menyebutkan cahaya kuning tidak disukai oleh lalat.

5. Bakar Lilin Serai (Citronella Candle)

Lilin aromaterapi terbukti efektif mencegah berbagai hewan dans erangga seperti nyamuk dan lalat. Asap dan aroma lilin serai khususnya sangat dibenci serangga yang satu ini.

Kamu bisa membakar lilin ini di tempat-tempat lembap atau sekitar tempat sampah.

Lilin Aromaterapi
Wangi yang menenangkan, membuat stres menjauh dari diri. Temukan lilin aromaterapi pilihan di sini!

Baca Juga: Obat Anti Rayap Terbaik, Dijamin Ampuh agar Rumah Tak Rapuh!

6. Bersihkan Kotak Kotoran Hewan Peliharaan

Selain tempat sampah, kotak pasir kotoran hewan merupakan sarang kuman. Jika kamu memiliki hewan peliharaan di rumah sebaiknya sering-sering membersihkan kotak pasir.

Selain itu, bersihkan juga kotoran hewan yang tersebar di halaman rumah agar tidak mengundang lalat. Perhatikan juga kebersihan hewan peliharaan kamu, pastikan tidak menempelkan kuman ke barang-barang di dalam rumah.

7. Campuran Larutan Cuka dan Sabun Cuci Piring

Campuran cuka dan sabun cuci piring dapat menjebak lalat. Caranya cukup mudah kamu hanya perlu mencampurkan sekitar satu inci cuka sari apel dan beberapa tetes sabun cuci piring ke dalam gelas tinggi, kemudian tutup dengan plastik yang sudah di lubangi.

Tunggu beberapa saat, bau cuka apel akan menarik perhatian lalat, sedangkan sabun cuci piring menjebak lalat hingga tenggelam.

8. Gunakan Perangkap Lalat

Cara paling efektif dan cepat mengusir lalat selanjutnya adalah menggunakan perangkap seperti raket listrik.

Umumnya raket ini digunakan untuk membunuh nyamuk, namun alat ini juga bisa digunakan untuk membunuh lalat disekitar kamu. Selain raket, ada juga lem perekat lalat yang bisa kamu beli di pasaran.

9. Semprotkan Larutan Cabai Rawit dengan Air

Selain raket nyamuk kamu juga bisa memanfaatkan air campuran cabai rawit untuk di semprot di sekitar rumah. Cara ini terbukti efektif membuat serangga bersayap ini terbang jauh menghindari area yang telah disemprot.

 10. Pasang Perangkap Alami

Selain perangkap cuka apel dan sabun cuci piring. Masih ada cara mengusir lalat secara alami lainnya dengan memasang perangkat alami menggunakan bahan-bahan seperti madu, molase, anggur, dan buah jeruk yang dikombinasikan dengan wangi cengkeh.

11. Usir dengan Kapur Barus

Menebar kapur barus di dekat tempat sampah atau toilet dapat mengusir bau dan hewan seperti kecoa atau lalat. Kapur barus juga berfungsi mencegah timbulnya jamur di dalam lemari akibat udara lembap.

Baca Juga: Jenis Tanaman Hias Daun: Rumah Jadi Lebih Anggun

Meskipun terlihat remeh, lalat merupakan salah satu hewan yang berbahaya khususnya saat mereka hingga ke atas makanan yang akan kamu makan. Dengan mengikuti trik di atas semoga bisa menjadi solusi efektif melindungi hunian kamu dari lalat rumah.

jual aromaterapi
Temukan produk-produk aromatherapy pilihan dan rasakan manfaatnya bagi tubuh!

Penulis: Andina Naza Apriliani

© 2009-2024, PT Tokopedia