• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

8 Ciri-Ciri Kucing Hamil hingga Mau Melahirkan

30 August 2023

Share

8 Ciri-Ciri Kucing Hamil hingga Mau Melahirkan

Punya kucing betina dan perutnya semakin membesar? Bisa jadi kucing tersebut hamil. Simak ciri-ciri kucing hamil hingga melahirkan berikut ini.


Ciri-Ciri Kucing Hamil – Kucing adalah hewan mamalia yang memiliki anak melalui proses melahirkan dan menyusui anaknya. Dalam proses kelahiran, kucing biasanya melahirkan 3-6 anak kucing. Apakah kamu memiliki kucing yang gerak-geriknya terlihat tidak biasa? Bisa jadi kucing tersebut sedang mengalami proses kehamilan, Toppers. Ciri-ciri pertama yang paling terlihat adalah perutnya yang semakin membesar dan juga terlihat lebih manja. Kucing merupakan hewan yang memiliki kemampuan secara mandiri untuk melahirkan anaknya. Saat mau lahiran, kucing menunjukkan ciri-ciri dengan mencari tempat untuk melahirkan secara nyaman. Jika kamu melihat beberapa ciri-ciri kucing hamil seperti berikut ini, ada baiknya kamu mempersiapkan tempat melahirkan untuk kucing. Simak selengkapnya.

Baca Juga: Daftar Aplikasi Wajib untuk Pecinta Anjing dan Kucing

Ciri-Ciri Kucing dari Hamil Muda hingga Mau Melahirkan

Kucing biasanya menunjukkan beberapa perilaku tak biasa sejak hamil muda hingga mau melahirkan. Mereka akan lebih manja dan juga makan cukup banyak. Berikut ini ciri-ciri lainnya saat kucing hamil, Toppers.

1. Perut Kucing Membesar

Ciri-Ciri Kucing dari Hamil Muda hingga Mau Melahirkan

Sumber Gambar: The Spruce Pets

Untuk mengetahui seekor kucing mengalami proses kehamilan, kamu perlu waktu tiga minggu untuk melihat perutnya yang semakin membesar. Ciri-ciri perut kucing membesar merupakan perubahan bentuk fisik yang paling mencolok, sehingga bisa dipastikan kucing tersebut sedang hamil. Masa kehamilan kucing yakni sekitar 58-67 hari, Toppers. Kucing akan mengalami kebuncitan di perut tidak seperti biasanya.

2. Puting Kucing Memerah

Ciri-Ciri Kucing dari Hamil Muda hingga Mau Melahirkan

Sumber Gambar: The Spruce Pet

Sebagai hewan mamalia, kucing memiliki puting susu berjumlah 6 buah, Toppers. Saat masa kehamilan, puting susu kucing akan berubah menjadi warna merah muda dan ukurannya cukup membesar. Saat warna puting kucing sudah berubah, bisa dipastikan kucing akan melahirkan dalam jangka waktu 2-3 minggu, sehingga kamu sebagai pemilik bisa menyiapkan tempat senyaman mungkin.

3. Bulu Rontok

Ciri-Ciri Kucing dari Hamil Muda hingga Mau Melahirkan

Sumber Gambar: Pinterest

Tak semua kucing akan mengalami bulu yang rontok ketika masa kehamilan. Namun, jika kamu memiliki kucing yang bulunya tiba-tiba rontok, kamu tidak perlu khawatir, bisa jadi kucing tersebut sedang mengalami proses kehamilan. Bulu yang rontok terjadi karena meningkatkan hormon kulit kucing, sehingga kulit mereka berminyak. Bulu kucing akan sedikit menipis dan rontok di beberapa bagian tubuhnya. Kerontokan bulu kucing ini biasanya terjadi saat hamil muda, sekitar 1-2 minggu di awal kehamilan.

4. Nafsu Makan Kucing Meningkat

Ciri-Ciri Kucing dari Hamil Muda hingga Mau Melahirkan

Sumber Gambar: Fear Free Pets

Saat proses kehamilan, nafsu makan kucing juga akan terus meningkat, Toppers. Mereka membutuhkan energi dan protein lebih banyak dibandingkan kucing yang tidak hamil. Alasannya, makanan yang ia cerna 20%-40% akan dikonsumsi oleh anak kucing di dalam perut, sehingga kucing yang sedang hamil akan makan lebih banyak dari biasanya.

makanan kucing tokopedia

Temukan makanan kucing berkualitas dengan harga terjangkau di sini!

Baca Juga: Deretan Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kucing, Bahaya!

5. Kucing Menjadi Lebih Manja

Ciri-Ciri Kucing dari Hamil Muda hingga Mau Melahirkan

Sumber Gambar: Daily Paws

Kucing akan menunjukkan perilaku yang lebih manja dari biasanya ketika ia sedang mengalami proses kehamilan. Hal ini bisa terjadi karena ia merasa lelah saat hamil dan butuh elusan sang pemilik agar lebih tenang. Kucing akan mendatangi dan mengelilingimu untuk dielus-elus atau diangkat oleh sang pemilik. Selain manja, kucing juga terkadang menjadi gelisah di masa akhir kehamilannya.

6. Lebih Suka Tidur

Ciri-Ciri Kucing dari Hamil Muda hingga Mau Melahirkan

Sumber Gambar: Draka

Ciri-ciri selanjutnya adalah kucing yang mengalami proses kehamilan akan lebih sering untuk tidur seharian, Toppers. Kondisi ini terjadi karena kucing menjadi mudah lelah dan sering beristirahat saat kehamilannya, Toppers. Jika kucing sering tidur namun tidak sedang mengalami masa kehamilan, kamu bisa memeriksakannya ke dokter karena ada kemungkinan kucing tersebut sedang sakit.

7. Mencari Tempat Melahirkan

Ciri-Ciri Kucing dari Hamil Muda hingga Mau Melahirkan

Sumber Gambar: Kittentoob

Ketika perut kucing semakin membesar dan ia sering mondar-mandir, bisa jadi hal tersebut merupakan tanda bahwa kucing kamu akan segera melahirkan, Toppers. Saat mau lahiran, kucing akan mencari tempat yang aman dan hangat untuk proses melahirkan, seperti kolong kasur, lemari, atau tempat yang lainnya. Sebagai pemilik kamu bisa menyediakan kandang atau kardus yang dilengkapi alas kain agar kucing dapat melahirkan dengan nyaman.

8. Mengalami Kontraksi

Ciri-Ciri Kucing dari Hamil Muda hingga Mau Melahirkan

Sumber Gambar: The Spruce Pets

Sama halnya seperti manusia, kucing sebagai hewan mamalia juga akan mengalami kontraksi saat proses melahirkannya. Perut atau rahim kucing akan bergerak mendorong bayinya untuk segera keluar. Dalam masa kontraksi, kucing seringkali mengeong kesakitan dan keluar darah dari rahimnya, Toppers. Saat melahirkan, kita tidak boleh mengganggu proses tersebut dan harus menunggunya hingga selesai.

Baca Juga: Berbagai Jenis Kucing Anggora dan Cara Merawatnya

Itu dia ciri-ciri kucing hamil hingga mau melahirkan yang perilakunya cukup mencolok dan berbeda dari biasanya. Bagaimanapun, ciri-ciri di atas mungkin juga ditunjukkan kucing yang mengalami hamil palsu atau hamil anggur. Namun, ciri-ciri di atas akan hilang setelah beberapa saat apabila kucing benar hanya hamil palsu. Untuk kamu yang memiliki kucing, lengkapi peralatan kucing lainnya, seperti mainan kucing, makanan kucing, atau pasir kucing hanya di Tokopedia!

baju kucing tokopedia

Klik gambar dan buat kucing tampil lucu dengan baju yang menggemaskan!

Penulis: Zihan Berliana Ram Ghani

© 2009-2024, PT Tokopedia