cara cegah bau mulut puasa

Cara Menghilangkan dan Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

/   Info & Tips, Topik Seru Lainnya

Saat menjalankan ibadah puasa, bau mulut kadang sulit dihindari. Bau mulut muncul karena kondisi mulut yang cenderung kering dan tidak beraktivitas selama puasa, plus akibat adanya bakteri dalam mulut. Namun, bukan berarti hal ini bisa dibiarkan begitu saja, Toppers. Jangan sampai bau mulut mengganggu waktu puasa dan membuat kamu jadi tidak percaya diri saat ngobrol dengan teman kerja atau teman sekolah. Untuk mengatasi bau mulut saat puasa, berikut 5 tips mudah yang bisa kamu lakukan:

1. Jaga kebersihan mulut dan gigi

jaga kebersihan mulut sikat gigi puasa
Pastikan mulut tetap bersih saat puasa | Sumber foto: Lifedaily.com

Sikat gigi dan bersihkan mulut seperti biasa. Jangan lupa sikat gigi setelah makan sahur supaya tidak ada sisa makanan yang tertinggal dan jadi sarang berkembangnya bakteri di mulut. Untuk kebersihan esktra, gunakan dental floss (benang gigi) untuk membersihkan sela-sela gigi yang mungkin tidak terjangkau saat kamu menyikat gigi.

Selain itu, pastikan pula kebersihan lidah untuk menghindari bau mulut dan nafas yang tidak segar. Cara membersihkan lidah sebenarnya tidak sulit, kamu hanya perlu menyikat lembut bagian atas lidah dengan gerakan memutar. Kamu juga bisa gunakan alat pembersih khusus lidah untuk hasil yang lebih maksimal.

2. Minum air yang cukup

minum air putih cegah bau mulut puasa
Minum air yang cukup saat buka puasa hingga sahur untuk cegah bau mulut saat puasa | Sumber foto: Flowingfree.org

Usahakan minum air antara 8-10 gelas dalam satu hari saat buka puasa dan sahur untuk meminimalisasi bau mulut saat puasa. Air putih yang kita minum akan membantu meningkatkan produksi air liur atau saliva di dalam mulut sehingga kebersihan mulut tetap terjaga.

Selain untuk menghindari bau mulut, minum air putih paling tidak 8 gelas ini juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh saaat berpuasa. Kamu bisa tetap segar beraktivitas sepanjang hari dan jauh dari dehidrasi deh.

3. Pilih jenis makanan yang tepat untuk menjauhkan bau mulut

makanan cegah bau mulut puasa
Konsumsi makanan tepat untuk hindari bau mulut saat puasa | Sumber foto: Cnn.com

Perbanyak konsumsi sayur dan buah saat buka puasa dan sahur. Tahukah kamu kalau sayur dan buah bisa membuat mulut terasa segar ketika berpuasa seharian? Apabila memungkinkan, konsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air, misalnya melon dan semangka. Buah dan sayur lain yang bisa kamu konsumsi untuk mencegah bau mulut adalah apel, wortel, dan bengkuang. Selain itu, kamu juga bisa konsumsi yogurt untuk mengurangi bau mulut karena yogurt terbukti bisa mengatasi bakteri penyebab bau mulut. Pilih yogurt yang plain, ya!

Supaya jauh-jauh dari bau mulut, hindari makanan yang punya bau menyengat, Toppers. Tahan dulu keinginan untuk makan jengkol, petai, bawang, ataupun durian saat berbuka dan sahur ya! Selain makanan-makanan dengan bau yang khas tadi, usahakan juga untuk menghindari makanan yang lengket dan mudah menempel di gigi seperti biskuit, cokelat, kue basah, es krim, dan sebagainya. Kalau sedang craving dan tetap ingin memakan makanan tersebut, langsung berkumur dan bersihkan mulut supaya sisa makanan tidak menempel di gigi setelah memakannya.

4. Berkumur agar mulut bersih dan segar

kumur mulut tidak bau saat puasa
Berkumur agar mulut bersih dan tidak bau saat puasa | Sumber foto: Studiodentaire.com

Dengan berkumur yang benar, kamu bisa membersihkan kotoran dan bakteri yang ada di mulut. Berkumur sendiri memang sudah terbukti dapat membantu membersihkan mulut sehingga bau mulut bisa teratasi. Nah, saat berpuasa sekarang pastikan juga kamu tidak menelan air saat berkumur supaya puasa tidak batal di tengah jalan.

Kamu juga bisa berkumur dengan obat kumur atau mouthwash, namun pastikan tidak mengandung alkohol. Pilih juga obat kumur yang mengandung antiseptik karena dapat membantu membersihkan mulut dan menjauhkan dari nafast tidak segar karena antiseptik akan membunuh kuman dan bakteri penyebab bau mulut.

5. Minum teh hijau saat buka puasa dan sahur

minum teh hijau cegah bau mulut puasa
Ada banyak manfaat teh hijau, termasuk untuk nafas segarmu | Sumber foto: Nutritionsecrets.com

Selain air putih, teh hijau juga dapat kamu minum untuk mengatasi masalah bau mulut saat menjalankan ibadah puasa. Tinggal seduh saja dan kamu bisa minum teh hijau di saat buka puasa dan sahur. Namun, jangan tambah gula ke dalamnya ya.

Teh hijau mengandung polifenol atau antioksidan yang bermanfaat untuk mengatasi bakteri pada saluran pernafasan dan mulut. Senyawa antioksidan dalam teh hijau juga mampu mencegah pertumbuhan dan kanker dalam mulut dan gigi, lho. Manfaat lainnya adalah mengurangi peradangan pada rongga mulut dan gangguan pernafasan akibat asap rokok. Jadi, jangan lupa siapkan teh hijau saat berbuka atau sahur nanti dan rasakan berbagai manfaat baiknya.

 

Gimana, Toppers, tidak sulit kan mencegah bau mulut saat puasa? Jangan sampai malas menjaga kebersihan gigi dan rongga mulut agar nafas tetap segar sepanjang hari. Kalau ternyata masalah ini tetap ada meski kamu sudah mengikuti cara-cara di atas, coba konsultasikan ke dokter karena bau mulut bisa timbul juga dari gangguan pencernaan (maag), gangguan pernafasan, atau penyakit lainnya. Perhatikan juga asupan makanan kamu saat sahur dan berbuka karena turut berpengaruh pada kesehatan perut dan mulut. Selamat menjalankan ibadah puasa!

 

THEAUTHOR

Vanessa Giovanni

Vanessa Giovanni has written 12 Article, See all posts