• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Cara Tokopedia Akselerasi Pertumbuhan Bisnis Pelaku Usaha lewat Tokopedia Marketing Solutions

12 June 2023

Share

Cara Tokopedia Akselerasi Pertumbuhan Bisnis Pelaku Usaha lewat Tokopedia Marketing Solutions

Pandemi mendorong akselerasi digital para pegiat usaha lokal dan pelaku bisnis korporasi. Data internal Tokopedia menunjukkan terdapat 7 juta merchant baru bergabung selama periode 2019-2022.

Dengan semakin banyaknya pilihan produk dan layanan yang tersedia bagi konsumen, sangat penting bagi setiap merek untuk mengomunikasikan ciri khas mereka secara efektif melalui saluran yang sesuai. Dengan begitu, mereka dapat membedakan diri dari pesaing dan terhubung dengan lebih banyak pelanggan.

Hal inilah yang membuat Tokopedia menghadirkan Tokopedia Marketing Solutions sejak tahun 2020 sebagai solusi pemasaran yang komprehensif dan menyeluruh untuk membantu pelaku bisnis dari semua skala mencapai tujuan promosi dan menghasilkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Melalui Tokopedia Marketing Solutions, para pelaku bisnis di Indonesia bisa mendapatkan berbagai keuntungan, antara lain menjangkau lebih banyak pengguna Tokopedia yang tersebar di 99% kecamatan, hadir di seluruh consumer purchase journey mulai dari saat konsumen mengeksplor halaman utama Tokopedia, mencari produk, ataupun dari media sosial Tokopedia.

Tokopedia Marketing Solutions juga membantu pelaku bisnis menargetkan iklan ke profil konsumen yang tepat lewat pemanfaatan data konsumen sesuai regulasi yang berlaku serta prinsip keamanan dan perlindungan data pribadi, serta always-on-marketing yang memberikan kemudahan dalam membuat, mengelola, dan memaksimalkan iklan dengan teknologi agar pelaku bisnis bisa lebih fokus mengembangkan usahanya.

Edwin Chayadi, VP of Marketing Solutions Tokopedia, menjelaskan bahwa tim Marketing Solutions Tokopedia saat ini memiliki lebih dari 140 karyawan yang terbagi ke dalam beberapa bagian, yakni tim Product, Operations, dan Sales.

article

Tim Product memiliki tanggung jawab untuk merancang, memelihara, dan mengembangkan saluran periklanan Tokopedia Marketing Solutions. Sedangkan tim Operations akan mengawasi dan menjalankan semua proses operasional pemasaran produk, termasuk menyiapkan berbagai kampanye pemasaran, menganalisis hasil, dan mengumpulkan insights dari setiap kampanye. Sementara itu, tim Sales merupakan garda terdepan yang menawarkan produk-produk Tokopedia Marketing Solutions kepada klien dan memastikan seluruh kebutuhan periklanan klien dapat terpenuhi.

Lalu, apa saja inovasi yang telah dirancang oleh tim Tokopedia Marketing Solutions untuk membantu proses akselerasi bisnis setiap brand? Tokopedia Marketing Solutions memiliki berbagai solusi periklanan yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan setiap brand dan para pelaku usaha, mulai dari membangun awareness, meningkatkan engagement, hingga meningkatkan conversion rate.

Solusi periklanan dari Tokopedia Marketing Solutions juga dirancang untuk dapat menjangkau empat tipe konsumen yang ada di e-commerce, antara lain:

1. Undecided Customers

article

Pelanggan e-commerce ternyata memiliki berbagai tipe, lho! Salah satunya adalah undecided customers. Pelanggan dengan tipe ini adalah mereka yang kerap membuka aplikasi Tokopedia di waktu luang, namun belum berniat untuk membeli sesuatu. Umumnya mereka akan menghabiskan banyak waktu untuk browsing di halaman utama Tokopedia untuk sekedar melihat-lihat.

Untuk mencuri perhatian mereka, para pelaku usaha dapat memanfaatkan beberapa kanal seperti Home Premium Inventory yang terdiri dari Homepage Banner dan Dynamic Channel. Selain itu, ada pula Tokopedia Display Network dan Gamification seperti

Tokopedia Play serta Tap Tap Kotak untuk memperkenalkan produk dan penawaran menarik di Homepage Tokopedia.

2. Prospective Customers

article

Pelanggan dengan tipe ini adalah mereka yang membuka aplikasi Tokopedia dengan tujuan untuk membeli sesuatu, tetapi masih menunggu momentum yang tepat. Karakteristik utama mereka adalah dimana mereka menjelajahi halaman utama Tokopedia untuk mencari promosi, menggunakan fitur pencarian untuk menemukan produk yang diinginkan, membandingkan penawaran produk, dan menambahkan produk ke wishlist mereka.

Jika para pelaku usaha ingin menarik perhatian pengguna tersebut untuk melakukan transaksi, Tokopedia Marketing Solutions menyediakan berbagai kanal pilihan yang dapat membantu menampilkan penawaran khusus seperti promo pada discovery channels.

Berbagai kanal yang dapat digunakan antara lain Communication Channels yang terdiri dari Broadcast Chat, Push Notification, dan Notification Center. Penjual juga dapat memanfaatkan Tokopedia Display Network, Tap Tap Kotak, Search Channel yang terbagi menjadi Search Autocomplete dan Popular Search, serta TopAds yang terdiri dari Product Ads dan Headline Ads.

3. Intent Customers

article

Sedangkan tipe pelanggan yang satu ini merupakan mereka yang membuka aplikasi Tokopedia dan sudah pasti akan melakukan transaksi. Tokopedia Marketing Solutions melalui kanal TopAds akan membantu pelaku bisnis untuk menampilkan produknya di bagian teratas listing product agar terlihat oleh pelanggan yang telah memiliki keinginan untuk berbelanja.

4. Impulsive Customers

article

Terakhir, keputusan akan membeli suatu produk kerap muncul ketika konsumen melihat suatu iklan yang menarik di media sosial. Untuk mengakomodasi kebutuhan ini, Tokopedia Marketing Solutions juga menghadirkan layanan pemasaran seperti Facebook & Instagram Ads, TikTok Ads, Google Ads, dan CPAS (Collaborative Performance Advertising Solutions).

Sejak diluncurkan pada tahun 2020, Tokopedia Marketing Solutions telah membantu ribuan merek dari berbagai skala dan jenis industri. Lewat Marketing Solutions, Tokopedia berharap untuk dapat terus membantu pertumbuhan dan perkembangan pegiat usaha lokal maupun korporasi – tidak hanya melalui produk, solusi, dan inovasi, namun juga lewat berbagai wawasan yang dapat membantu mereka agar lebih memahami pelanggan dan lanskap industri.

Share

Amalia RizqytaAmalia Rizqyta

Related Articles

Mengenal Sosok Kartini Masa Kini: NakaBunda Tim Tokopedia Care
Behind The Scene
Mengenal Sosok Kartini Masa Kini: NakaBunda Tim Tokopedia Care
© 2009-2024, PT Tokopedia