• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

6 Cara Mudah Merawat Tas Kulit: Awet Layaknya Baru!

Share

6 Cara Mudah Merawat Tas Kulit: Awet Layaknya Baru!

Cara perawatan tas kulit yang salah bisa menjadikan tas tidak awet dan mudah rusak. Lantas apa rahasianya? Simak di bawah ini!


Tas Kulit – Pasalnya, tas kulit menjadi salah satu tas yang tengah populer digunakan. Daya tarik tas kulit terletak pada desainnya yang berkelas dan elegan. Tak heran apabila tas kulit dibanderol dengan harga yang cenderung lebih mahal dibandingkan tas berbahan lainnya. 

Namun, jika tidak dibarengi dengan perawatan tas kulit yang benar, tas kamu akan mudah terkelupas dan menjadi kusam. Pastinya Toppers tidak mau tas kulitmu tidak awet kan? Nah, maka dari itu, simak cara merawat tas kulit di bawah ini, ya, Toppers!

BACA JUGA: TAMPIL TRENDY DENGAN 9 MERK TAS PINGGANG/ WAIST BAG WANITA PILIHAN


Cara Mudah Merawat Tas Kulit 

Kini aktivitas Toppers di luar cenderung berkurang. Semua produk fashion juga akan menjadi jarang digunakan. Alhasil, inilah saat yang tepat untuk Toppers merawat tas kulit yang kamu miliki.

Terlepas dari itu, bagi kamu yang sedang berencana memiliki tas kulit, kamu juga wajib untuk menyimak cara merawatnya. Sebab, merawat tas kulit tidak boleh sembarangan dilakukan. Apa saja caranya? Simak di bawah ini.

1. Kenakan Dust Bag

Kenakan Dust Bagi
Sumber Gambar: Unsplash

Umumnya, ketika Toppers membeli tas kulit, kamu akan mendapatkan dust bag. Apa itu dust bag? Dust bag merupakan pembungkus tas yang berguna untuk melindungi tas kulit dari berbagai debu.

Agar tas kulit lebih awet, maka Toppers dihimbau untuk mengenakan dust bag pada tas kulit. Namun, perlu dicatat pula bahwa tas kulit perlu mendapatkan udara. Jadi, dianjurkan untuk Toppers agar mengeluarkannya 2 minggu sekali  agar tidak lembap dan berjamur, ya, Toppers!

2. Hindari Paparan Sinar Matahari 

Hindari paparan sinar matahari
Sumber Gambar: Unsplash

Selama menyimpan ataupun bepergian, usahakan semaksimal mungkin agar tas kulitmu tidak terpapar sinar matahari terlalu lama. Sebab, ini dapat mengakibatkan tas kulit kamu menjadi lebih mudah rapuh dan kusam.

Apabila tas kulitmu basah, kamu bisa mengeringkannya dengan cara menepuk bagian yang terkena air atau melapnya dengan kain kering. Ingat, jangan dijemur, ya, Toppers!

3. Menggunakan Pelembap Khusus 

Menggunakan pelembap khusus
Sumber Gambar: Unsplash

Tas kulit juga perlu udara agar tidak lembap. Kehilangan kelembapan hanya akan membuat tas kulitmu menjadi mudah kaku, mengerut, dan mengelupas.

Selain mengeluarkannya sesekali, kamu juga bisa mengoleskan pelembap khusus untuk merawat tas kulit. Kebanyakan pelembap tersebut juga dapat menghilangkan goresan tas kulitmu, membuat tas kulit semakin fresh dan halus juga, lho, Toppers.

JUAL CLUTCH PESTA
Sempurnakan penampilan kamu saat pergi ke pesta dengan koleksi Clutch Pesta yang elegant ini. Banyak model yang bisa kamu pilih loh, ladies!

baca juga: 13 Merk Tote Bag Wanita Pilihan untuk Berbagai Style

4. Rutin Membersihkan Tas

Rutin membersihkan tas - IS_ Unsplash
Sumber Gambar: Unsplash

Agar tas kulit terhindar dari berbagai kotoran dan debu, maka penting untuk Toppers membersihkannya secara rutin. Caranya mudah dilakukan, kamu hanya perlu mengelapnya menggunakan kapas atau kain lembut. Akan lebih baik jika bisa kamu menggunakan kain microfiber.

Menggunakan kain yang kasar hanya akan membuat tekstur tas kulitmu lecet. Selain itu, kamu juga jangan membersihkan noda minyak menggunakan air karena berpotensi merusak serat tas kulitmu. Tidak sulit kan, Toppers? Ini dapat kamu lakukan seminggu sekali, ya.

5. Letakkan di Tempat yang Tepat

Letakkan di tempat yang tepat
Sumber Gambar: Unsplash

Selama menyimpan tas kulit, kamu tidak boleh menyimpannya secara sembarangan, ya, Toppers. Kamu bisa meletakkannya di lemari dan tidak dianjurkan untuk ditumpuk dengan tas atau barang lainnya.

Sebab, menumpuk tas kulitmu dengan barang lain hanya akan membuatnya menimbulkan lipatan. Selain itu, tas juga menjadi sulit mendapatkan udara sehingga  mudah menjadi rusak, lembap, dan menjadi berjamur.

6. Kenakan Bag Pillow atau Bubble Wrap

Kenakan Bag Pillow atau Bubble Wrap
Sumber Gambar: Unsplash

Selama pandemi, tas kulitmu menjadi jarang digunakan. Alhasil, ini akan membuatnya mudah berubah bentuk. Apalagi, jika kamu menumpuknya dengan barang lain.

Maka dari itu, agar bentuk dan struktur tas kulitmu tetap terjaga, Toppers bisa memasukkan bag pillow ataupun bubble wrap ke dalam tas. Namun, apabila Toppers tidak memiliki kedua barang tersebut, alternatifnya adalah gunakan kain lembut ataupun plastik.

BACA JUGA: 14 MERK CLUTCH BAG WANITA TERBAIK UNTUK LENGKAPI OOTD 


Itulah 6 cara merawat tas kulit, Toppers. Semoga kamu dapat menerapkannya dengan baik sehingga tas kulitmu tidak mudah terkelupas, awet, dan layaknya tas kulit baru.

Terlebih lagi tas kulit juga dibanderol dengan harga yang mahal. Sangat disayangkan apabila sudah membeli mahal, tas kulitmu hanya dipakai sebentar. Oleh karena itu, rawat dengan baik, ya, Toppers!

fashion wanita terlengkap | https://tokopedia.link/IqERIWG9WS
Tampil atraktif dan kekinian dengan perlengkapan fashion wanita terlengkap di sini!

Penulis: Oeren Lee

© 2009-2024, PT Tokopedia