• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Ciri-ciri Tumbuh Gigi Pada Bayi dan Cara Penanganannya

27 January 2023

Share

Ciri-ciri Tumbuh Gigi Pada Bayi dan Cara Penanganannya

Saat bayi tumbuh gigi cenderung lebih rewel. Yuk, kenali ciri-ciri tumbuh gigi pada bayi serta cara penangannya berikut ini!


Kemunculan gigi pertama bayi menjadi salah satu momen yang dinantikan oleh orang tua. Namun, tak semua orang tua mengetahui cirinya sehingga tak jarang pula merasa panik.

Biasanya, saat bayi tumbuh gigi atau teething syndrome ditandai dengan tumbuhnya gigi pertama yang mulai menembus gigi. Pada saat ini anak menjadi lebih rewel, karena tumbuh gigi membuat si kecil merasa sedikit tidak nyaman.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengetahui ciri-ciri tumbuhnya gigi bayi serta cara pencegahannya agar tidak panik. Yuk, simak informasi di bawah ini selengkapnya!

Baca Juga: Merk Stroller Terbaik: Aman, Berkualitas, dan Ringan

Kenali Ciri-ciri Tumbuh Gigi Pada Bayi

Ciri tumbuh gigi

Sumber Gambar: Freepik

Biasanya ciri-ciri bayi tumbuh gigi dapat muncul 3-5 hari sebelumnya dan akan mulai menghilang saat gigi sudah muncul. Perlu diingat jika setiap bayi dapat menunjukan gejala yang berbeda. Nah, berikut beberapa ciri-ciri tumbuh gigi pada bayi yang wajib kamu ketahui!

1. Gusi Bengkak

Gusi bengkak menjadi salah satu ciri bayi mulai tumbuh gigi, yang disertai sedikit memar kemerahan di gusinya. Kamu bisa membuka sedikit mulutnya secara perlahan, untuk melihat adanya gigi yang muncul secara samar di dalam gusi bayi yang sedang meradang.

2. Suka Menggigit

Saat tumbuh gigi, si kecil akan merasa gusinya terasa gatal. Untuk merespons rasa gatal tersebut, ia akan menggigit benda di sekitarnya seperti mainan, pakaian, hingga jarinya sendiri.

Jika Toppers masih menyusui dan bayi mulai menggigit, perhatikan baik-baik ketika rahangnya mulai menegang. Segera selipkanlah jari yang bersih di antara gusi bayi lewat ujung bibirnya. Cobalah untuk mengingatkan si kecil secara perlahan untuk tidak menggigit puting saat sedang menyusui.

3. Susah Makan

Si kecil pasti merasa tidak nyaman dengan mulutnya sendiri ketika sedang tumbuh gigi. Terutama jika tumbuhnya gigi susu dapat menyebabkan gusi sobek dan sakit. Hal inilah yang membuat sulit makan, karena saat mengonsumsi makanan, gigi dan gusinya akan semakin terasa sakit.

4. Sering Menarik Telinga dan Menggaruk Pipi

Masih berkaitan dengan rasa sakit dan gatal pada gusi bayi, ini akan membuat si kecil menarik daun telinga atau menggaruk pipinya. Ini dilakukan untuk mengatasi rasa ketidaknyamanan pada bagian mulutnya. Toppers bisa mencoba alihkan perhatian si kecil dan pastikan kukunya bersih serta rutin dipotong, agar pipinya tidak lecet atau terluka.

5. Demam

Ciri yang paling umum saat bayi tumbuh gigi adalah demam. Hal ini dapat terjadi saat peradangan pada gusinya cukup serius. Namun tak perlu khawatir karena demam yang disebabkan karena bayi mau tumbuh gigi biasanya tidak begitu parah. Tapi jika demam yang alami si kecil di atas 38 derajat celcius, segera konsultasikan dengan dokter anak.

Ketika bayi mengalami demam, kamu bisa mengkompres dingin dengan kain bersih pada si kecil. Berikan juga makanan dingin seperti yogurt atau buah dingin yang diinginkannya agar gusinya lebih nyaman.

Baca Juga: Merk Baju Bayi & Anak dengan Model Bagus, Nyaman dan Menggemaskan

Tahapan Pertumbuhan Gigi Bayi

Tahapan Tumbuh Gigi

Sumber Gambar: Parents

Proses pertumbuhan gigi bayi terjadi secara bertahap. Umumnya, bayi mengalami tumbuh gigi pada usia 8-12 bulan. Berikut tahapan pertumbuhan gigi pada bayi yang umumnya terjadi sesuai dengan rentang usianya:

  • Gigi seri tengah: 8-12 bulan
  • Gigi seri samping: 9-13 bulan
  • Gigi taring: 16-22 bulan
  • Gigi geraham pertama: 13-19 bulan
  • Gigi geraham kedua: 25-33 bulan

Namun, pertumbuhan gigi pada masing-masing bayi bisa berbeda-beda, ya, Toppers! Ada yang lebih cepat, ada juga yang lebih lambat. Kamu bisa konsultasikan kepada dokter gigi anak untuk pemantauan pertumbuhan gigi si kecil.

Cara Mengatasi Gejala Tumbuh Gigi Pada Bayi

Atasi Gejala Tumbuh Gigi

Sumber Gambar: Freepik

Sebagai orang tua, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi gejala tumbuh gigi yang dirasakan si kecil. Seperti menggosok gusinya dengan lembut, memberikan teether atau mainan khusus bayi tumbuh gigi berbahan silikon atau latex, dan pijat gusi bayi sebelum menyusui agar tidak menggigit puting saat menyusui.

Toppers juga bisa mengalihkan rasa sakit bayi dengan melakukan aktivitas seru seperti menari, mewarnai, atau menyanyikan lagu. Jika perawatan di rumah kurang membantu, kamu dapat memberikan obat sesuai dengan rekomendasi dokter.

Baca Juga: Penyebab Mata Merah Pada Anak dan Cara Mengatasinya


Nah, itulah beberapa ciri-ciri bayi tumbuh gigi yang perlu Toppers ketahui dan cara mengatasinya agar si kecil tetap merasa nyaman di tengah pertumbuhan giginya.

Kamu bisa dapatkan berbagai produk ibu dan bayi seperti teether, popok bayi, pumping ASI, dan lainnya secara mudah di Tokopedia. Yuk, cek Tokopedia sekarang juga dan nikmati berbagai promo menariknya setiap hari!

Penulis: Nabilah Muhamad

© 2009-2024, PT Tokopedia