• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Christian Sugiono: Jadikan Ritual Cuci Tangan Sebagai Family Time

Share

Christian Sugiono: Jadikan Ritual Cuci Tangan Sebagai Family Time

Trik agar anak tidak malas cuci tangan ala Christian Sugiono.


Sama seperti kebanyakan orang, selama pandemi Covid-19, aktor Christian Sugiono lebih banyak beraktivitas di rumah. Tapi suami dari Titi Kamal ini tetap bersyukur karena jadi bisa menghabiskan banyak waktu dengan kedua anaknya, Arjuna Zayan Sugiono (6 tahun) dan Kai Attar Sugiono (2 tahun). Lantas, bagaimana Christian menjelaskan tentang menjaga kebersihan di tengah pandemi seperti sekarang?

Mengajarkan Tentang Virus, Kuman dan Mencuci Tangan dengan Video Kartun

Christian bercerita jauh sebelum pandemi terjadi, ia dan istrinya sudah mengajarkan tentang pentingnya menjaga kebersihan dengan sering mencuci tangan. Malah bisa dibilang, mencuci tangan adalah bagian dari aktivitas sehari-hari.

“Tapi di situasi pandemi jadi lebih ekstra untuk menjaga kebersihan tubuh, terutama tangan. Aktivitas bermain anak-anak sering membuat mereka tanpa sadar memegang segala macam, lalu memasukkan tangan ke mulut. Apalagi Kai yang fasenya masih suka memasukkan tangan ke mulut.” Cerita Christian antusias pada peluncuran Inisiatif ‘C untuk Cuci Tangan’ yang dilakukan Lifebuoy pada Hari Cuci Tangan Sedunia.

Agar anak bisa memahami akan pentingnya mencuci tangan sesering mungkin, tidak hanya saat sebelum dan sesudah makan atau sesudah dari toilet saja, tapi juga setelah selesai bermain, Christian menggunakan alat bantu video kartun agar anaknya memahami apa itu virus dan kuman, serta bagaimana cara efektif menghilangkannya. “Arjuna sudah SD jadi lebih memahami apa itu virus dan kuman. Tapi untuk mengingatkan dia untuk selalu cuci tangan, selain dengan mencontohkan langsung, ya pakai animasi kartun. Mereka akan menontonnya dengan seksama.”

Sambil menonton kartun, Christian juga melengkapi penjelasan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak-anak. Setelah menciptakan pemahaman tentang pentingnya mencuci tangan setiap saat, Christian yang sekarang juga dikenal sebagai pebisnis start up, menyebutkan menjadikan sesi mencuci tangan sebagai ritual menyenangkan di keluarganya. “Kita sering rame-rame cuci tangan. Meski jadi rame di kamar mandi, tapi anak-anak mikirnya ini aktivitas seru yang dilakukan bersama-sama, malah jadi bonding time”

Di saat cuci tangan bersama inilah, Christian dan Titi mengamati apakah cara mencuci tangan anak-anak mereka sudah benar. “Kalau masih ada yang lupa, bisa langsung kita ajarkan. Alhasil, sekarang cuci tangan sudah jadi kebiasaan. Anak-anak malah sering yang mengingatkan kita untuk selalu cuci tangan,” cerita Christian bangga.

Ketika Anak Malas Cuci Tangan

Christian tetap mengakui kalau terkadang anak-anak malas ketika diingatkan untuk cuci tangan. Lantas, bagaimana Christian menyiasatinya? Ia menjawab, adalah Titi Kamal yang biasanya pintar membujuk anaknya, supaya jadi lebih antusias mencuci tangan. “Biasanya akan diakali dengan jadi momen untuk main, apalagi Kai yang masih 2 tahun, bakalan suka sekali kalau dibilang cuci tangan sambil main busa sabun. Tapi tetap dibilangin,  jangan lama-lama nanti sabunnya habis dan tidak bisa cuci tangan lagi.”

Bagi Christian, tetap penting untuk memberikan batasan yang jelas, bahwa mencuci tangan adalah aktivitas penting bukan melulu tentang bermain. Biasanya ia yang akan mengambil peran sebagai orang tua yang tegas. “Takutnya kalau dibawa bercanda terus, dipikirnya mencuci tangan ini tidaklah penting.”

Hal yang sama juga dilakukan Christian ketika mengajarkan anak bungsunya agar tidak memasukkan tangannya ke mulut. “Tegas bukan berarti dimarahin ya, tapi diberi penjelasan yang lebih proporsional,” imbuhnya. Ia lalu mengajak Kai untuk menonton video tentang kuman dan bakteri yang bentuknya tajam yang kemudian masuk ke dalam tubuh.

“Pernah memang dia sakit perut, kita ingatkan kalau ada kuman di dalam tubuhnya, lalu dibicarakan sebab dan akibatnya.” Christian sadar betul, bahwa sebagai orang tua memang tidak boleh bosan untuk terus menerus menjelaskan kepada anak tentang pentingnya mencuci tangan serta mengajak mereka melakukannya setiap saat.

BACA JUGA: PILIHAN BRAND BOTOL SUSU BAYI KUALITAS TERBAIK UNTUK SI KECIL

Itu dia, Toppers beberapa hal yang dapat kamu pelajari dari cara Christian Sugiono mengajar anak untuk mencuci tangan dengan cara yang tepat dan bersih. Kamu juga bisa mempraktekkan beberapa cara tersebut bersama keluarga di rumah, Toppers.

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

Obat Batuk untuk Ibu Hamil di Apotik, Efektif Bantu Redakan Batuk
Kids and Parenting
Obat Batuk untuk Ibu Hamil di Apotik, Efektif Bantu Redakan Batuk
© 2009-2024, PT Tokopedia