Cara menyembuhkan Pilek dan Flu saat Musim Dingin

1186
cara menyembuhkan pilek dan flu

Cara menyembuhkan Pilek dan Flu – Pilek dan flu sering banget menyerang banyak orang apalagi saat musim dingin dan hujan. Penyakit ini bisa ditularkan lewat udara, kontak langsung ataupun lewat perantara seperti fasilitas umum. Pilek dan penyakit flu ini disebabkan oleh berbagai virus dengan gejala seperti bersin, batuk, hidung meler, demam, dan sakit kepala yang pastinya enggak menyenangkan. Tapi, daripada minum terlalu banyak obat, ada beberapa cara mudah untuk menyembuhkan pilek dan batuk secara alami dan efektif lho.

Berikut beberapa cara menyembuhkan pilek dan flu saat musim dingin yang bisa kamu lakukan secara alami dan praktis:

Baca juga: Baju Nggak Kering dan Bau di Musim Hujan? Ini Solusinya!

Cara menyembuhkan Pilek dan Flu saat Musim Dingin

Gunakan Aroma Menthol atau Mint

Sering menghirup aroma menthol atau mint ternyata bisa ampuh untuk meredakan penyakit flu, pilek, dan gangguan pernapasan lainnya. Kamu bisa langsung menghirup aroma dari daun mint yang sudah di cuci bersih atau air panas yang direbus dengan daun mint. Selain itu, kamu juga bisa mengoleskan aroma minyak kayu putih pada bawah hidung, bagian tenggorokan , punggung dan juga dada agar berasa hangat dan hidung tersumbat bisa cepat hilang atau reda.

Minum Ramuan Ginseng

Kamu sudah tahu belum kalau ginseng juga efektif banget untuk membantu tubuh melawan virus penyebab pilek? Untuk menyembuhkan pilek dan flu dengan ginseng, kamu tinggal mengkonsumsi ramuan ginseng atau teh yang mengandung bahan ginseng. Ginseng ini merupakan bahan akar tradisional khas Cina yang dipercaya bisa melawan infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara yang alami. Ginseng enggak hanya bisa dimasukkan dalam minuman lho, kamu juga mencampurnya dengan bahan makanan seperti sup atau bubur dan bisa lebih hangat dan lezat sampai ke perut.

Kaldu non MSG

Memakan Sup atau Kaldu Ayam

Pada saat kamu terkena pilek dan flu pastinya lidah terasa hambar sehingga biasanya enggak nafsu makan dan tubuh menjadi lebih lemah. Supaya tubuhmu lebih kuat dan segar, kamu bisa mencoba memakan sup atau sup kaldu tulang ayam. Sup ayam ini sudah menjadi makanan yang penting banget dikonsumsi ketika pilek bagi masyarakat Cina, Korea dan Jepang lho.

Kaldu yang dihasilkan dari tulang dan daging ayam bisa membantu mengatasi peradangan dan meningkatkan kerja sel darah putih saat melawan infeksi sehingga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Supaya lebih sehat dan menambah nafsu makan, kamu bisa mencampur sup dengan sayuran penuh vitamin seperti daun bawang, wortel, atau kentang. Dijamin tubuhmu akan merasa jauh lebih enak dan cepat sembuh dengan memakan sup atau kaldu ayam ini.

Baca juga: Resep Minuman Hangat Nikmat untuk Musim Hujan

Bersihkan Hidung dengan Air Garam

Toppers, sudah familiar dengan metode ini belum? Membersihkan hidung dengan air garam juga bisa membantu tubuhmu melawan infeksi dan debu dan pastinya penting banget untuk orang yang lagi terkena pilek. Air yang sudah dicampur dengan garam efektif membantu mengeluarkan cairan dari dalam hidung atau tenggorokan. Bahkan air garam membantu mengatasi infeksi yang bisa menyebabkan pilek sehingga baik dan aman juga dilakukan bahkan saat kamu lagi enggak pilek. Awalnya memang enggak nyaman untuk hidung, tapi cara ini efektif untuk membersihkan dan membuat pilek dan flu lebih cepat sembuh.

Tidur dengan Bantal yang Tinggi

Saat lagi pilek pasti hidung dan tenggorokan kamu terasa enggak nyaman seperti tersumbat. Untuk mengatasi hal ini lebih baik kamu tidur dengan menggunakan bantal yang tinggi. Posisi bantal yang tinggi bisa membantu mengalirkan cairan dari hidung sehingga pernapasan lebih lancar. Cairan atau lendir yang keluar dari hidung akan membantu mengatasi infeksi lebih cepat. Jangan lupa menggunakan bantal yang tinggi dan pastikan semua kain dan selimut di atas tempat tidur juga bersih ya, Toppers, agar debu dan kuman yang menempel enggak masuk ke dalam tubuh dan hidung saat tidur.

talang AC anti flu

Sering Minum Susu

Banyak orang yang mengatakan supaya jangan minum susu saat pilek karena menyebabkan lendir semakin banyak dan tersumbat. Tapi, ternyata susu bisa menjadi minuman yang baik banget untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Susu mengandung vitamin D yang penting dalam melawan infeksi. Tapi, lebih baik hindari jenis susu yang mengandung banyak lemak karena enggak baik untuk tubuh kalau sering dikonsumsi, terutama untuk diet. Pilih susu sapi murni yang rendah bagi kesehatan karena bisa menyembuhkan beberapa virus dan menetralisir racun di dalam tubuh kita.

Baca juga: Cara Memakai Syal untuk Tetap Stylish di Musim Dingin

Pilek dan flu memang tergolong sebagai penyakit ringan dan bahkan bisa sembuh dengan sendirinya, tapi kalau dibiarkan saja bisa mengganggu aktivitas kita sehari-hari karena rasa enggak nyaman dan tersumbat. Tapi, dengan mengikuti beberapa cara diatas, kamu bisa cepat sembuh dan bebas dari pilek dan flu secara alami dan bebas kimia. Yuk, semakin sehat dan bebas penyakit secara alami bersama Tokopedia!

madu murni

Bagikan Artikel