7 Cara Mengusir Semut paling Ampuh

2927

7 Cara Mengusir Semut paling Ampuh – Toppers, pernahkah kamu tinggalkan makanan manis kesayangan di meja dan ketika kembali, sudah dipenuhi oleh semut? Sangat sulit untuk mengambilnya kembali tentu. Ingin lanjut melahapnya kembali tapi malah khawatir akan kebersihannya, takut terjangkit penyakit ataupun dengan alasan sudah malas karena ‘disentuh’ pihak lain. Nah kalau itu yang terjadi pada daerah sekitar kamu, maka kini saatnya mengusir semut dari area tersebut!

Seringkali banyak gangguan hinggap di area sekitar kita, seperti rumah atau kantor. Banyak hewan-hewan mengangu, seperti cicak, tikus, ataupun semut. Nah, khusus untuk semut, sangat sulit untuk mengusir semut karena jumlahnya yang banyak dan ‘serangan’ terorganisir. Tapi, tak perlu khawatir karena dengan baca artikel ini, maka kamu bisa mengusir semut dengan cara-cara mudah dan efektif! Yuk lanjut lihat cara mengusir semut paling ampuh!

Cara Mengusir SemutSumber: Cleanpedia

7 Cara Mengusir Semut paling Ampuh

Ketahuilah Cara Kerja Semut

Sebelum lebih jauh membahas mengenai cara mengusir semut, kamu wajib mengetahui bagaimana semut bekerja. Hanya ada 2 tipe semut, yaitu koloni semut dan ratunya. Yang selalu kamu lihat mondar-mandir mencuri makanan ataupun menganggu sekitarmu adalah para pekerja. Sementara sang ratu tidak pernah meninggalkan sarangnya, diberi makan oleh para pekerja untuk bereproduksi untuk menghasilkan semut kembali. Kamu bisa membunuh terus-terusan para pekerja, namun akan hadir kembali semut-semut baru karena kamu tidak membunuh sang ratu.

Baca juga: Cara Menghilangkan Baret pada Mobil

Penangkal Semut Alami

Pertama, kamu bisa menggunakan berbagai penangkal semut alami, seperti bubuk kopi, kayu manis, atau cabai merah. Bahan-bahan ini merupakan salah satu cara mengusir semut dengan hemat karena tidak disukai oleh semut dan kamu tak perlu repot dan sulit mencarinya. Buat bubuk tersebut seolah menjadi garis pembatas untuk semut di sekitar rumah, seperti tempat masuk semut dari jendela, pintu dan lainnya. Jangan biarkan ‘garis’ terputus karena dapat dengan mudah dilewati oleh semut jika ada jarak terlupakan.

Tanah Diatom

Cara Mengusir SemutSumber: pan xiaozhen

Tanah diatom merupakan tanah hasil dari fosil diatomik, kemudian digiling hingga seperti bubuk. Tanah ini secara tidak langsung merupakan salah satu bentuk insektisida, karena dengan penggunaan tanah ini serangga dapat dibasmi dengan mudah. Tanah diatom merupaka cara mengusir semut ampuh, tinggal taburkan di area rumah, terutama pada tempat-tempat yang dilewati oleh semut, dan rasakan khasiat tanah diatom, tak hanya bagi semut namun juga serangga lain. Memiliki partikel kecil fosil yang dapat merusak dan mengganggu semut, partikel fosil ini tajam dan dapat membunuh dan membasmi semut.

Gunakan Cuka

Cara mengusir semut sederhana juga ampuh dengan menggunakan cuka. Kamu bisa campurkan cuka dengan air, namun ingat ya harus cuka putih, karena semut kurang suka dengan bau tajam dari cuka. Campur bagian cuka dengan sebagian air, dan masukkan ke dalam sebuah botol semprotan untuk mempermudah proses aplikasi. Kamu dapat semprotkan langsung kepada semut, ataupun disemprotkan pada daerah-daerah tempat semut bersirkulasi.

Siram dengan Air Mendidih

Selanjutnya, cara mengusir semut paling ampuh adalah dengan langsung menginvasi rumah semut. Pertama-tama, kamu harus ikuti kemana semut tersebut berkeliaran. Pastinya, setelah mengambil sumber makanan, semut akan pulang ke tujuan tertentu. Setelah mengetahui tempat bersarang semut-semut tersebut, kamu bisa langsung membuat air, didihkan hingga panas, dan langsung kamu tuangkan ke sarang semut tersebut. Umumnya, kamu bisa melakukan ini apabila sarang semut berada di tanah, dan menuang langsung air panas ke dalam lubang masuk. Air panas akan membunuh semua semut yang berada di dalamnya. Pastikan air masuk hingga ke paling dalam karena biasanya di sanalah tempat ratu koloni semut berada.

Lemon

Selain cuka, salah satu elemen kecut dapat kamu gunakan untuk mengusir semut adalah dengan buah lemon. Dari buah lemon, kamu buat larutan air dari buah tersebut. Setelahnya, jika berkenan kamu bisa masukkan ke dalam wadah khusus untuk mempermudah penyemprotan. Semut tidak menyukai asam sitrat terkandung dalam lemon, sehingga menyemprotkannya ke berbagai daerah di sekitar rumah atau tempat tinggalmu akan mengusir semut.

Bersihkan Area

Tentunya, salah satu cara terbaik untuk mengusir semut adalah dengan membersihkan seluruh daerah rumah kamu. Kamu wajib untuk membersihkan dapur dan meja makan setelah makan, juga jangan membawa makanan ke dalam kamar ataupun tempat lain yang mudah dijangkau oleh para semut. Pastikan juga tidak ada bekas makanan tercecer ataupun kotoran berserakan di sekitar rumah kamu, agar semut sungkan untuk mencari makanan di rumah kamu dan tak ingin mendatangi!

Baca juga: Cara Ampuh Menghilangkan Bau Sepatu dengan Mudah

Itu dia tadi 7 cara mengusir semut paling ampuh! Banyak dari cara tersebut dapat kamu lakukan dengan mudah dan hemat, tak perlu harus mengeluarkan banyak uang! Selain itu, tentunya dalam mengusir dan membasmi semut kamu harus sabar dan tidak boleh terburu-buru. Semut merupakan hewan terorganisir, sehingga sulit untuk dibasmi apabila kamu melakukan dengan cepat-cepat! Selamat mencoba dan mengusir semut ya Toppers!

karbol sereh

Bagikan Artikel